Kompetensi Adalah

Posted on

Kompetensi Adalah – Menurut estimologi, kompetensi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan atau melaksanakan suatu pekerjaan berdasarkan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Kompetensi, maka pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjabaran tentang Kompetensi beserta hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Kompetensi Adalah

Kompetensi Adalah?

Kompetensi adalah sebuah keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan di bidang-bidang tertentu berdasarkan dengan posisi yang dilakukan.

Oleh karena itu, dapat dirumuskan bahwa kompetensi dianggap sebagai kapasitas yang terobservasi oleh seseorang dan mencakup pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja ketika ia memenuhi tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan standar kinerja yang sudah ditentukan.

Baca Juga : Pengertian Teknologi

Definisi Kompetensi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian yang diungkapkan oleh beberapa para ahli, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Stephen Robbin (2007)

Menurut Stephen Robbin, Kompetensi adalah kapasitas (ability) atau kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan tugas-tugas yang berbeda dalam satu pekerjaan, dan kapasitasnya ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor intelektual dan faktor fisik.

2. Poerwadarminta (1993)

Menurut Poerwadarminta, Kompetensi adalah sebuah wewenang yang dimiliki seseorang untuk menentukan atau memutuskan suatu hal yang sangat penting.

3. Sedarmayanti (2008)

Menurut Sedarmayanti, Kompetensi adalah sebuah karakteristik yang paling mendasar dari seseorang dan secara langsung mempengaruhi atau dapat memprediksi kinerja yang sangat baik.

4. Mitrani (2002)

Menurut Mitrani, Kompetensi termasuk kedalam bagian dari kepribadian yang melekat pada diri seseorang serta perilaku yang dapat diharapkan dalam keadaan yang berbeda dan juga untuk tugas yang berbeda.

5. Mangkunegara (2005)

Menurut Mangkunegara, Kompetensi adalah faktor mendasar yang dimiliki oleh seseorang dengan keterampilan lebih, yang dapat membedakannya dengan seseorang yang hanya memiliki keterampilan rata-rata atau normal.

6. Suparno (2012)

Menurut Suparno, Kompetensi dapat dianggap sebagai kemampuan seseorang yang memadai untuk melakukan tugas atau dengan keterampilan serta kemampuan yang diinginkan.

Macam – Macam Bentuk Kompetensi

Selain penjelasan yang ada diatas, Komptensi terdiri dari beberpa macam, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Kompetensi Profesional

Kompetensi Profesional adalah salah satu komptensi yang lebih mengarah kepenguasaan global dari semua materi pembelajaran, termasuk penguasaan bahan ajar yang ada, baik itu di sekolah maupun dalam substansi ilmiah serta penguasaan struktur dan metodologi sains.

2. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi ini lebih mengarah pada kemampuan memahami siswa, untuk merancang dan mengimplementasikan pembelajaran, untuk mengevaluasi hasil belajar dan untuk mengembangkan siswa agar menunjukkan potensi yang dimiliki oleh mereka.

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi ini lebih mengarah kepada kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru untuk berkomunikasi dengan siswa, staf pengajar, orang tua / wali murid dan masyarakat di lingkungan mereka serta untuk berinteraksi dengan mereka.

Baca Juga : Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

4. Kompetensi Utama

Kompetensi ini lebih mengarah keketerampilan yang diartikan sebagai kemampuan internal yang sangat penting bagi keberhasilan dari suatu perusahaan.

Kemampuan ini harus dimiliki oleh semua anggota organisasi. Tujuan dari adanya kompetensi ini yaitu setiap individu harus bisa bekerja di posisi yang berbeda dalam setiap organisasi.

5. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi ini lebih ditujukan kepada seseorang yang mampu menunjukkan kepribadian yang bijak, stabil, dewasa, dan percaya diri serta memiliki otoritas untuk menjadi teladan yang baik dan karakter yang mulia.

Manfaat Dari Adanya Kompetensi

Terdapat beberapa manfaat dari adanya kompetensi yang kalian miliki dari berbagai bidang, yaitu diantaranya adalah :

1. Manfaat Kompetensi Seorang Karyawan

  • Karyawan memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan berdasarkan dengan kursus pelatihan standar yang ada.
  • Nilai tambah untuk pembelajaran dan pertumbuhan.
  • Untuk meningkatkan keterampilan serta pemasaran sebagai seorang karyawan.
  • Kejelasan tentang relevansi pembelajaran sebelumnya.
  • Ubah pilihan karier Anda.
  • Positioning tujuan sebagai sarana pengembangan karir.
  • Ulasan kinerja yang lebih objektif

2. Manfaat Kompetensi Bagi Suatu Perusahaan

  • Tingkatkan keefektivitasan rekrutmen dengan menyesuaikan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang sedang di cari para pencari pekerjaan.
  • Adanya pelatihan serta pendidikan tinggi maka akan memfokus pada keterampilan yang diinginkan oleh suatu perusahaan.
  • Evaluasi hasil dari pendidikan dan pelatihan akan lebih handal dan konsisten.
  • Pengambil keputusan akan lebih percaya diri karena orang memiliki keterampilan.
  • Mempermudah terjadinya perubahan dengan mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan suatu perusahaan.

3. Manfaat Kompetensi Dalam Bidang Industri

  • Identifikasi dan adaptasi keterampilan yang diperlukan untuk industri dengan lebih baik.
  • Adanya akses yang lebih baik ke pendidikan dan pelatihan sektoral di sektor publik.
  • Mempromosikan pengembangan keterampilan yang lebih luas dan lebih relevan di masa depan.
  • Pelatihan sektor ini melalui uji kompetensi individu.
  • Penilaian berbasis standar telah memengaruhi penciptaan dasar yang umum dan jelas untuk memahami hasil pendidikan dan membangun kepercayaan berdasarkan kebutuhan sektor ini.

Baca Juga : Maintenance Adalah

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Kompetensi?

Kompetensi adalah sebuah keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan di bidang-bidang tertentu berdasarkan dengan posisi yang dilakukan.

Apa saja faktor yang mempengaruhi Kompetensi?

1. Keyakinan dan nilai-nilai
2. Keterampilan
3. Pengalaman
4. Karakteristik pribadi
5. Motivasi
6. Isu emosional
7. Kemampuan intelektual

Secara Etimologis, Kompetensi berarti?

Secara etimologis, kata “kompetensi” diambil dari bahasa Inggris, yaitu dari kata “competence” atau “competency”, yang berarti keterampilan, kemampuan, dan juga otoritas.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.