Kerajaan Budha Di Indonesia

Posted on

Kerajaan Budha Di Indonesia – Agama Buddha yang ada di Indonesia mempunyai sejarah yang cukup panjang. Di Negara Indonesia terdapat lima agama resmi selama masa pemerintahan Orde Baru sesuai dengan ideologi negara Pancasila, salah satunya adalah Buddha.

Kerajaan Budha Di Indonesia

Presiden Soeharto sendiri sudah menganggap bahwa agama Buddha dan juga Hindu sebagai agama yang klasik di Indonesia. Buddhisme masuk ke Negara Indonesia dari India hampir bersamaan dengan masuknya Hindu ke Indonesia.

Namun, Hindu jauh lebih cepat berkembang dibandingkan dengan Buddha. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya Kerajaan Hindu dibandingkan Kerajaan Buddha di Indonesia. Sedangkan, untuk pusat dari kerajaan Budha hanya dijumpai di Sumatra serta di beberapa wilayah yang ada di Jawa.

Dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai beberapa Kerajaan bercorak Budha yang berdiri di Indonesia. Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan dibawah ini.

Kerajaan Budha Di Indonesia

Berikut ini merupakan penjabaran dari daftar Kerajaan Budha yang berdiri di tanah Indonesia, diantaranya adalah :

1. Kerajaan Sriwijaya

Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan bercorak Budha yang pertama kali berdiri di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya ini didirikan pada tahun 600 Masehi, yang mana pusatnya berada di Palembang, Sumatera Selatan.

Sriwijaya pernah menjadi sebuah kemaharajaan yang sempat berkuasa dan juga menguasai wilayah Nusantara. Sebab, kerajaan ini banyak memberikan pengaruh baik di kawasan Nusantara dengan wilayah kekuasaannya meliputi Kamboja, Semenanjung Malaya, Jawa Barat, Sumatra dan Jawa Tengah.

Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan bahari yang mengandalkan perdagangan maritim melalui perairan. Kerajaan Sriwijaya mencapai masa kejayaan ketika dipimpin oleh Raja Balaputradewa pada tahun 850 M.

Kemudian, Kerajaan Sriwijaya mengalami keruntuhan pada tahun 1100 M, yang diakibatkan oleh beberapa peperangan yang terjadi, seperti serangan yang dilakukan oleh Rajendra Chola I dari Koromandel tahun 1025.

Kemudian sekitar tahun 1183 Masehi, kekuasaan dari Kerajaan Sriwijaya ini berada di bawah kekuasaan dari kerajaan Dharmasraya.

2. Kerajaan Kalingga

Kalingga atau yang juga disebut Kerajaan Halong adalah salah satu dari kerajaan bercorak Budha pertama yang berdiri di wilayah pantai utara dari Pulau Jawa. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 594 M.

Pusat pemerintahan dari Kerajaan Kalingga diprediksi berada di sekitar wilayah Pekalongan dan juga Jepara, kemudian berpindah ke Magelang dan juga Yogyakarta.

Kerajaan Kalingga sempat dipecah menjadi dua Kerajaan yaitu Keling dan juga Medang. Kemudian, Kerajaan Kalingga mengalami masa kejayaan yang kala itu dipimpin oleh Raja wanita yaitu Ratu Sima pada tahun 674.

Setelah itu, pada tahun 782 Kerajaan Kalingga mengalami keruntuh pada dan kemudian kekuasaan dari kerajaan ini diambil alih oleh Rakai Mataram dan juga Rakai Panangkaran dari Medang.

Baca Juga :
Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno
Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Peninggalan Kerajaan Budha

3. Kerajaan Dharmasraya

Dharmasraya menjadi salah satu kerajaan bercorak Budha yang letaknya berada di kawasan Sumatera, Indonesia. Kerajaan ini berlokasi di wilayah hulu Sungai Batanghari.

Nama dari kerajaan ini muncul seiring dengan semakin lemahnya kekuatan dari Sriwijaya karena mendapat serangan dari Rajendra Chola I yang berasal dari Koromandel tahun 1025 M.

Baru secara resmi, kerajaan ini didirikan pada tahun 1183 M. Kemudian, Dharmasraya mengalami keruntuhan di tahun 1347 M setelah dipimpin oleh Adityawarman. Setelah itu, Dharmasraya diganti menjadi Kerajaan Malayapura.

4. Kerajaan Sri Bangun

Sri Bangun menjadi salah satu kerajaan bercorak Budha yang letaknya berada di kawasan Kalimantan Timur, atau lebih tepatnya ada di kota Bangun, tempatnya tidak jauh dari wilayah Tenggarong yaitu ibukota dari Kutai Kartanegara.

Kerajaan ini menjadi penerus dari Kerajaan Martadipura. Namun berbeda dari Kerajaan Martadipura yang bercorak agama Hindu, Kerajaan Sri Bangun ini justru didirikan dengan bercorak Buddha. Raja dari kerajaan Sri Bangun yang sangat terkenal kala itu bernama Raja Qeva.

F.A.Q

Kapan Agama Hindu masuk ke Indonesia?

Ajaran Agama Budha yang berasal dari India ini masuk ke Negara Indonesia hampir bersamaan dengan masuknya ajaran dari Agama Hindu di Indonesia.

Kerajaan Budha yang pertama kai berdiri di Indonesia adalah?

Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan bercorak Budha yang pertama kali berdiri di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya ini didirikan pada tahun 600 Masehi, yang mana pusatnya berada di Palembang, Sumatera Selatan.

Mengapa Kerajaan Mataram Kuno bercorak Hindu-Budha?

Sebab, di dalam kerajaan Mataram Kuno terdapat dua dinasti yang berdampingan, yaitu Dinasti Sanjaya (Hindu) dan juga Dinasti Syailendra (Budha).

Sekian ulasan dalam materi yang ada diatas, semoga bisa menjadi informasi tambahan untuk kita semua.