Lambang ASEAN

Posted on

Lambang ASEAN – Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PERBARA) adalah sebutan lama dari Association Of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan suatu Organisasi Geo-Politik dan Ekonomi yang meliputi semua negara-negara diseluruh bagian Asia Tenggara.

Lambang Asean

Organisasi ASEAN ini didirikan melalui Deklarasi Bangkok oleh Negara Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura, dan Thailand, pada tanggal 8 Agustus 1967 yang didirikan di Negara Thailand, Bangkok.

Tujuan didirikannya Organisasi ASEAN ini untuk meningkatkan Perkembangan Ekonomi, Kemajuan Sosial, dan Perkembangan Kebudayaan, serta Meningkatkan Perdamaian pada tingkat regional yang meliputi negara-negara yang terkait didalamnya.

Pendiri, Semboyan Serta Prinsip ASEAN

Negara Pendiri ASEAN

Pertama kali Organisasi ASEAN ini didirikan oleh 5 Negara saja, yaitu : Negara Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura dan Thailand. Negara-negara inilah yang memprakarsai berdirinya Organisasi ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

Tetapi pada saat ini jumlah anggota dari Organisasi ASEAN sudah memiliki banyak tambahan, sehingga menjadi 10 Anggota Negara. Berikut ini merupakan 10 Anggota Negara pada Organisasi ASEAN :

Organisasi Association Of Southeast Asian Nations (ASEAN)
NegaraIbu Kota
IndonesiaKota Jakarta
MalaysiaKota Kuala Lumpur
ThailandKota Bangkok
FiliphinaKota Manila
SingapuraKota Singapura
Brunei DarusallamKota Bandar Seri Begawan
VietnamKota Hanoi
KambojaKota Phnom Phen
LaosKota Vientiane
MyanmarKota Naypyidaw

Semboyan ASEAN

Dalam suatu organisasi yang terbentuk atau didirikan pasti memiliki sebuah semboyan yang berfungsi untuk mengingatkan tujuan dari organisasi yang didirikan tersebut, termasuk dalam halnya organisasi ASEAN yang memiliki semboyan sebagai berikut ini :

“Satu visi, Satu Komunitas, dan Satu Identitas (One Vision, One Community, One Identity)

Prinsip Organisasi ASEAN

Anggota-anggota Negara yang terkait dengan Organisasi ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November, dan mempunyai prinsip-prinsip utama yang harus diterapkan oleh seluruh anggota. Berikut ini adalah prinsip-prinsipnya :

  1. Menghormati dan menghargai Kemerdekaan, Kedaulatan, Persamaan, Integritas Wilayah Nasional, dan Identitas Nasional, yang dimiliki seluruh Anggota Negara ASEAN.
  2. Setiap Anggota Negara ASEAN memiliki Hak untuk memimpin yang bebas dari Subversif atau Campur Tangan oleh pihak luar.
  3. Tidak ikut mencampuri urusan dalam Negeri pada sesama Anggota Negara ASEAN.
  4. Menterapkan suatu penyelesaian mengenai Perbedaan atau Perdebatan dengan cara yang damai.
  5. Menolak menggunakan kekuatan Senjata Militer yang mematikan.
  6. Memiliki kerjasama yang Efektif antar sesama Anggota Negara ASEAN.

Lambang ASEAN Beserta Artinya

Lambang Asean

 

Pada gambar diatas merupakan Lambang atau Logo dari Organisasi ASEAN (Association Of Southeast Asian Nations) yang diresmikan pada bulan Juli 1997 bersama dengan Bendera ASEAN.

Walaupun lambang ASEAN ini sudah digunakan selama bertahun-tahun, panduan resmi dan arti lambang ini ditetapkan pada pertemuan ke-6 Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC) pada tanggal 8 April 2010, yang bertempatkan di Hanoi, Vietnam.

Berikut ini merupakan arti dari Lambang ASEAN :

  1. Biru memiliki arti Perdamaian dan Stabilitas
  2. Merah memiliki arti Semangat dan Kedinamisan
  3. Putih memiliki arti Kesucian
  4. Kuning memiliki arti Kemakmuran
  5. Ikatan Rumpun Padi memiliki arti Persahabatan dan Kesetiakawanan Sosial
  6. Lingkaran memiliki arti Kesatuan

Tujuan Organisasi ASEAN

Pada peristiwa Deklarasi ASEAN (Association Of Southeast Asian Nations) yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok, Thailand. Organisasi ini memiliki tujuan-tujuan utama yang menjadi alasan didirikannya Organisasi ASEAN, sebagai berikut ini :

  1. Mempercepat perkembangan Ekonomi, Kemajuan Sosial, serta Perkembangan Kebudayaan yang dimiliki seluruh Negara pada wilayah Asia Tenggara. Dalam tujuan tersebut dilakukan melalui usaha yang dilakukan bersama-sama dengan semangat persamaan serta semangat persahabatan, untuk memperkuat landasan bangsa-bangsa seluruh Negara yang berada diwilayah Asia Tenggara untuk mencapai perdamaian dan kesejahteraaan.
  2. Meningkatkan sebuah Perdamaian serta Stabilitas Regional yang dilakukan dengan cara Saling Menghormati, Keadilan, dan Tertib Hukum yang telah disepakati bersama dalam hubungan antar Negara-negara kawasan Asia Tenggara, serta mematuhi prinsip-prinsip yang tercantum pada Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar tidak terjadinya penyalahgunaan suatu wewenang yang dimiliki.
  3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dengan cara saling membantu antar Anggota Negara ASEAN dalam memecahkan suatu masalah-masalah yang berkaitan untuk kepentingan bersama, yang mencakup Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, Ilmu Pengetahuan, Administrasi, serta Teknik Teknologi.
  4. Menjalin kerjasama yang lebih Efektif untuk meningkatkan hasil Pertanian, Industri, Perluasan Perdagangan Komoditi Internasional, Perbaikan Sarana dan Prasarana Teknologi dan Komunikasi, serta Meningkatkan Taraf Hidup Rakyat dari Anggota Negara ASEAN.

Demikianlah penjelasan Materi mengenai tentang Organisasi ASEAN beserta Pengertian, Pendiri, Semboyan, Prinsip, Lambang beserta Artinya, dan Tujuan.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :