Download Kisi – Kisi Soal UN (Ujian Nasional) SD

Posted on

Rumus.co.id- Kali ini kita akan membahas materi yang sangat menarik yaitu tentang Download Kisi-kisi UN (Ujian Nasional) SD , Kami akan jabarkan secara jelas dan lengkap tentang Kisi-kisi Soal UN SD.

Pengertian

Sudahkah kalian memulai persiapan UN dan USBN 2019? Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku sebagai penyelenggara ujian nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, serta paket B dan paket C tahun 2019 yang akan datang.

Pengumuman kisi-kisi UN dan USBN 2020 ini di sampaikan oleh pihak Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia melalui akun instagramnya yaitu @kemdikbud.ri pada (4/12/2018) lalu.

Kisi-kisi UN SD 2019
Kisi-kisi UN SD

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) telah menetapkan bahwa Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian. Hal ini merujuk kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilain Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang di susun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2018/2019 mengacu pada irisan yaitu Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13).

Kisi-kisi USBN untuk jenjang SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran. Terdapat 3 level kognitif, yakni: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materinya yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut ini:

Fungsi Kisi-Kisi

Fungsi Kisi-kisi tersebut ialah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN atau soal UN. Kisi-kisi ini disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut keterangan Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaannya ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN nerisi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal yang dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen di siapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru dimasing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan adanya pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis jadwal POS USBN dan UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.

Ruang Lingkup Materi

Berikut adalah ruang lingkup materi yag akan diujikan di UN atau USBN 2019 :

Bahasa Indonesia

Ruang lingkup materi bahasa indonesia meliputi sebagai berikut ini :

  • Membaca NonSastra
  • Membaca Sastra
  • Menulis Terbatas
  • Menyunting kata atau istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan Dan Tanda Baca.

Matematika

Ruang lingkup materi Matematika meliputi sebagai berikut ini :

  • Bilangan
  • Geometri
  • Pengukuran Pengolahan data

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Ruang lingkup materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) meliputi sebagai berikut ini :

  • Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
  • Benda dan Sifatnya
  • Energi dan Perubahannya
  • Bumi dan Alam Semesta

Kisi-kisi USBN SD 2020

Inilah tadi pembahasan singkat mengenai Kisi-kisi UN dan USBN SD, Semoga Bermanfaat…