Konjungsi Koordinatif

Posted on

Konjungsi Koordinatif – Konjungsi adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua kata, kalimat atau klausa di dalam bahasa Indonesia. Konjungsi itu sendiri dibagi menjadi empat jenis, dan salah satu di antaranya akan kita bahas dalam pembahasan ini, yaitu Konjungsi Koordinasi.

Konjungsi Koordinatif

Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai Konjungsi Koordinatif beserta dengan hal-hal di dalamnya, mari kita simak pembahasan yang akan website tercinta kalian ini sampaikan yuk…

Definisi Konjungsi Koordinatif

Secara bahasa, kata konjungsi koordinatif terdiri dari dua kata, yaitu konjungsi dan juga koordinatif. Dalam Kbbi, kata konjungsi memiliki arti sebagai ungkapan atau kata yang berfungsi untuk menggabungkan dua kata, dua frasa, dua klausa, atau dua jenis kalimat yang berbeda.

Sedangkan untuk kata koordinatif memiliki arti sebagai sesuatu yang memiliki sifat koordinasi, yang mana kata koordinasi ditafsirkan sebagai penggabungan unsur gramatikal seperti kata, kalimat atau klausa yang sederajat.

Secara umum, Coordinating Conjunction adalah suatu kata hubung yang berfungsi untuk menggabungkan dua kata, kalimat, klausa maupun kalimat yang memiliki makna setara atau sederajat.

Dengan pendapat lain, konjungsi koordinasi adalah konjungsi yang menggabungkan dua atau lebih elemen kalimat yang posisinya sama atau setara.

Baca Juga :
Contoh Konjungsi Antar Klausa
Konjungsi Penerang
Macam – Macam Konjungsi

Macam – Macam Coordinating Conjunction

Pada dasarnya, Coordinating Conjunction dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut penjelasannya :

  1. Addition Coordinating Conjunctions, adalah kata hubung yang didalamnya menjelaskan bahwa suatu kalimat atau kata berfungsi sebagai pelengkap dari kalimat atau frasa yang lainnya. Contohnya seperti dan.
  2. Assistance Coordinating Conjunction, adalah kata hubung yang memiliki arti bahwa elemen kalimat atau frasa berfungsi sebagai pendamping dari kata, frasa, klausa yang sebelumnya. Contoh kata yang mengandung kata hubung ini yaitu serta.
  3. Electoral Coordinating Conjunction, adalah kata hubung yang didalamnya menyatakan bahwa dua elemen gramatikal yang terkait dengan kata hubung ini memiliki sifat opsional atau opsi yang dapat dipilih dari satu sama lain. Contoh kata dari konjungsi ini adalah atau.
  4. Coordinating Conjunctions of Resistance, adalah sebuah kata hubung yang menyatakan bahwa dua elemen gramatikal yang dihubungkan oleh konjungsi ini berlawanan. Contoh kata dari kata hubung ini adalah namun, tetapi, serta melainkan.
  5. Conflict Coordinating Conjunction, adalah konjungsi yang menjelaskan bahwa elemen gramatikal bertentangan dengan elemen gramatikal lainnya. Contoh kata dari konjungsi ini adalah sedangkan dan padahal.

Contoh Kalimat Konjungsi Koordinatif

Setelah kita secara bersama-sama menyimak penjabaran dari materi Coordinating Conjunction, nah agar kita bisa lebih memahami penjelasan di atas, yuk simak contohnya :

  1. Rina dan Kintan merupakan sahabat sejati sejak mereka masih kecil.
  2. Ibu membeli sayuran dan lauk pauk di supermarket, serta beberapa macam bumbu dapur.
  3. Aku sedang bingung antara ingin menikah di tahun ini atau di tahun depan.
  4. Anak bayi itu bukanlah anakku, tetapi dia merupakan sepupuku.
  5. Aku sudah menjalin hubungan lama dengannya. Namunselama kami berpacaran, aku belum pernah diajak untuk bertemu dengan kedua orang tuanya.
  6. Pak Usman sudah di PHK dari perusahaan di tempatnya bekerja. PadahalPak Usman tidak membuat kesalahan besar apapun selama beliau kerja di sana.
  7. Dina sedang bermain game PUBG di kamarnya, padahal di dapur kakak dan ibunya sedang membuat cemilan untuk sore itu.
  8. Ibu sedang menanak nasi dan juga lauk pauk di dapur.
  9. Ulia menyapu serta mengepel lantai seluruh ruangan yang ada di rumahnya.
  10. Vishal menyelesaikan soal Java dan juga Basis Data selama 1 jam.
  11. Ananda dan Anindi tertera di dalam daftar juara umum dari kategori siswa cerdas di sekolahnya.
  12. Luthfi dan Rizky pergi ke sekolah dengan bersama-sama.
  13. Aku sebenarnya sempat berjumpa dengannya di kantin sekolah, namun aku tidak memiliki kesempatan untuk membicarakan hal ini kepadanya.
  14. Cafe ini memberikan dua area makan yaitu outdoor atau indoor, sehingga para pengunjung dapat memilih apakah mereka ingin makan di area outdoor atau indoor.
  15. Pak Lintang bukan manajer dari PT tersebut, melainkan hanya seorang staf keuangan yang baru akan dipromosikan oleh manajernya seminggu yang lalu.

F.A.Q

Apa itu Konjungsi Koordinatif?

Coordinating Conjunction adalah suatu kata hubung yang berfungsi untuk menggabungkan dua kata, kalimat, klausa maupun kalimat yang memiliki makna setara atau sederajat.

Berikan contoh dari Coordinating Conjunction beserta dengan penjelasannya!

Aku sebenarnya sempat berjumpa dengannya di kantin sekolah, namun aku tidak memiliki kesempatan untuk membicarakan hal ini kepadanya.

Konjungsi Koordinatif dari kalimat tersebut terletak pada kata “namun” yang mana menunjukkan kata yang berlawanan.

Jenis-jenis dari Konjungsi Koordinatif adalah?

1. Pendampingan.
2. Penambahan.
3. Perlawanan.
4. Pertentangan.
5. Pemilihan.

Sekian dari referensi singkat dari ulasan kali ini. Semoga menjadi pengetahuan baru ya untuk para reader setia dari website ini..

Related posts: