Keseimbangan Ekosistem

Posted on

Keseimbangan Ekosistem – Ekosistem sering diartikan sebagai Suatu sistem yang terbentuk disebabakan karena adanya hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya yang tidak bisa dipisahkan.

Keseimbangan Ekosistem

Makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini tidak bisa untuk hidup sendiri, sebab untuk menutupi kebutuhan hidupnya, mereka memerlukan interaksi yang terjadi antar sesama makhluk hidup lainnya dan juga lingkungan sekitarnya.

Dengan hal-hal tersebutlah dapat menciptakan Keseimbangan yang terjadi antar Ekosistem. Namun, apa kalian sudah mengetahui apa itu Keseimbangan Ekosistem? Jika belum, yuk kita simak penjabarannya dibawah ini.

Apa itu Keseimbangan Ekosistem?

Keseimbangan ekosistem sering diarikan sebagai suatu keadaan dimana interaksi yang terjadi antara komponen-komponen yang ada di dalam ekosistem bisa berlangsung secara harmonis dan juga seimbang.

Adanya keseimbangan ekosistem didalam hidup ini memberikan dampak yang sangat signifikan pada keseimbangan dan juga kesejahteraan hidup manusia serta mahluk hidup yang lainnya.

Namun, sama halnya dengan sistem yang ada didalam tubuh manusia, seperti sistem pencernaan ataupun sistem sirkulasi, di dalam hubungan sistem ekosistem juga bisa terganggu keseimbangannya.

Baca Juga :
Ciri Makhluk Hidup
Ekosistem Darat
Ekosistem Sawah
Ekosistem Adalah

Faktor yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem

Adanya perubahan yang terjadi di ekosistem itu karena terdapat beberapa faktor sehingga menimbulkan gangguan terhadap kondisi homeostasisnya.

Faktor yang menjadi pengganggu pada keseimbangan ekosistem terdiri dari faktor alam dan juga faktor perilaku manusia. Dibawah ini penjelasannya, yaitu :

1. Faktor Alam

Faktor alam ini umumnya sangat dipengaruhi oleh adanya bencana alam yang telah terjadi. Terdapat beberapa bencana alam yang menjadi pengaruh dari keseimbangan ekosistem, yaitu diantaranya adalah :

  • Gunung Meletus
  • Tsunami
  • Banjir Bandang
  • Tanah Longsor
  • Pergerakan Lempeng Tektonik
  • Gempa Bumi

Beberapa bencana alam tersebut yang terjadi dikarenakan adanya campur tangan manusia misalnya seperti Tanah Longsor serta Banjir Bandang.

2. Faktor Perilaku Manusia

Adanya perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap ekosistem alami ataupun buatan akan menimbulkan kerusakan terhadap keseimbangan ekosistem.

Semakin pesatnya pertumbuhan penduduk, manusia semakin berlebihan mengeksploitasi alam dengan tujuan untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, misalnya seperti :

  • Melakukan penebangan pohon secara liar. Selain dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, kegiatan penebangan liar ini juga membuat tempat tinggal hewan menjadi rusak.
  • Membuang Limbah di Sembarang Tempat. Semua limbah yang berasal dari berbagai macam pabrik industri, jika tidak diolah terlebih dahulu maka akan minimbulkan masalah lingkungan yang berakibat kepada kesehatan manusia.
  • Adanya pemakaian pupuk anorganik serta pestisida. Penggunaan pupuk Anorganik dan juga Pestisida akan mengakibatkan semakin menipisnya kesuburan tanah, hal ini akan menimbulkan kerusakan pada tanah bahkan dapat membunuh organisme yang hidup di sawah.
  • Pencemaran alam. Adanya pencemaran alam, baik itu pencemaranudara ataupun air akan menimbulkan pemanasan global serta membunuh organisme ekosistem sungai, seperti ikan dan lainnya.

Komponen yang Terlibat Dalam Keseimbangan Ekosistem

Keseimbangan Ekosistem

Ekosistem yang ada didunia ini terdiri dari dua komponen, yaitu Komponen Abiotik dan juga Komponen Biotik. Berikut ini penjelasan dari kedua komponen tersebut, diantaranya adalah :

1. Komponen Abiotik

Abiotik sering diartikan sebagai sebuah komponen yang tidak memiliki ciri-ciri sebagai makhluk hidup atau dengan kata lain disebut sebagai benda mati.

Didalam sebuah ekosistem Abiotik merupakan sebuah keadaan kimia serta fisika dari benda ayau hal-hal yang ada disekitar biotik sebagai penunjang kehidupan dari makhluk hidup.

Dibawah ini terdapat beberapa hal yang termasuk kedalam komponen abiotik, yaitu :

  • Air, merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Didalam tubuh manusia terdapat sekitar 70% yang terdiri dari air, begitu pula dengan hewan dan tumbuhan. Masalah yang dapat ditimbulkan jika kekurangan air terhadap makhluk hidup yaitu lama kelamaan makhluk hidup akan mati.
  • Sinar Matahari, merupakan sumber utama dalam kehidupan makhluk hidup terutama pada tumbuhan, sebab cahaya matahari sangat berperan penting dalam proses fotosintesis.
  • Tanah, merupakan tempat dari berbagai makhluk hidup. Jika tidak ada tanah maka organisme tidak bisa hidup. Manusia bisa kesana dan kemari karena adanya tanah, sebab jika tidak ada tanah maka makhluk hidup tidak bisa menapakkan kakinya di tanah.
  • Udara, merupakan sebuah komponen yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, udara ini terdiri dari oksigen, gas nitrogen, karbondioksida dan masih banyak lagi. Manusia serta hewan memerlukan senyawa oksigen untuk bernafas.
  • Iklim, merupakan sebuah kondisi dari rata-rata cuaca yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Terdiri dari beberapa komponen penyusun iklim yaitu kelembaban, curah hujan, suhu, dan lain sebagainya.

2. Komponen Biotik

Komponen Biotik sering diartikan sebagai semua komponen hidup yang ada didalam ekosistem baik itu manusia, hewan dan juga tumbuhan. Biotik dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :

  • Produsen, merupakan sebuah komponen yang terdiri dari semua makhluk hidup yang memiliki kemampuan menghasilkan bahan makanannya sendiri, misalnya seperti tumbuhan yang melakukan proses fotosintesis guna menghasilkan makanannya sendiri.
  • Konsumen, merupakan sebuah organisme yang mendapatkan sumber energinya dari memakan organisme lainnya.
  • Pengurai atau Decomposer, merupakan suatu organisme yang bertugas menguraikan organisme yang sudah mati.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Keseimbangan Ekosistem?

Keseimbangan ekosistem sering diarikan sebagai suatu keadaan dimana interaksi yang terjadi antara komponen-komponen yang ada di dalam ekosistem bisa berlangsung secara harmonis dan juga seimbang.

Mengapa ekosistem yang ada dilingkungan harus terus dalam keadaan seimbang?

Karena menjaga keharmonisan semua makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan dan masih banyak lagi hanya memiliki satu kunci, yaitu adanya keseimbangan alam. Dengan keseimbangan ini, maka makhluk hidup bisa bertahan hidup di alam yang bebas.

Apa yang harus dilakukan guna menjaga Keseimbangan Ekosistem?

1. Tidak membuang sampah di sembarang tempat.
2. Tidak memakai pukat harimau ataupun bom untuk menangkap ikan dilaut ataupun sungai.
3. Melakukan penanaman hutan kembali.
4. Melakukan kegiatan tebang pilih.

Nah, itu dia mengenai informasi Ecosystem Balance beserta dengan hal-hal yang berkaitan, semoga bermanfaat.