Lagu Wajib Nasional

Posted on

Lagu Wajib Nasional Indonesia – Lagu sering dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan sebuah pesan atau perasaan kepada seseorang dengan cara yang sedikit berbeda.

Lagu Wajib Nasional

Bahkan, lagu tidak hanya digunakan untuk menghibur saja, tetapi didalam sebuah lagu terdapat informasi serta perasaan seseorang yang tidak bisa diungkapkan secara langsung.

Tidak hanya itu saja, lagu juga dijadikan oleh para pahlawan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan yang mereka rasakan serta memberikan api semangat yang bagi setiap warga negara Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan memberikan beberapa daftar dari Lagu Wajib Nasional negara Indonesia, yuk simak untuk mengetahui itu semua.

Daftar Lagu Wajib Nasional

Bicara tentang menghormati dan juga menghargai para pahlawan. Banyak anak muda dan aktivis seni selama masa perjuangan yang menciptakan berbagai jenis lagu nasional Indonesia untuk memperkuat rasa perjuangan mereka dan untuk lebih mengekspresikan kemerdekaan.

Berikut ini daftar dari beberapa Lagu Wajib Nasional Indonesia beserta penjelasannya, yaitu diantaranya adalah :

1. Indonesia Raya

Indonesia raya adalah National Mandatory Songs yang diciptakan oleh WR Supratman dan pertama kali diperkenalkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda 2 yang dilaksanakan di Batavia.

Lagu ini merupakan lagu yang wajib dinyanyikan dalam setiap pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin atau upacara peringatan hal-hal tertentu.

Tidak hanya itu saja, lagu Indonesia Raya juga sering dinyanyikan dalam pembukaan berbagai aktivitas atau acara, seperti seremonial pembukaan ASEAN Games dan juga saat pertandingan sepak bola.

2. Tanah Airku

Tanah Airku juga termasuk ke dalam National Mandatory Songs yang sangat digemari oleh rakyat Indonesia yang berasal dari semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Selain nadanya yang enak untuk didengar, lagu Tanah Airku juga memiliki makna yang sangat dalam saat mendengarkannya. Sehingga, banyak orang terharu atau tersentuh oleh lagu ini.

Tidak hanya itu saja, banyak anak muda yang telah menyusun aransemen lagu ini dengan inovasi baru sehingga lagu ini lebih enak didengar.

3. Padamu Negeri

Padamu Negeri merupakan salah satu National Anthem yang diciptakan oleh musisi terkenal R Kusbini, yang mana lagu ini terkenal dengan genre musik keroncongnya di era tahun 1930 hingga tahun 1955.

Lagu ini sempat memunculkan kontroversi, yaitu saat Kusbini digugat oleh J Semadi pada tahun 1970-an karena dituduh mengkopi sebuah lagu yang diyakini sebagai ciptaan dari Jasmadi.

Masalah ini telah menyebabkan kerumitan sampai dibawa ke pengadilan. Pada akhirnya, kasus ini dimenangkan oleh R Kusbini. Lagu Padamu Negeri memang cukup pendek, sehingga sering dinyanyikan oleh siswa pada upacara bendera.

Baca Juga :
Identitas Nasional
Susunan Upacara Bendera

Strategi Nasional

4. Garuda Pancasila

Garuda Pancasila merupakan lagu Nasional yang diciptakan oleh Sudharnoto sekitar pada tahun 1956. Lagu ini juga sering dikenal sebagai Mars Pancasila yang merupakan lagu yang ditulis oleh Sudharnoto.

Dalam lagu ini menceritakan tentang kesetiaan dari rakyat Indonesia terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Disamping itu, lagu ini juga menceritakan betapa bangganya Indonesia mempunyai ideologi negara seperti Garuda Pancasila yang lengkap serta mewakili seluruh bangsa Indonesia.

5. Bangun Pemudi Pemuda

Anda pasti sudah tidak asing lagi mengenai lagu ini, karena lagu ini sering dinyanyikan dalam upacara peringatan, terutama saat 17 Agustus tiba. Selain itu, Lagu Nasional ini juga sering dinyanyikan pada saat peringatan Sumpah Pemuda.

Lagu nasional yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak ini mengisyaratkan sebuah semangat yang yang dikobarkan oleh para pemuda pemudi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Selain beberapa Lagu Wajib Nasional yang dijelaskan di atas, berikut ini beberapa daftar lagu nasional yang lainnya, yaitu diantaranya adalah :

NoJudul LaguPenciptanya
1.Bungaku Cornel Simanjuntak
2.Di Timur MatahariWR Soepratman
3.Gugur BungaIsmail Marzuki
4.Hari MerdekaHusein Mutahar
5.Bendera Merah PutihIbu Soed
6.Bhinneka Tunggal IkaBinsar Sitompul/A Thalib
7.Indonesia BersatulahAlfred Simanjuntak
8.Ibu Kita KartiniWR Soepratman
9.Mengheningkan CiptaTruno Prawit
10.Indonesia Tetap MerdekaCornel Simanjuntak
11.Indonesia Tumpah DarahkuIbu Soed
12.Kebyar KebyarGombloh
13.Maju IndonesiaCornel Simanjuntak
14.Mars PancasilaSudharnoto
15.Merah PutihGombloh
16.Bendera KitaDirman Sasmokoadi
17.Dari Sabang Sampai MeraukeR Soerardjo
18.Dirgahayu IndonesiaHusein Mutahar
19.Tanah Air IndonesiaE.L Pohan
20.Himne GuruSartono

F.A.Q

Apa itu Lagu Wajib?

Lagu Wajib sering diartikan sebagai lagu-lagu yang didalamnya berisikan mengenai atau menceritakan tentang perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan untuk mendapatkan kemerdekaan.

Apakah Lagu Indonesia Jaya termasuk Lagu Wajib Nasional?

Ya, sebab lagu ini bersifat mengajak warga Indonesia untuk menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah pengorbanan dan juga perjuangan yang dilakukan bersama.

Mengapa Lagu Garuda Pancasila termasuk Lagu Wajib?

Sebab, di dalam lagu ini menceritakan tentang kesetiaan dari rakyat Indonesia terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Sekian informasi yang dapat disampaikan dalam pembahasan kali ini tentang Lagu Wajib Nasional. Semoga bermanfaat untuk kita semua.