Landasan Teori

Posted on

Landasan Teori – Landasan teori adalah salah satu hal yang sangat penting didalam sebuah penelitian, bagian ini kerap diibaratkan sebagai acuan ketika kalian akan melakukan suatu penelitian didalam sebuah skripsi.

Bangunan yang kuat adalah sebuah bangunan yang mempunyai pondasi kuat juga. Nah, begitu juga didalam penulisan dari sebuah skripsi. Jika tidak memiliki landasan teori maka penelitian dan juga metode yang dipakai tidak akan berjalan lancar.

Landasan Teori

Definisi Landasan Teori

Landasan teori adalah salah satu bagian yang ada didalam suatu penelitian yang berisi tentang teori-teori dan juga hasil penelitian yang berasal dari studi kepustakaan.

Bagian ini berfungsi sebagai kerangka teori yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan penelitian. Landasan teori juga dapat disebut sebagai kerangka teori.

Secara umum, Kerangka Teori ini terdiri dari beberapa konsep beserta dengan definisi dan juga referensi yang akan digunakan untuk literatur ilmiah yang sangat relevan, teori yang digunakan untuk studi atau penelitian.

Bagian ini harus memberikan pemahaman mengenai teori dan juga konsep yang relevan dengan topik penelitian yang dibahas dan yang berkaitan dengan bidang pengetahuan yang lebih luas yang sedang dipertimbangkan.

Baca Juga : Kerangka Berpikir

Fungsi Teori dalam Penelitian

Teori yang digunakan didalam penelitian memiliki beberapa fungsi, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk meringkas dan juga menyusun pengetahuan yang ada didalam suatu bidang tertentu.
  • Berperan untuk memeberikan keterangan secara sementara tentang peristiwa dan juga hubungan-hubungan yang sedang diamati. Hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan variabel-variabel yang saling berhubungan satu sama lain.
  • Berfungsi untuk merangsang adanya perkembangan pengetahuan baru dengan cara memberikan arahan ke penyelidikan yang selanjutnya.

Cara  Menuliskan Landasan Teori

Dalam menuliskan landasan teori, terdapat beberapa hal yang perluharus kalian perhatikan terlebih dahulu, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Terdapat nama dari pencetus teori.
  2. Tuliskan tahun dan tempat pertama kali.
  3. Berikan uraian ilmiah teori.
  4. Hubungkan teori-teori yang ada dengan upaya penelitian guna mencapai tujuan atau target penelitian.

Baca Juga : Contoh Variabel Penelitian

Disamping itu, didalam menyusun sebuah landasan teori terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang peneliti, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Didalam penyusunan sebuah landasan teori, sebaiknya seorang peniliti memakai panduan yang berhubungan dengan berbagai permasalahan yang sedang diteliti dan juga panduan yang berisikan hasil penelitian sebelumnya.
  2. Penulisan antar subbab yang lainnya harus tetap saling terhubung dengan jelas serta harus memperhatikan aturan-aturan dari penulisan pustaka.
  3. Agar mendapatkan hasil penelitian yang baik dan benar, studi pustaka harus memenuhi prinsip kemutakhiran dan juga harus berhubungan dengan masalah penelitian.

Apabila memakai refrensi dengan beberapa edisi, maka yang harus digunakan adalah yang edisi terbaru, sedangkan apabila referensi sudah tidak diterbitkan lagi, maka referensi yang dipakai adalah yang terakhir diterbitkan.

Untuk pengunaan jurnal sebagai bahan referensi, maka pembatasan tahun penerbitan tidak berlaku.

  1. Semakin banyak sumber bacaan yang dibaca maka akan membuat kualitas penelitian yang dilakukan semakin baik, terlebih lagi sumber bacaan yang berasal dari teks book atau sumber lainnya yang misalnya dari jurnal, koran, artikel atau majalah, internet dan yang lainnya.
  2. Podoman dari kerangka teori tersebut sangat berlaku untuk semua jenis penelitian apapun.
  3. Teori yang ada didalam sebuah penilitian bukanlah sebuah pendapat pribadi seseorang, kecuali jika pendapat tersebut sudah tertulis didalam buku.
  4. Untuk penelitian korelasional, pada bagian akhir dari kerangka teori telah disajikan model teori, model konsep (apabila diperlukan) dan juga model hipotesis pada subbab tersendiri. Namun, jika untuk penelitian studi kasus, hanya cukup dengan menyusun sebuah model teori dan juga memberikan keterangannya.

Model teori yang dimaksudkan diatas adalah sebuah kerangka pemikiran dari seorang penulis didalam suatu penelitian yang dilakukan olehnya. Kerangka tersebut bisa berupa kerangka ahli yang sudah ada, ataupun kerangka yang berdasarkan dengan teori pendukung yang ada.

Baca Juga : Contoh Hipotesis

F.A.Q

Apa fungsi dari Landasan Teori?

Umumnya, Landasan Teori berfungsi untuk meringkas dan juga menyusun pengetahuan yang ada didalam suatu bidang tertentu.

Mengapa Landasan Teori itu harus ada didalam sebuah penilitian?

Sebab, landasan teori kerap dijadikan sebagai acuan atau pedoman ketika kita hendak melakukan suatu penelitian didalam sebuah skripsi atau makalah.

Mengapa sebuah Teori sangat penting didalam sebuah Penilitan?

Karena, Teori akan memberikan konsep-konsep yang sudah relevan, asumsi-asumsi dasar yang dapat digunakan, dan juga membantu dalam memberikan makna terhadap sebuah data yang ada.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi kita semua.