Kerajaan Hindu Di Indonesia

Posted on

Kerajaan Hindu Di Indonesia – Sejarah yang ada di Indonesia tentunya tidak pernah lepas dari hadirnya era Kerajaan Hindu yang berdiri di tanah Indonesia. Zaman tersebut dimulai pada abad ke-4 hingga abad ke-16 Masehi.

Kerajaan Hindu Di Indonesia

Berakhirnya masa kekuasaan dari kerajaan Hindu ini ditandai dengan maraknya kekuasaan dari Kerajaan bercorak Islam di Indonesia yang sudah mulai berdiri di masa itu.

Sedangkan, masuknya ajaran agama Hindu ini banyak sekali dibawa oleh musafir dari China dan juga India yang datang ke Indonesia. Dalam kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai daftar Kerajaan bercorak Hindu di Indonesia.

Untuk mengetahuinya, yuk kita simak secara bersama-sama penjabaran yang disampaikan dibawah ini.

Kerajaan Hindu Di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa daftar dari Kerajaan bercorak agama Hindu yang berdiri di Indonesia, diantaranya adalah :

1. Kerajaan Kutai

Kutai menjadi kerajaan Hindu pertama dan tertua yang berdiri di Indonesia. Kerajaan ini dibangun pada abad ke-4, atau lebih tepatnya pada tahun 350 M. Kerajaan ini berada di kawasan Muara kaman, Kalimantan Timur, atau lebih tepatnya terletak di hulu Sungai Mahakam.

Terbentuknya Kerajaan Kutai ini menjadi penanda dimulainya sejarah kerajaan bercorak Hindu di Indonesia dan juga Nusantara. Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudungga sekaligus sebagai raja pertama dari Kerajaan Kutai.

Masa keemasan dari Kerajaan Kutai terjadi di masa pemerintahan dari Raja Mulawarman. Kemudian, kerajaan ini mengalami keruntuhan pada tahun 1605 M, yang kemudian digantikan oleh Kutai Kartanegara yaitu sebuah kerajaan bercorak Islam.

2. Kerajaan Tarumanegara

Tarumanegara menjadi salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua yang berdiri di pulau Jawa, dan menjadi kerajaan tertua kedua yang berdiri di Indonesia setelah Kutai. Kerajaan ini didirikan pada abad keempat, atau sekitar 358 M, dimana letaknya berada di Pulau Jawa bagian barat.

Menurut sejarah serta peninggalan artefak, kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu yang beraliran Wisnu. Masa keemasan dari Kerajaan ini terjadi ketika dipimpin oleh Raja Purnawarman.

Kemudian, Kerajaan Tarumanegara mengalami keruntuhan di abad ke-7 M, yang diakibatkan adanya serbuan yang dilakukan oleh Kerajaan Sriwijaya pada tahun 669 M.

Baca Juga :
Peninggalan Kerajaan Medang
Peninggalan Kerajaan Hindu
Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

3. Kerajaan Medang

Medang juga dikenal dengan sebutan Mataram Hindu atau Mataram Kuno yaitu kerajaan bercorak Hindu yang didirikan sekitar tahun 752 M. Mulanya kerajaan ini berada di kawasan Jawa Tengah di wilayah Yogyakarta.

Akan tetapi di abad ke-10 M, kerajaan ini pindah ke kawasan Jawa Timur atau lebih tepatnya berada di antara wilayah Jombang dan juga Madiun. Kemudian pada tahun 1045 M, Kerajaan Medang ini mengalami keruntuhan.

Penyebab dari runtuhnya kerajaan tersebut yaitu karena kekalahan yang dialami oleh Dharmawangsa dari tangan Wurawari dan juga Sriwijaya. Peninggalan yang sangat terkenal dari kerajaan Mataram Kuno yaitu Candi Borobudur.

4. Kerajaan Kanjuruhan

Kanjuruhan merupakan kerajaan Hindu yang berdiri di kawasan Jawa Timur, yang mana pusat dari kerajaan ini ada di dekat kota Malang saat ini. Diperkirakan kerajaan ini dibangun di abad ke-8 M, namun masih belum pasti.

Masa keemasan dari kerajaan Kanjuruhan ini terletak di kerajaan Gajayana. Kerajaan ini masih masuk kedalam era kerajaan Tarumanegara dan juga mempunyai banyak basis di daerah Jawa Timur.

Kemudian, Kerajaan Kanjuruhan ini mengalami keruntuhan sekitar abad ke-9 M, yang kala itu masih berada di bawah dari kewenangan dari Kerajaan Mataram Kuno atau Medang.

5. Kerajaan Kahuripan

Kahuripan adalah kerajaan bercorak Hindu yang didirikan sekitar tahun 1019 M. Kerajaan in memiliki pusat pemerintahannya yang berada di Kahuripan, yang saat ini sudah masuk kawasan Sidoarjo atau Surabaya.

Kahuripan merupakan kerajaan yang didirikan oleh Raja Airlangga yang menjadi penerus dari kerajaan Medang atau Mataram Kuno yang mengalami keruntuhan.

Kemudian, Kerajaan Kahuripan mengalami keruntuhan sekitar tahun 1045 M setelah Airlangga memecah kerajaan Kahuripan menjadi dua wilayah, yaitu Jenggala dan juga Kediri. Maksudnya, kerajaan ini hanya berkuasa sangat singkat, yakni hanya 26 tahun saja.

6. Kerajaan Sunda Galuh

Sunda Galuh atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan Pajajaran merupakan sebuah kerajaan yang dihasilkan dari penggabungan antara dua kerajaan besar yang berdiri di Tanah Sunda, yaitu kerajaan Sunda dan Galuh.

Kedua kerajaan diatas merupakan hasil dari perpecahan kerajaan Tarumanegara. Berdasarkan bukti sejarah seperti prasasti dan manuskrip kuno, ibu kota Kerajaan Sunda terletak di daerah perkotaan Bogor, sedangkan ibu kota Kerajaan Galuh terletak di kota Kawali, Kab. Ciamis.

F.A.Q

Kapan agama Hindu masuk ke Indonesia?

Agama Hindu diperkirakan masuk ke Indonesia, di awal tarikh Masehi, yang dibawa oleh para wisatawan India, seperti Maha Resi Agajuga oleh wisatawan China, yaitu wisatawan Buddha Pahyien.

Kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia adalah?

Kutai menjadi kerajaan Hindu pertama dan tertua yang berdiri di Indonesia. Kerajaan ini dibangun pada abad ke-4, atau lebih tepatnya pada tahun 350 M.

Peninggalan terkenal dari Kerajaan Medang adalah?

Salah satu peninggalan yang sangat terkenal dari kerajaan Mataram Kuno atau medang yaitu Candi Borobudur.

Demikianlah ulasan singkat dari materi yang disampaikan diatas, semoga referensi diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.