Krebs Transpor

Posted on

Artikel meteri Krebs Transpor, pengertian, siklus, respirasi, hasil, tahapan, sistem, dekarboksilasi, lengkap dengan contoh dan gambar agar mudah di pahami.

Siklus Krebs adalah organisme aerobik untuk emnghasilkan energi Produk dalam siklus kreb yang senyawa berupa asam sitrat, sehingga membentuk sebagai siklus asam sitrat.

Mari kita simak penjelasan lebih detail di bawah ini :

Pengertian Krebs Adalah

Krebs-Transpor

Krebs Transpor merupakan salah satu serangkaian bentuk reaksi yang terjadi di pada semua sel hidup sehingga dapat terjadi pengubahan pada zat senyawa sepeti glukosa atom C, menjadi NADH dan ATP untuk fungsi Tahap glikolisis oksigen.

Tahapan Glikolisis yang terdapat pada reaksi ini dapat disimpulkan menjadi dua tahapan adalah :

  1. Reaksi penambahan gugus fosfat pada dua molekul ATP.
  2. Reaksi Gliseraldehid fosfat diubah menjadi asam piruvat untuk menghasilkan molekul ATP dan 4 molekul NADH.

Baca Juga : Pengertian Atom

Siklus Krebs Transpor

Siklus Krebs Transpor adalah bentukdan tahapan yang paling banyak menghasilkan kandungan zat CO2 karena sesuai dengan penemuan pada siklus asam sitrat.

Adapan ciri dari siklus krebs ini berupa zat aerob sehingga dapat menghasilkan tekanan elektron dalam jumlah yang besar maka krebs adalah 2 CO2, 3 NADH, 1 FADH2, dan 1 ATP pada zat senyawa dalam bentuk reaksi siklus krebs.

Baca Juga : Larutan Elektrolit

Respirasi Siklus Krebs

Siklus krebs sesuai dengan namanya yang diambil dari nama salah satu penemuan Sir Hans Adolf Krebs menegaskan bahwa halini adalah siklus asam sitrat. sehingga berkembang menjadi zat campuran Nobel Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1954. Adapun proses yang akan diawali dengan zat asam piruvat sehingga akan menghasilkan Adenotriphosphate NADH.

Hasil Siklus Krebs Transpor

Hasil siklus krebs transpor di sini terdapat satuan molekul seperti asetil ko-A yang merupakan hari dari 1 ATP, 3 NADH, 1 FADH2 dan 2 CO2 sehingga dapat diubah menjadi dua asetil ko-A, yang yang menjalani siklus krebs dengan 2 ATP, 6 NADH, 2 FADH2, dan 4 CO2.

Molekul tersebut adalah NADH dan FADH2 untuk transfer elektron dan menghasilkan ATP ke dalam akan menghasilkan 2 ATP.

Jumlah dari Energi molekul akan dihasilkan dalam slklus krebs 12 ATP adalah sebagai berikut :

  • 3 NAD+ = 9 ATP
  • 1 FAD = 2 ATP
  • 1 ATP = 1 ATP

Tahapan krebs Transpor Dalam Siklus

  • Malat adalah bentuk oksaloasetat oleh enzim malat dehidrogenase pada tahap ini juga dihasilkan NADH.
  • Asetil co-A adalah bentik oksaloasetat membentuk sitrat dan reaksi ini dikatalisis enzim sitrat sintase.
  • Fumarat merupakan asam malat oleh enzim fumarase.
  • Sitrat adalah bentuk isositrat oleh zat enzim akonitase.
  • Isositrat merupakan tahapan alfa-ketoglutarat oleh ezim isositrat dehidrogenase dengan reaksi molekul CO2 dan dihasilkan NADH.
  • Alfa-ketoglutarat mrupakan tahapan suksinil ko-A oleh enzim alfa ketoglutarat dehidrogenase untuk menjadi reaksi yang akan dilepaskan CO2 dan dihasilkan NADH.
  • Suksinil ko-A adalah bentuktahapan suksinat oleh enzim suksinil ke ko-A sintetase yang akan dihasilkan GTP agat dapat berupah menjadi ATP.
  • Suksinat adalah bentuk tahapan fumarat oleh enzim suksinat dalam bentuk dehidrogenase yang akan dihasilkan pada FADH2.

Sistem Krebs Transpor

Sistem transpor adalah tahapan yang respirasi aerob dan akan menghasilkan mitokondria ATP dalamjumlah yang banyak, sehingga dihasilkan beberapa molekul ATP dari glukosa. Akan tetapi halyang semacam ini merupakan bentuk siklus Krebs molekul dalam peranan ATP.

Jika molekul oksigen yang terdapat dalam bentuk transpor makahalini dapat berbntuk oksigen langsung dari reaksinya, Pada reaksi molekul akan kembali menjadi sebuah ion NAD+ untuk mencapai akseptor dalam protein berupa sitokrom.

Perhatikan gambar berikut ini :

DNA

Dekarboksilasi Oksidatif Krebs Transpor

Dalam mitokondria ini juga akan terdapat elektron yang mampu mengubah NAD+ dan menjadi NADH yang berupa asetil-KoA, CO2 dan 2NADH. Dalam hubungan Asetil-KoA yang merupakan hasil dari produk yang akan digunakan untuk proses terjadinya siklus krebs.

siklus-krebs-DNA

Maka zat asam senyawa merupakan dari proses glikolisis utnuk membentuk asam piruvat yang akan masuk ke tahapan dekarboksilasi atau oksidatif menuju reaksi persiapan pada siklus krebs.

Proses oksidasi ini akan menyebabkan beberapa komponen atom akan berkurang karena ditandai dengan asam piruvat yang berubah berupa asetil-KoA dan membentuk dekarboksilasi oksidatif .

Nah itulah sobat penjelasan yang singkat ini tentang Krebs Transpor yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini, Semoga memberikan manfaat untuk kita semua.Terima Kasih

Baca Juga: Inspeksi Adalah