Kerajaan Islam Di Indonesia

Posted on

Kerajaan Islam Di Indonesia – Jejak – jejak dari penyebaran agama Islam tak pernah lepas dari berdirinya berbagai macam kerajaan bercorak agama Islam di kawasan Indonesia.

Kerajaan Islam Di Indonesia

Berdasarkan sejarah yang ada, Agama Islam memasuki Kepulauan Indonesia pada akhir abad ke-6 Masehi, kemudian semakin berkembang luas melalui berdirinya berbagai Kerajaan Islam.

Sedangkan, Kerajaan Islam yang berdiri di Kepulauan Indonesia sudah berkembang sejak abad Ke-13 Masehi, karena ini dipengaruhi dengan rute perdagangan dari Timur Tengah, India dan juga negara lain.

Di bawah ini merupakan ulasan ringkas mengenai Kerajaan – Kerajaan Islam yang ada di Indonesia. yuk simak pembahasannya….

Kerajaan Islam Di Indonesia

Sejarah yang ada di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran agama Islam. Dibawah ini terdapat beberapa contoh Kerajaan Islam yang pernah berkuasa di tanah Indonesia, diantaranya adalah :

1. Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai menjadi kerajaan bercorak Islam yang pertama kali yang berdiri di Pulau Borneo, atau lebih tepatnya dibangun sekitar abad ke-13 M.

Sultan Malik Al Saleh atau yang memiliki nama asli Marah Silu merupakan sultan yang menjadi pendiri hingga raja pertama dari Kerajaan Samudra Pasai. Masa keemasan dari kerajaan yang berdiri di wilayah Aceh Utara ini ketika dipimpin oleh Sultan Malik Al Tahir pada tahun 1326.

2. Kerajaan Aceh

Selain Samudra Pasai, ternyata ada lagi kerajaan bercorak Islam yang berdiri di Indonesia yang sangat terkenal di Kota Serambi Mekkah, yaitu Kerajaan Aceh.

Raja pertama dari kerajaan Aceh yaitu Sultan Ibrahim atau yang bernama asli Ali Mughayat Syah sekaligus sebagai pendiri dari Kerajaan Aceh yang didirikan sekitar tahun 1514. Kerajaan Aceh ini mengalami masa keemasan ketika diperintah oleh Raja Iskandar Muda pada tahun 1607-1636.

3. Kerajaan Demak

Demak menjadi salah satu Kerajaan bercorak Islam pertama yang berdiri di Tanah Jawa. Raden Patah merupakan Raja yang mendirikan Kerajaan Demak sekaligus sebagai raja pertama dari kerajaan tersebut.

Menurut masyarakat Jawa, kerajaan ini adalah hasil perpecahan dari Majapahit. Kerajaan Demak ini didirikan sekitar tahun 1475 dan kemudian mengalami keruntuhan sekitar tahun 1554.

Meskipun jangka waktu berkuasanya tergolong sangat singkat, akan tetapi Kerajaan Demak memiliki pengaruh besar pada masanya, termasuk penyebaran Islam di tanah Jawa.

4. Kerajaan Pajang

Pajang merupakan sebuah kerajaan yang menjadi penerus dari Kerajaan Demak yang runtuh pada tahun 1554. Kerajaan ini berpusat di kawasan Jawa Tengah dengan raja pertama yaitu Hadiwijaya atau yang lebih dikenal dengan julukan Joko Tingkir.

Kerajaan Pajang pertama kali didirikan sekitar tahun 1548 M setelah Raja Hadiwijaya mampu menjatuhkan kekuasaan Arya Penangsang. Menurut catatan sejarah, kerajaan ini berdiri hanya dalam jangka waktu yang sangat singkat yaitu pada tahun 1548 – 1586.

Baca Juga :
Peninggalan Kerajaan Mataram Islam
Peninggalan Kerajaan Tidore
Peninggalan Kerajaan Gowa Tallo

5. Kerajaan Banjar

Kesultanan Banjar merupakan Kerajaan bercorak Islam yang didirikan pada tahun 1520 dan bertahan sampai tahun 1905. Banjar pertama kali diperintah oleh Sultan Suriansyah yang diangkat sekitar tahun 1526, beliau memerintah Kerajaan Demak sampai tahun 1550.

