Komponen Komputer

Posted on

Komponen Komputer dan Fungsinya – Dalam menjalankan tugas-tugasnya, komputer tentunya didukung dengan komponen-komponen yang menyusunnya. Tanpa adanya komponen-komponen tersebut, maka komputer tidak dapat menjalankan kinerjanya dengan baik.

Komponen Komputer

Baik itu dalam proses menerima ataupun mengirimkan sebuah data. Bagi kalian yang sudah terjun ke dunia teknisi, tentunya tidak asing lagi dengan komponen-komponen yang menjadi penyusun dari komputer.

Dalam pembahasan yang sebelumnya, Rumus.co.id telah menjelaskan secara rinci mengenai Komputer. Nah, dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan penjabaran mengenai Komponen yang menyusun Komputer beserta fungsinya.

Pengertian Komputer

Sebelum kita mengetahui tentang apa saja komponen yang menyusun komputer. Ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu, Apa itu Komputer?

Komputer merupakan sebuah perangkat atau alat elektronik yang biasanya digunakan dalam memproses suatu data berdasarkan dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sehingga komputer dapat mendistribusikan informasi yang berguna bagi setiap penggunanya. Secara umum, komputer mempunyai tiga unsur penting yang menyusunnya, yaitu :

  • Perangkat keras (Hardware) merupakan komponen-komponen komputer yang terdiri dari motherboard, Prosesor, CPU, RAM serta hard disk.
  • Perangkat lunak (Software) merupakan komponen dalam komputer berupa sebuah data yang sudah diprogram serta disimpan dalam komputer secara digital. Namun, tidak dapat dilihat secara fisik, tetapi tetap berada dalam komputer.
  • Brainware (Pengguna Komputer) merupakan seseorang yang bertugas sebagai operator atau orang yang memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sebuah komputer.

Komponen Penyusun Komputer

Komponen Komputer

Setelah kita memahami apa itu Komputer, nah sekarang Rumus.co.id akan menjelaskan mengenai bagian-bagian yang menyusun komputer, yaitu antara lain :

1. Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras atau hardware merupakan suatu kelompok komponen komputer yang dapat secara langsung dilihat dengan mata serta dapat diraba atau disentuh dengan tangan.

Perangkat keras ini juga terbagi menjadi dua bagian yang membentuk perangkat komputer, yaitu diantaranya adalah :

A. Input Device

  1. Keyboard, merupakan sebuah papan ketik khusus untuk komputer yang terdiri dari tombol seperti huruf, angka, dan juga beberapa perintah lainnya. Papan ketik ini berfungsi untuk memasukkan perintah yang diberikan oleh user.
  2. Mouse, merupakan salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk membantu keyboard dalam memasukkan data serta perintah ke dalam komputer. 
  3. Microphone dan Headphone, merupakan salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk merekam serta memasukkan suara supaya dapat tersimpan di dalam memori komputer. 

B. Output Device

  • Monitor, adalah salah satu perangkat komputer yang dipakai untuk mengetahui segala macam aktivitas yang dilakukan oleh pengguna komputer serta menampilkan informasi atau data yang sudah diolah.
  • Printer, adalah salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk menyalin data yang tersimpan di dalam komputer kedalam bentuk yang nyata.
  • Speaker, merupakan salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk mengkonversi sinyal elektrik ke bentuk frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponen yang berbentuk membrane.
  • Scanner, adalah peralatan komputer yang digunakan untuk memindai data seperti dokumen, foto, suhu, gelombang dan lainnya. Di mana hasil pemindaian ini dikonversi kan menjadi data digital sebagai komputer.

Baca Juga :
Bridge Adalah
Pengertian Komputer
Router Adalah

C. Process Device

  • Power Supply, adalah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai sumber daya untuk perangkat lain, terutama untuk sumber energi listrik.
  • RAM, merupakan perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan data dalam komputer yang isinya bisa diakses kapan saka serta tidak memperhatikan letak dari data tersebut dalam memory.
  • CPU atau Processor, merupakan salah satu perangkat komputer (hardware) yang berfungsi untuk melaksanakan perintah serta mengolah data yang berasal dari perangkat lunak.
  • Motherboard, merupakan perangkat utama yang terdapat dalam komputer, dimana papan ini berfungsi sebagai tempat untuk melekatnya komponen lain dalam komputer agar dapat saling terhubung satu sama lain.

D. Storage Device

Komponen di dalam komputer yang satu ini berfungsi sebagai perangkat keras yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara sekunder. Hard disk merupakan salah satu media penyimpanan yang sering digunakan.

Harddisk memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, namun berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan dari para penggunanya.

2. Komponen Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak sering diartikan sebagai serangkaian program komputer yang dibutuhkan oleh para pengguna agar memperoleh informasi atau aplikasi yang dibutuhkan.

Lalu, perangkat apa saja yang kemudian termasuk ke dalam kelompok perangkat lunak komputer ini, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Perangkat Lunak Berbayar

Jenis dari software yang satu ini memang mengharuskan para penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan harga tertentu, apabila ingin menikmati layanan yang disediakan dari perangkat tersebut.

Walaupun anda sudah membayar perangkat tersebut, namun anda tidak akan memperoleh lisensi guna membuat copian serta menyebarluaskan ke para pengguna komputer yang lainnya.

2. Freeware

Freeware merupakan salah satu jenis software gratis yang tidak memberikan batasan kepada para penggunanya agar dapat menikmati layanan yang disediakan oleh jenis software ini kapan saja.

Perangkat lunak ini umumnya didedikasikan untuk komunitas tertentu, tetapi hak ciptanya senantiasa dipertahankan sehingga setiap orang dapat memperbarui perangkat lunak tersebut.

3. Free Software

Free software merupakan salah satu perangkat komputer yang akan menuntut para penggunanya untuk membayar sebuah perangkat terlebih dahulu.

Akan tetapi setelah itu, anda bebas untuk melakukan apa saja terhadap perangkat ini, mulai dari menggandakan, memodifikasi, ataupun menyebarluaskannya.

4. Shareware

Shareware merupakan salah satu perangkat lunak yang hampir sama dengan freeware, namun terdapat batasan bagi para pengguna untuk menikmati layanan yang disediakan oleh perangkat ini.

Namun, apabila para pengguna ingin menggunakan layanan yang terdapat di dalamnya dengan tidak terbatas, maka para user harus membayar atau membelinya terlebih dahulu.

5. Malware

Malware merupakan salah satu software yang dibentuk dengan tujuan masuk ke dalam komputer tertentu ataupun bisa dipakai untuk merusak sistem yang terdapat dalam jaringan komputer lain.

6. Firmware

Firmware merupakan salah satu software yang berupa sebuah Read Only Memory atau penyimpanan sebuah data yang hanya bisa dibaca saja. Pada dasarnya, firmware sudah tertanam dan terhubung dengan sebuah piranti dari perangkat keras komputer yagg lainnya.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Komponen Komputer?

Komponen Komputer merupakan sebuah perangkat atau bagian-bagian yang bertugas menyusun serta mendukung kinerja komputer dalam menjalankan perintah yang diberikan oleh user.

Contoh Dari Software yaitu?

1. System Software
2. Software Browser
3. Microsoft Office
4. Software Anti Virus
5. Paint Software

Output Device adalah?

Output device merupakan salah satu kelompok perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan data dalam komputer. 

Nah, demikianlah ulasan pada pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan meningkatkan wawasan baru untuk kita semua.