Kompetisi Sengit Web Hosting Indonesia

Posted on
kompetesi
sumber : freepik.com

Persaingan global dalam menyediakan layanan web host semakin sengit. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Market Research Future, nilai pasar hosting tersebut bisa menyentuh angka 154 miliar USD pada tahun 2022. Hasil prediksi tersebut membuktikan bahwa jumlah peminat terhadap layanan web host semakin meningkat pada tahun 2022. 

Provider web host perlu memberikan layanan yang terbaik untuk bisa memberikan performa tinggi terhadap website kliennya. Tingginya permintaan tersebut juga menyebabkan persaingan antar website konsumen yang satu dengan lainnya meningkat. Pastikan untuk menggunakan hosting Terbaik Indonesia berkualitas untuk bisa memberikan performa website yang terbaik.

Tantangan Persaingan antar Provider Web Hosting

Ada banyak faktor yang menjadi penilaian konsumen terhadap provider web host. Semua poin penilaian akan berdampak pada menang atau tidaknya suatu penyedia web host dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya. Beberapa poin diantaranya:

  1. Website Loading Semakin Cepat

Perusahaan teknologi yang satu dengan lainnya juga terus meningkatkan kualitas produknya. Alhasil ini menyebabkan ada banyak server yang bisa memberikan performa pertukaran data semakin cepat. Hal ini membuat perusahaan host yang tidak update teknologi memberikan dampak kepada performa website konsumen mereka.

Mungkin saja sekarang suatu perusahaan host memberikan layanan loading website yang cepat. Namun penyedia layanan web host saingannya juga tidak mau kalah, karena harus bisa bersaing dalam mendapatkan hati konsumen. Jika provider yang sudah berjaya tersebut tidak melakukan update, bisa-bisa layanan yang diberikan tidak akan menjadi baik lagi.

Loading website yang kalah cepat akibat teknologi kuno tidak akan bisa diakali ketika sudah terlalu ketinggalan jaman. Padahal teknologi yang berkaitan dengan web host tersebut tidak hanya berhubungan dengan server saja. Tetap ada teknologi lain yang diperlukan untuk menunjang kecepatan loading website konsumen. Jadi pilihlah provider yang melakukan update teknologi secara reguler.

  1. Downtime Layanan Hosting

Suatu web hosting sudah menyediakan layanan loading website yang cepat. Hal tersebut merupakan poin penting yang baik dan masuk dalam kategori positif. Namun poin lain yang harus diperhatikan oleh penyedia layanan adalah downtime dari layanannya. Nilai downtime tersebut harus lebih kecil dari atau sama dengan 0,01%, sehingga website hanya akan menjadi offline hanya dalam waktu singkat saja.

Jadi suatu penyedia hosting tidak boleh memiliki waktu downtime total yang tinggi dalam satu tahun. Rata-rata nilai downtime dari perusahaan hosting bertaraf international per tahun hanya di bawah 20 menit saja. Ini membuat website tersebut dapat terus diakses oleh pengunjung yang berminat terhadap informasi yang ada dalam suatu website tersebut.

Kamu perlu mengingat bahwa dalam dunia bisnis, waktu adalah uang. Setiap kali website menjadi down, maka akan ada banyak potensi keuntungan bisnis yang hilang begitu saja. Tidak peduli suatu website sedang kebanjiran pengunjung atau tidak, maka websitenya harus dapat menampung pengunjung tanpa mengalami penurunan kecepatan, apalagi down. 

  1. Segala Aspek dalam Perusahaan Provider Baik

Setiap provider yang ada sekarang perlu memperhatikan keperluan konsumen berkaitan dengan website mereka. Pemberian layanan yang baik dapat menyenangkan hati konsumen. Hanya saja itu bisa terwujud jika bagian dalam perusahaan provider sudah memenuhi beberapa syarat. 

Persyaratan tersebut yakni support selama 24 jam, hardware, software, data center, dan pegawai yang memadai. Seluruh persyaratan tersebut harus memiliki nilai yang baik, karena akan langsung terhubung dengan performa layanan hosting yang diberikan. Pastikan juga pada pihak hosting memberikan paket upgrade. 

  1. Tersedia Fitur Keamanan yang Cukup

Persaingan antar perusahaan ini juga terjadi dalam hal sistem keamanan. Hanya perusahaan yang memiliki dan selalu update terhadap perkembangan firewall yang bisa memberikan layanan tetap aman. Sistem keamanan ini sangat penting, karena bisa menghantui kapan saja kepada seluruh konsumennya.

Ketika ada penyedia layanan yang mengalami kegagalan dalam mengamankan website konsumen, sudah pasti pengalaman tidak menyenangkan tersebut akan membuat konsumen menjadi meragukan kemampuan provider dalam menyediakan layanan. Bagian support dari provider juga disarankan untuk selalu bisa mengatasi masalah yang terjadi pada konsumennya. 

  1. Kemudahan Membangun Website

Nilai penting lain yang paling dicari sebagian besar konsumen adalah kemudahan dalam membangun website. Pada dasarnya tidak semua penyedia hosting menawarkan kemudahan dalam membangun website. Padahal tidak semua konsumen paham menggunakan teknik programming. 

Hanya pihak penyedia yang memberikan kemudahan dalam instalasi website saja yang akan banjir peminat. Tidak heran sekarang mulai ada banyak web host yang menawarkan fitur 1 klik dan website sudah siap pakai.

Jika kamu mencari layanan yang bisa melakukan hal tersebut, maka bisa segera menghubungi DomaiNesia. Ada banyak paket yang bisa dipilih konsumen, seperti Extra, Super, Monster, Mikro, Mega, Giga, dan Exa. Setiap paket menawarkan fitur berbeda dan harga yang sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Kamu bisa berkonsultasi secara gratis dahulu guna mendapatkan layanan terbaik yang sesuai keperluan.

Related posts: