Konsep Manajemen

Posted on
Konsep Manajemen

Konsep Manajemen Didalam Suatu Perusahaan – Didalam menjalankan suatu perusahaan organisasi, kita sudah sangat sering mendengar yang namanya Manajemen.

Sebab manajemen ini sangat berkaitan erat dengan proses untuk mencapai tujuan dari penyelesaian permasalahan yang terjadi didalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Namun, apa itu Manajemen? Apa konsep dasar dari sebuah Manajemen? Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita simak bersama-sama mengenai Manajemen beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Definisi Manajemen

Manajemen adalah sebuah proses yang didalamnya mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut.

Secara etimologis, kata Manajemen ini berasal dari kata “to manage” yang berarti mengatur. Namun, secara umum, manajemen adalah sebuah ilmu dan juga seni didalam pengelolaan dari sumberdaya untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan yang dilakukan oleh orang lain.

Baca Juga : Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan dan Unsur

Fungsi Dari Management

Secara umum, fungsi dari manajemen dapat dikatakan sebagai serangkaian kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Manajemen didalam hal untuk mencapai tujuannya.

Fungsi dari Manajemen juga dikenal dengan Istilah POAC, apa saja yang termasuk kedalam kelompok POAC ini, yuk simak penjelasannya :

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah salah satu fungsi yang digunakan untuk merencanakan segala sesuatu dengan sebaik mungkin dalam upaya untuk mencapai tujuannya.

Hal tersebut akan berjalan dengan lancar apabila kita memiliki gambaran mengenai hal apa saja yang akan digunakan atau dijalani, oleh sebab itu hal ini harus melibatkan perencanaan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Setelah kita melakukan sebuah perencanaan dengan matang, maka hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah Pengorganisasian. Sebab pengorganisasian ini sangat penting untuk dilakukan agar mempermudah manajer melakukan sebuah pengewasan yang lebih efektif.

3. Pengarahan (Actuacting)

Fungsi dari manajemen yang ketiga adalah Pengarahan, pengarahan ini sangat penting dilakukan agar segala sesuatu yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar sesuai denga perencanaan yang dibuat.

Seorang manajer akan melakukan pengarahan kepada setiap karyawannya, apabila didalam perusahaan tersebut sedang mengalami suatu permasalahan atau apa yang sedang dikerjakan tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Baca Juga : Fungsi, Tujuan dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

4. Pengawasan (Controlling)

Fungsi yang terakhir dari Manajemen adalah melakukan pengawasan. Dari serangkaian rencana atau pekerjaan yang sudah dilaksanakan, maka hal ini sangat memerlukan yang namanya pengawasan.

Manajer akan secara aktif melakukan pengawasan terhadap sumber daya yang telah diorganisasikan sebelumnya dan memastikan apa yang dikerjakan itu sesuai dengan apa yang sudah direncanakan atau tidak.

Namun, manajer juga harus memperhatikan beberapa hal yang harus dipenuhi untuk melakukan sebuah pengawasan terhadap suatu pekerjaan, yaitu diantaranya adalah :

  • Jalur (routing) : Seorang manajer harus terlebih dahulu menentukan sebuah jalur yang bertujuan untuk memperkecil sebuah resiko kesalahan apabila suatu saat terjadi.
  • Penetapan waktu (scheduling) : Seorang manajer juga harus mempunyai waktu yang rutin untuk melakukan sebuah pengawasan, misalnya selama satu bulan manajer harus memiliki waktu untuk melakukan seuah pengawasan sebanyak satu atau dua kali.
  • Perintah pelaksanaan (dispatching) : Seorang manajer harus memiliki sikap untuk mendorong dan juga memerintah karyawannya agar dapat menyelesaikan semua pekerjaannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Tindak lanjut (follow up) : Seorang manajer harus melakukan evaluasi dan juga memberikan solusi terhadap semua permasalahan yang sedang terjadi selama proses dalam mencapai tujuannya untuk mengurangi terjadinya kesalahan yang sama.

Konsep Dasar Management

Dibawah ini terdapat beberapa Konsep dasar yang terdapat didalam manajemen, yaitu sebagai berikut :

  • Management as a science, yang dimaksud disini adalah suatu ilmu pengetahuan (science) yang selalu berupaya secara sistematis guna memahami mengapa dan bagaimana manusia dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Management as an art, yang dimaksud manajemen disini adalah sebuah seni yang digunakan untuk mencapai hasil yang maksimal namun dengan menggunakan usaha yang minimal.
  • Sebagai profesi, yang dimaksud disini adalah suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki keahlian sebagai pemimpin atau manajer pada suatu organisasi atau perusahaan tertentu.
  • Manajemen sebagai proses, yang dimaksud disini adalah sebuah proses yang khas dan terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dimana masing-masing bidang ini menggunakan ilmu pengetahuan dan keahlian dan juga diikuti secara berurutan dan tujuan yang telah ditetapkan. 

Tingkatan Management (Manajer)

Manajer dapat diartikan sebagai salah satu profesi dari suatu perusahaan yang bertugas menjalankan fungsi dari manajemen dengan cara mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya, sehingga dapat mewujudkan tujuan yang diharapkan.

Berikut ini beberapa tingkatan atau jenjang dari seorang Manajer, yaitu diantarnya adalah :

  • First-line, ini merupakan tingkatan yang paling rendah dari kategori manajemen. Didalam tingkatan ini, seorang manajer diberikan tugas untuk mengelola suatu pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja lainnya diluar tingkatan manajerial.
  • Middle-line, ini merupakan tingkatan yang berada ditengah-tengah dan bertugas untuk mengelola pekerjaan dari first-line manajer dan akan mempertanggung jawabkannya kepada seorang top manajer.
  • TOP Manajer, ini merupakan tingkatan yang paling tinggi didalam suatu organisasi yang memiliki tanggung jawab didalam pengambilan keputusan terhadap organisasi yang ia jalankan serta bertugas untuk menyusun rencana dan tujuan yang akan dicapai oleh suatu perusahaan.

Baca Juga : Tujuan, Bidang dan Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan Manajemen?

Manajemen adalah sebuah proses yang didalamnya mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut.

Apa saja peran dari Manajemen?

1. Berperan sebagai interpersonal.
2. Berperan sebagai pemberi informasi.
3. Berperan didalam mengambil segala keputusan.

Apa perbedaan dari Manajer dan Manajemen?

Manajer adalah seseorang yang mengatur dan juga bertanggung jawab atas manajemen yang dilaksanakan. Sedangkan, Manajemen adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur perencanaan didalam suatu organisasi supaya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan bersama.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Konsep Manajemen, semoga membantu dan menambah wawasan baru untuk kita semua.