Komponen Peta

Posted on

Assalammualaikum.

Halo sobat selamat datang di Kelas IPS, pada artikel kami sebelumnya kami sudah membahas tentang Legenda Peta dalam pelajaran ilmu geografi, Disini Kami dari rumus.co.id akan membahas masih di seputaran ilmu Geografi yaitu Tentang “komponen Peta”.

Peta salah satu alat bantu dalam menyampaikan suatu informasi dalam perjalanan yang berdasarkan fungsi dan tujuan yang tertentu, dalam sebuah peta telah dilengkapi dengan berbagai macam unsur dan komponen kelengkapan yang berguna untuk mempermudah dalam penggunaan.

Ada beberapa macam perbedaan yang dimiliki antara peta umum (peta rupa bumi atau peta topografi) dan peta khusus (Tematik) peta umum mempunyai komponen yang lebih khusus/kompleks dan standar atau baku.

Dalam cara pembuatan peta ini juga tidak mengharuskan sebuah komponen peta untuk sama dengan peta yang lainnya. Sebagai contoh adalah dalam posisi informasi tepi, penggunaan warna dan lain-lain.

Untuk lebih mudah lagi kita mengenal tentang komponen peta dan penjelasannya.

Simaklah artikel kami di bawah ini :

Pengertian Komponen Peta

Peta merupakan gambaran dari keseluruhan dalam permukaan bumi dengan perbandingan yang tertentu. Kata peta yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu Map. Kata map juga berasal dari bahasa Yunani, yaitu mappa.

Tetapi pengertian yang secara umum Peta adalah sebuah gambaran dari permukaan bumi atau bagian-bagian nya, permukaan bumi yang berada di dataran atau diperkecil dengan memakai skala yang tertentu tertentu.

Ada beberapa Ilmu yang mempelajari tentang peta yang telah dikenal dengan kartografi, dan sebagian orang yang bekerja membuat peta disebut Kartograf.

Adapun kata dari skala adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya di permukaan bumi, karena Peta dibuat dengan skala tertentu supaya dapat dengan mudah menggambarkan keadaan di permukaan bumi dengan ukuran yang sangat tepat dan akurat.

Komponen-Komponen Peta

Dari penjelasan di atas maka terdapat pula beberapa komponen-komponen peta adalah :

A. Judul Peta

Judul peta adalah sebuah identitas atau nama guna menjelaskan isi atau gambaran peta, karena terletak di bagian atas peta yang merupakan komponen yang sangat penting.

B. Legenda

Legenda merupakan salah satu keterangan yang berisi gambar atau simbol beserta artinya. Karena terletak di bagian pojok kiri bawah peta.

C. Skala

Skala merupakan perbandingan antara jarak dari dua titik pada peta dengan jarak yang sebenarnya di permukaan bumi. Karen jarak tersebut memiliki skala seperti 1 : 400.000. Skala ini artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 400.000 cm atau 4 km jarak sebenarnya.

D. Simbol

Simbol merupakan lambang atau gambar yang menunjukkan obyek alam atau buatan, karena Simbol peta harus memenuhi syarat sederhana yaitu :

  • Mudah dimengerti
  • Bersifat umum

E. Mata Angin

Mata angin merupakan salah satu pedoman atau petunjuk arah mata angin. Karena berupa tanda panah yang menunjukan ke arah utara.

F. Garis Astronomis

Garis merupakan garis khayal yang atas permukaan bumi karena memiliki garis lintang dan garis bujur.

G. Garis Tepi

Garis tepi adalah garis yang telah dibuat untuk mengelilingi gambar atau simbol peta, karena menunjukkan batasan peta tersebut.

H. Tahun Pembuatan Peta

Tahun pembuatan peta sangat berfungsi untuk mengetahui kapan terbentuknya dalam pembuatan peta, karena pembuatan peta ini tentulah penting untuk dicantumkan terutama pada peta yang bersifat perubahan.

I. Inset Peta

Inset peta merupakan gambar yang ingin diperjelas karena letaknya di luar garis batas, Inset peta sangat diperlukan sebuah navigasi peta karena berguna untuk menunjukan arah tujuan.

J. Tata warna

Tata warna yaitu untuk membedakan obyek satu dengan obyek yang lainnya karena warna berguna untuk menunjukkan dataran tinggi, atau dataran rendah.

Baca Juga : Pendekatan Geografi

Syarat – Syarat Peta

Dalam pembuatan peta ini maka terdapat pula beberapa syarat-syarat untuk pembuatan nya adalah :

A. Ekuivalen

Ekuivalen adalah salah satu gambaran dalam sebuah daerah maupun dalam bidang yang lainnya, karena peta sudah dihitung dalam skala nya yang akan sama dengan kondisi yang aslinya.

B. Ekuidistan

Ekuidistan adalah menggambarkan bahwa jarak yang ada pada peta harus dikalikan dengan skala pada peta, karena sama dengan jarak yang ada di lapangan atau jarak pada aslinya.

C. Conform

Conform merupakan sebuah bentuk dari peta yang telah dibuat dengan yang aslinya atau sama yang ada di lapangan nya.

Fungsi Peta

Secara umum yang kita ketahui fungsi dari peta bisa disimpulkan adalah sebagai berikut :

  • Alat untuk menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.
  • Menunjukkan letak atau keberadaan suatu tempat di permukaan bumi.
  • Memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah sebuah tempat di permukaan bumi.
  • Menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, contohnya seperti benua, negara, gunung, sungai
  • Membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui keadaan wilayah yang akan diteliti.
  • Menyediakan data tentang potensi suatu wilayah.
  • Alat analisis untuk memperoleh sebuah kesimpulan.

Tujuan Pembuatan Peta

Adapun tujuan dalam dibuatnya peta yaitu :

  • Untuk media penyimpanan data-data yang ada di permukaan bumi.
  • Untuk menganalisa seperti memperhitungkan suatu volume.
  • Untuk menyampaikan informasi dalam perencanaan tata kota kota dan permukiman.
  • Untuk menyampaikan informasi mengenai ruang yang bersifat alami, baik manusia maupun budaya.
  • Untuk mempermudah dalam pembuatan suatu desain.

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang Komponen pada Peta dan fungsinya serta syarat yang harus di penuhi.

Semoga dengan adanya Artikel kami ini bisa menambah wawasan kita semua dan semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : Prinsip Geografi

Related posts: