Konjungsi Kronologis

Posted on

Adapun kata konjungsi merupakan rangkaian kata yang selalu menghubugkan antara satu klausa, dan klausa lain dalam suatu kalimat tertentu yang tidak mempunyai tujuan selain sebagai Penghubung Saja.

Apa itu kongjungsi, konjungsi sebuah katayang menghubungkan dua buah klausa atau lebih menggambarkan adanya urutan waktu suatu kejadian.

Ada sebuah contoh konjungsi kronologis yakni Kemduian, Lalu, Setelah itu, Pada akhirnya, Simak contoh konjungsi kronologis di dalam Sebuah kalimat:

  1. Dia tersenyum padaku, kemudian menghilang entah ke mana.
  2. Dia terjatuh, lalu tertawa geli
  3. Setelah Ani sembuh, ia langsung makan bakso. Dia terjatuh, lalu tertawa geli

Pengertian Konjungsi Kronoligis

Sebelum membahas lebih jauh lagi mengenai konjungsi kronologis, Terlebih dahulu kita harus memahami apa yang di maksud dengan konjungsi, Berikut penjelasan singkatnya

Kata Konjungsi – Adalah kata penghubung dan kata sambung, kata penghubung termasuk makna kata tugas yang memiliki fungsi penghubung suatu klausa Antar Sebuah kalimat, atau antar sebuah paragraf.

Jenis Jenis Konjungsi Kronologis

Berikut beberapa jenis konjungsi Kronologis :

Jenis Konjungsi Koordinatif

Adapun maksud dari definisi konjungsi koordinatif, iyalah salah satu jenis konjungsi yang menghubungkan klausa atau kata berstatus yang sama.

Konjungsi koordinatif merupakan kata konjungsi yang merangkai dua kalimat atau lebih yang mempunyai kedudukan yang setara atau sederajat.

Jenis Konjungsi Subordinatif

Definisi dari kata konjungsi subordinatif, adalah sebagai salah satu jenis konjungsi yang menghubungkan anak kalimat Maupun induk kalimat.

Konjungsi subordinatif ini bisa menyatukan dua unsur klausa yang memiliki kedudukan yang tidak sama atau tidak sederajat.

Maka kedudukan klausa mempunyai arti sebagai kata utama yang lebih tinggi, dari pada klausa ke kedua yang manjadi klausa bawahan Atau lebih rendah dari kalimat utama.

Jenis Konjungsi Antar Kalimat

Konjungsi antar kalimat adalah, merupakan konjungsi yang menghubungkan suatu kalimat dengan kalimat yang lain. Konjungsi antar kalimat ini pasti harus diawali dengan kalimat baru serta memakai huruf kapital pada awal kalimat

Jenis Konjungsi Antarparagraf

Konjungsi antar paragraf biasanya selalu diawali dengan suatu paragraf yang berhubungan dengan paragraf sebelumnya didasari pada kandungan makna di paragraf sebelumnya.

Konjungsi antar parangraf yang sering di pakai iyalah, adapun, mengenai, akan hal, dalam pada Itu, adapun konjungsi antar paragraf biasanya terdapat dalam cerita lama atau cerita Kuno.

Contoh Konjungsi Kronoligis

Berikut ini adalah contoh dari kalimat dengan menggunakan konjungsi kronologis, kata konjungsi kronologis di tandai dengan cetak tebal.

  1. Setelah mandi, Doni kemudian membantu orangtuanya membersihkan halaman rumah.
  2. Sementara itu, gempa vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi.
  3. Setelah Iwan sembuh, ia langsung pergi bermain layangan.
  4. Pertama, bersihkan terlebih dahulu sayur tersebut.
  5. Evaporasi terjadi disebabkan oleh air laut yang menguap karena panas matahari. Lalu, terbentuklah awan dari proses evaporasi tersebut.
  6. Obat tersebut diminum sebelum makan.
  7. Sebelum ulangan akhir semester, Wawan telah belajar setiap hari. Hal pertama yang ia lakukan adalah membaca materi sambil mencatat ringkasan. Kemudian, Wawan melakukan latihan soal.

Demikian penjelsan mengenai konjungsi kronologis beserta pengertian dan jenis-jenisnya . Semoga dapat menjadi sumber referensi dan dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih

Baca Juga :

Related posts: