Konsep Adalah

Posted on

Konsep Adalah – Apa yang dimaksud dengan Konsep?. Pada kehidupan sehari-hari sebelum melakukan atau membuat suatu kegiatan aktivitas, kita memerlukan sebuah konsep untuk melakukannya, agar kegiatan aktivitas yang akan kita jalani dapat terurut secara baik.

Konsep Adalah

Contoh seperti seseorang yang ingin membuat suatu bangunan berupa Rumah, Gedung, atau Taman, pasti memerlukan suatu konsep yang menggambarkan bentuk atau rupa dari bangunan yang diinginkan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas dan memahami tentang Konsep beserta Komponen-komponen yang terkait didalamnya.

Pengertian Konsep

Konsep Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia

Konsep adalah Abstrak, Entitas mental yang mencakup Universal merujuk pada Kategori Kelas dari sebuah Entitas, Kejadian atau Hubungan.

Konsep merupakan sebuah Abstraksi dari suatu Ide atau Gambaran Mental, yang dinyatakan dalam Suatu Kata atau Simbol-Simbol. Konsep juga dinyatakan sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik.

Konsep Menurut Bahasa

Sedangkan menurut Bahasa Latin istilah Konsep yang berarti Conceptum adalah Sesuatu yang akan dipahami.

Konsep dalam Bahasa Jerman dengan istilah “Hund”, dalam Bahasa Perancis “chien”, dalam bahasa Spanyol “Perro”.

Konsep Menurut Ilmuwan

Aristoteles dalam bukunya yang berjudul “The Classical Theory Of Concepts”, menyatakan bahwa Konsep merupakan Penyusunan utama dalam pembentukan pengetahuan Ilmiah dan Filsafat dalam pemikiran Manusia.

Soedjadi menyatakan bahwa Konsep merupakan Sebuah Ide Abstrak yang dapat digunakan dalam melakukan Klasifikasi atau Penggolongan. Pada umumnya konsep dinyatakan sebagai suatu Istilah atau Rangkaian kata (Lambang Bahasa).

Woodruff menyatakan bahwa Konsep terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Konsep dapat didefinisikan sebagai Suatu gagasan atau Ide yang  Bermakna & Sempurna.
  • Konsep merupakan sebuah pengertian tentang suatu objek.
  • Konsep adalah Sebuah Produk Subjektif yang bersumber, dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalaman pribadi (Setelah melakukan suatu Persepsi terhadap objek/ benda).

Fungsi-Fungsi Konsep

Secara garis besar Konsep berfungsi sebagai untuk memberikan suatu gambaran besar sebagai penjelasan dari suatu objek tertentu. Berikut ini adalah Fungsi-Fungsi Konsep secara detail :

1. Fungsi Konsep Kognitif

Konsep Kognitif adalah Suatu kemampuan manusia dalam berfikir secara optimal, dengan membentuk sebuah konsep agar dalam kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik (Teratur).

2. Fungsi Konsep Evaluatif

Konsep Evaluatif adalah Suatu kemampuan manusia dalam meneliti dan menentukan nilai dari sebuah objek tertentu. Dan menjadi Ilmu Pengetahuan yang baru dalam kehidupan sehari-harinya.

3. Fungsi Konsep Operasional

Konsep Operasional adalah Suatu kemampuan manusia dalam melaksanakan proses suatu penelitin pada objek tertentu, dengan menggunakan sebuah konsep agar menjadi lebih effektif dan Effisien.

4. Fungsi Konsep Komunikasi 

Konsep Komunikasi adalah Suatu kemampuan manusia dalam menjelaskan suatu ide atau gagasan atas suatu objek dan peristiwa.

Unsur-Unsur Dalam Konsep

Dalam pembuatan suatu Konsep terdapat beberapa Unsur-Unsur yang berada didalamnya. Berikut ini adalah Unsur-Unsur yang berada didalam sebuah Konsep :

Nama

Dalam menjelaskan suatu ide atau gagasan, terdapat satu kalimat sebagai Inti Pembahasan dari suatu objek.

Contoh : Kalimat “Buah Apel” mewakili dari sebuah tanaman yang berbuah.

Contoh Positif & Negatif

Dalam menjelaskan suatu ide atau gagasan, terdapat perbandingan analisis dari suatu objek yang memiliki sisi positif atau negatif dalam karakteristiknya.

Contoh : Kalimat Rumah Ibadat, Contoh Positif : Masjid, Gereja, Wihara atau Kuil. Contoh Negatif : Gadang, Joglo, atau Bubungan Tinggi.

Karakteristik Pokok

Karakteristik Pokok berfungsi sebagai untuk menciptakan sebuah aturan dan menentukan suatu contoh objek, termasuk dalam sebuah Konsep atau Bukan Konsep.

Contoh : Karakteristik dari Rumah yaitu Mempunyai Atap Rumah, Pilar Rumah, Dinding Rumah dan Lantai Rumah.

Rentangan Karakteristik

Rentangan Karakteristik berfungsi sebagai untuk membatasi suatu Konsep pada sebuah objek tertentu, yaitu diantaranya :

 A. Superordinat : Suatu konsep yang dihubungkan dengan konsep lainnya yang lebih luas.

Contoh : Kalimat “Tempat Tinggal” merupakan bagian dari Kalimat “Rumah”.

B. Koordinat : Suatu konsep yang saling berkaitan dengan konsep-konsep lainnya.

Contoh : Kalimat “Rumah Kontrakan” setara dengan Kalimat “Rumah Dinas”.

C. Subordinat : Suatu konsep yang dihubungkan dengan konsep lainnya yang lebih kecil.

Contoh : Kalimat “Rumah” merupakan bagian kecil dari Kalimat “Tempat Tinggal”.

Karakteristik Konsep

Setiap suatu konsep memiliki suatu karakteristik tertentu yang dapat kita kenali. Berikut ini adalah ciri-ciri karakteristik dari konsep :

  • Konsep memiliki krakteristik yang bersifat Abstrak, yaitu Merupakan suatu gambaran mental mengenai sebuah benda, kegiatan, atau peristiwa.
  • Secara umum konsep merupakan suatu kumpulan berbagai objek atau benda dengan karakteristik dan kualitas tertentu.
  • Konsep memiliki karakteristik yang bersifat personal, yaitu Sebuah pemahaman pada diri seseorang tentang suatu hal dapat berbeda dari pemahaman orang lain dalam mengenai suatu hal tersebut.
  • Karakteristik konsep dapat diketahui melalui proses belajar seseorang dan pengalaman seseorang itu sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Konsep beserta Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Konsep.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :