Konjungsi Subordinatif

Posted on

Konjungsi Subordinatif – Di pembahasan yang sebelumnya kita sudah membahas salah satu dari Konjungsi atau kata hubung dalam bahasa Indonesia, yaitu Konjungsi Koordinatif.

Konjungsi Subordinatif

Nah, di pembahasan kali ini kita akan menyimak dan memahami penjabaran mengenai salah satu dari kelima jenis kata hubung atau konjungsi, yaitu Konjungsi Subordinatif lengkap dengan jenis dan contohnya. Yuk simak yaaa readers….

Definisi Dari Konjungsi Subordinatif

Konjungsi Subordinatif adalah salah satu jenis kata penghubung yang berfungsi untuk menggabungkan dua kata, klausa, ataupun kalimat yang memiliki kedudukan yang tidak sederajat atau setara.

Dengan kata lain, bahwa subordinatif ini adalah kebalikan dari koordinatif, karena kata hubung ini berfungsi untuk menggabungkan dua elemen gramatikal sehingga mereka berada dalam bentuk kata, klausa atau kalimat, sehingga mereka menjadi unit yang mengikat.

Macam – Macam Subordinate Conjunction

Setelah kita menyimak dan memahami pengertian dari Subordinate Conjunction, yuk kita simak penjelasan dari jenis-jenis Konjungsi Subordinate, yaitu :

1. Attributive Subordinates

Subordinatif Atributif merupakan salah satu kata penghubung yang berfungsi untuk menggabungkan kata atau kalimat utama dengan kata atau kalimat penjelasanya, seperti kata “yang”.

2. Subordinative Objectives

Subordinatif Tujuan adalah salah satu kata hubung yang berfungsi untuk menjelaskan bahwa ada hubungan tujuan antara dua klausa atau kalimat. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu agar, supaya maupun biar.

3. Subordinative Terms

Subordinatif Syarat adalah salah satu bentuk kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata atau kalimat yang memiliki makna tidak sederajat, sehingga terdapat hubungan syarat yang terjadi diantaranya. Contoh kata dari konjungsi ini yaitu jika, asal, asalkan, bila, jikalau dan juga manakala.

Baca Juga :
Konjungsi Koordinatif
Macam – Macam Konjungsi
Konjungsi Antarkalimat

4. Subordinate Time

Subordinatif Waktu adalah salah satu bentuk kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua kata atau kalimat yang bersifat tidak setara atau sama, sehingga terdapat hubungan waktu yang terjadi diantaranya.

Bentuk dari kata hubung ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Berdasarkan Waktu awalannya, misalnya seperti sedari atau sejak.
  • Berdasarkan Waktu yang menunjukkan Bersamaan, misalnya seperti serta, tatkala, (se)waktu, ketika, sambil, selama, sementara, seraya dan juga selagi.
  • Menurut Waktu yang menunjukkan Berurutan, misalnya seperti sebelum, sesudah, begitu, susai, setelah, sehabis dan juga selesai.
  • Menurut Waktu yang menunjukkan Batas Akhir, misalnya seperti sampai dan juga hingga.

5. Subordinative Assumptions

Subordinatif Pengandaian merupakan salah satu bentuk kata hubung yang berfungsi untuk menggabungkan dua kata ataupun kalimat yang mana didalamnya menjelaskan hubungan pengandaian. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu seumpama, andaikan, seandainya, umpamanya, dan juga sekiranya.

6. Consecutive subordinative

Subordinatif Konsesif merupakan salah satu bentuk kata hubung yang mana didalamnya menyatakan suatu kondisi yang bersifat berlawanan diantara dua kata atau kalimat tersebut. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu walau(pun), biar(pun), sekalipun, kendati(pun) dan sungguhpun.

7. Subordinate Equations

Subordinatif Persamaan merupakan salah satu kata hubung yang berfungsi untuk menyatakan persamaan yang terjadi diantara dua kata atau kalimat. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu seakan-akan, sebagaimana, seolah-olah, seperti, laksana, sebagai, ibarat dan juga alih-alih.

8. Subordinate Clause

Subordinatif Sebab merupakan salah satu bentuk kata hubung yang didalamnya terdapat hubungan sebab yang terjadi di antara dua kata atau kalimat. Contoh kata dari kata hubung ini seperti sebab, oleh sebab, karena, dan juga oleh karena.

9. Subordinate Results

Subordinatif Hasil merupakan salah satu kata hubung yang mana salah satu elemen dari kata atau kalimat merupakan hasil dari kata atau kalimat yang sebelumnya. Contoh kata dari kata hubung ini seperti sehingga, sampai-sampai dan juga makanya.

10. Subordinative Tools

Subordinatif Alat merupakan salah satu bentuk kata hubung yang mana didalamnya berfungsi untuk menyatakan apabila salah satu kata atau kalimat merupakan sebuah alat dari aktivitas yang dijelaskan dalam kalimat yang sebelumnya. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu menggunakan dan juga tanpa menggunakan.

11. Subordinative Ways

Subordinatif Cara merupakan salah satu kata hubung yang berfungsi untuk menyatakan apabila suatu kalimat atau klausa mengungkapkan sebuah cara dari suatu aktivitas yang dituliskan dalam bentuk kalimat yang sebelumnya. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu dengan dan juga tanpa.

12. Subordinate Complementation

Subordinatif Komplementasi merupakan salah satu bentuk kata hubung yang berfungsi untuk menerangkan apabila suatu kalimat atau klausa berperan hanya sebagai pelengkap dari kalimat yang sebelumnya. Contoh kata dari kata hubung ini yaitu bahwa.

13. Subordinate Comparisons

Subordinatif Perbandingan adalah salah satu bentuk kata hubung yang berfungsi untuk menyatakan adanya hubungan perbedaan atau kesamaan yang terjadi diantara dua kalimat atau klausa. Contoh kata darikata hubung ini yaitu sama… dengan, lebih… dari(pada).

Contoh Kalimat Konjungsi Subordinatif

  1. Vina sedang belajar dengan giat agar ia bisa diterima di jurusan kedokteran.
  2. Ibu dan ayah selalu menasehati anak-anaknya supaya bisa menjadi anak yang sholeh dan juga sholehah.
  3. Warga desa Kenari tidak bisa datang pada acara jalan sehat sebab  tidak memperoleh undangan.
  4. Pabrik perabot rumah tangga terbakar secara tiba-tiba sehingga para pekerjanya tidak sempat untuk menyelamatkan diri.
  5. Aku akan tetap meninggalkan rumah sampai ayah dan ibu benar-benar memberikan izin untuk pergi camping bersama teman-temanku.
  6. Wajah Layla terlihat sangat cantik bagaikan bidadari yang turun dari kayangan.
  7. Tika sedang memarahi ibunya seolah-olah ia tengah berbicara dengan pembantunya.
  8. Gayanya sombong sekali seakan-akan hanya dia yang terkaya di dunia ini.
  9. Rumah ku sudah dipenuhi oleh orang-orang ketika aku pulang kuliah.
  10. Nina sedang menyapu halaman rumahnya sambil menggendong anaknya.

F.A.Q

Apa itu Konjungsi Subordinatif?

Subordinate Conjunction adalah salah satu jenis kata penghubung yang berfungsi untuk menggabungkan dua kata, klausa, ataupun kalimat yang memiliki kedudukan yang tidak sederajat atau setara.

Apa saja contoh kata dari Subordinate Conjunction?

Beberapa contoh kata dari konjungsi subordinatif yaitu agar, supaya, sebab, untuk, karena, seakan-akan, jika, seperti, sejak, andaikan, walaupun, ketika, bahwa dan lain sebagainya.

Apa perbedaan dari Subordinatif dengan Koordinatif?

Subordinatif adalah kata hubung antara kata atau kalimat yang maknanya tidak setara. Sedangkan, Koordinatif adalah kata hubung antara kata atau kalimatnya memiliki makna yang setara.

Na, itu lah referensi singkat yang disampaikan dalam ulasan kali ini. Semoga membantu para readers yaa..