Masa kejayaan dari Kesultanan Banjar ini terjadi di awal tahun 1526 – 1787, dimana kerajaan ini sangat eksis dalam bidang pertanian serta agensi militernya.

6. Kerajaan Malaka

Malaka adalah salah satu Kerajaan bercorak Islam Melayu yang didirikan di tanah Malaka. Kerajaan ini didirikan oleh Parameswara sekitar tahun 1405. Menurut sejarah yang ada, Kerajaan Malaka ini menjalin hubungan baik dengan Negara Cina.

Kerajaan Malaka ini sebagai penguasa dari jalur pelayaran serta perdagangan yang ada di selat Malaka pada abad ke-15. Penyebab dari runtuhnya Kesultanan Malaka ini diakibatkan karena adanya invasi yang dilakukan oleh bangsa Portugis sekitar tahun 1511.

7. Kerajaan Gowa

Gowa menjadi salah satu Kesultanan atau Kerajaan yang berdiri pada tahun 1300 serta bertahan kurang lebih sampai tahun 1946. Sultan yang pertama kali menjabat yaitu Tumanurung, sedangkan untuk Sultan yang terkenal dari Kesultanan ini yaitu Sultan Hasanuddin.

Menurut sejarah, sudah tercatat kurang lebih ada 30 raja yang memerintah Kesultanan Gowa dari mulai berdiri sampai runtuh. Kesultanan Gowa sekarang termasuk bagian dari RI, dimana secara resmi Kesultanan Gowa dimasukkan ke bagian RI sejak tahun 1946.

8. Kerajaan Ternate

Ternate menjadi salah satu dari daftar 4 kerajaan bercorak Islam terbesar yang berdiri di Pulau Maluku. Kesultanan ini pertama kali didirikan sekitar tahun 1257 oleh Baab Mashur Malamo. Sejak berdiri, kerajaan ini sudah banyak memberikan pengaruh besar di bagian timur Nusantara.

Masa keemasan dari Kerajaan Ternate terjadi pada abad ke-16 M di mana kesultanan ini mempunyai kekayaan dari hasil rempah-rempah serta memiliki pasukan militer yang sangat kuat.

9. Kerajaan Tidore

Sama seperti Ternate, Tidore juga menjadi salah satu dari kerajaan bercorak Islam yang berdiri di Pulau Maluku. Kesultanan Tidore ini didirikan pada tahun 1081 oleh Muhammad Naqil yang dilantik sebagai Sultan pertama dari kerajaan Tidore.

Kemudian, Kesultanan Tidore ini mencapai puncak kejayaannya di abad ke-16 sampai abad ke-18, di mana sudah tercatat setidaknya telah puluhan kali Kerajaan Tidore mengalami pergantian pemimpin.

Kesultanan Tidore akhirnya mengalami keruntuhan yang diakibatkan karena adanya adu domba yang dilakukan oleh pihak imperialisme barat yang masuk ke wilayah Nusantara.

F.A.Q

Sejak kapan Kerajaan Islam berkuasa di Indonesia?

Kerajaan Islam yang berdiri di Kepulauan Indonesia sudah berkembang sejak abad Ke-13 Masehi, karena ini dipengaruhi dengan rute perdagangan dari Timur Tengah, India dan juga negara lain.

Kapan ajaran Islam masuk ke Indonesia?

Berdasarkan sejarah yang ada, Agama Islam memasuki Kepulauan Indonesia pada akhir abad ke-6 Masehi, kemudian semakin berkembang luas melalui berdirinya berbagai Kerajaan Islam.

Kerajaan Islam pertama yang berdiri di Pulau Jawa adalah?

Demak menjadi salah satu Kerajaan bercorak Islam pertama yang berdiri di Tanah Jawa pada tahun 1475.

Demikianlah ulasan ringkas dari materi yang ada diatas, semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk para pembaca setia.