Kelainan Pada Mata

Posted on

Kelainan Pada Mata – Mata merupakan salah satu dari panca indra yang memiliki peran sangat vital bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk membantu manusia dalam melihat berbagai macam objek yang ada disekitar kita.

Kelainan Pada Mata

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk senantiasa memelihara dan juga melindungi kesehatan mata. Apabila pada bagian-bagian mata ada yang mengalami gangguan atau kerusakan, maka tidak dapat dipungkiri bahwa mata kita dapat mengalami berbagai macam penyakit.

Sebab mata merupakan salah satu organ pada tubuh manusia yang sangat sensitif dan sering mengalami gangguan, seperti masuknya sepihan-serpihan kayu atau debu yang membuat mata menjadi tidak nyaman.

Dalam artikel kali ini kita akan menyimak penjabaran dari berbagai macam penyakit atau kelainan yang menyerang mata. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini..

Bagian – Bagian Mata

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa Mata merupakan alat indra yang memiliki peran sangat vital, dengan tersusun atas berbagai organ yang menyusunnya.

Berikut adalah bagian-bagian mata beserta dengan cara kerja dan fungsinya, diantaranya adalah :

  1. Kelopak mata, adalah salah satu bagian mata yang letaknya berada di luar dan berfungsi untuk melindungi mata dari berbagai benda asing yang akan masuk ke dalam mata seperti debu, asap, pasir atau benda-benda asing lainnya.
  2. Bulu mata, adalah salah satu bagian terluar mata yang sangat mudah dikenali. Bagian ini memiliki fungsi mengurangi cahaya yang ingin masuk ke dalam mata dan mencegah benda kecil masuk mata.
  3. Alis Mata, adalah bagian paling luar dari mata, yang paling terlihat karena posisinya yang terletak di pelipis mata. Secara umum, alis menjauhkan keringat yang berasal dari dahi sehingga tidak menembus langsung ke mata.
  4. Kelenjar air mata, adalah bagian yang berperan untuk menciptakan air mata. Ini sangat penting karena air mata akan membasahi mata dan menjaga kelembaban mata.
  5. Kornea, adalah jaring transparan berbentuk kubah, yang tugasnya adalah membentuk mata depan atau terluar. Bagian ini bertindak sebagai jendela dan juga sebagai jalan cahaya untuk masuk ke mata.
  6. Anterior Chamber, adalah kantung mirip dengan jeli yang letaknya berada tepat di belakang kornea mata atau lebih tepatnya di depan lensa mata. Di ruang anterior ada cairan yang disebut aqueous humor, yang digunakan untuk mengangkut nutrisi ke jaringan mata.
  7. Sklera, adalah bagian yang memiliki bentuk selaput putih keras dengan jaringan berserat yang menutupi semua bagian bola mata kita kecuali kornea mata. Ada juga otot di dalamnya yang berfungsi untuk menggerakkan mata yang menempel pada sklera.
  8. Lensa, adalah bagian mata yang berbentuk kain transparan dan teksturnya sangat elastis, yang letaknya berada di bagian belakang iris dan juga pupil, lebih tepatnya di bagian belakang kornea mata. Bagian ini digunakan untuk memfokuskan cahaya dan juga gambar pada retina mata kita.

Kelainan Pada Mata

Kelainan Pada Mata

Karena mata memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia, oleh karenanya kita sangat diharuskan untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai macam kelainan yang dapat menyerang mata.

Di bawah ini terdapat penjelasn-penjelasan dari berbagai macam kelainan yang dapat menyerang kesehatan mata, yaitu antara lain :

1. Ablasio

Ablasio merupakan suatu kondisi dimana retina sensoris lepas dari epitel pigmen retina (RIDE). Secara umum, penyakit ini terjadi karena retina mata mengalami kerusakan seperti robek atau berlubang yang menimbulkan terjadinya gangguan pada mata.

Gejala umum dari kondisi yang satu ini ketika melihat sebuah benda, maka benda tersebut akan nampak seperti melayang-layang di udara, dda kilatan cahaya, visibilitas berkurang dan ada semacam tirai parabola tipis yang perlahan-lahan naik dari bagian bawah bola mata dan akhirnya menutup.

2. Bufthalmus

Kondisi ini diklasifikasikan sebagai penyakit mata dengan peningkatan tekanan mata sejak lahir. Karena tekanan mata meningkat ini, menyebabkan bola mata bayi sangat besar. Keadaan ini sangat mengganggu kornea mata.

Pasien biasanya takut melihat cahaya, penyakit kelopak mata, kornea bengkak dan warna kornea keruh. Segera coba untuk mengurangi bendungan cairan mata, yang meningkatkan tekanan mata.

Cara mengatasi penyakit mata yang satu ini, yaitu dilakukan sesegera mungkin pembedahan sayatan (goniotomy) sehingga perkembangan mata dan ketajaman visual anak tidak semakin terganggu.

3. Blefaritis

Blepharitis adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada kelopak mata karena memproduksi minyak berlebihan. Tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa berlebihan.

Sayangnya, kelebihan minyak ini ditemukan di dekat kelopak mata, yang juga sering dikunjungi oleh bakteri, gejala blepharitis dapat berupa mata merah terasa sakit, gatal, panas, air, terdapat luka pada kelopak mata dan juga bengkak.

Secara umum, terdapat dua jenis dari kondisi blefaritis yaitu :

  • Blefaritis anterior yaitu peradangan yang terjadi pada bagian kelopak mata terluar atau lebih tepatnya sebagai tempat untuk tumbuhnya bulu mata yang disebabkan oleh bakteri Stafilokokus.
  • Blefaritis posterior yaitu peradangan yang terjadi pada bagian kelopak mata yang dalam, atau lebih tepatnya pada bagian kelopak mata yang bersentuhan secara langsung dengan mata yang disebabkan karena adanya kelainan yang terjadi pada kelenjar minyak.

4. Dakriosistitis

Dakriosistitis merupakan sebuah penyumbatan yang terjadi pada saluran nasolakrimal, saluran yang mengalirkan air mata ke bagian hidung. Adanya alergi lah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pada bagian saluran tersebut.

Penyakit mata dacryocystitis ini disebabkan oleh infeksi pada kantong-kantong di bawah mata yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan, bahkan ketika nanah keluar, pasien mengalami demam.

Infeksi ringan biasanya sembuh dengan cepat, walaupun masih ada pembengkakan, sedangkan infeksi yang tergolong serius dapat menyebabkan kemerahan dan penebalan pada kantung mata. Jika terus, nanah akan terbentuk.

Baca Juga :
Bagian – Bagian Mata
Bagian – Bagian Lidah Beserta Fungsinya
Bagian – Bagian Hidung

5. Endoftalmitis

Endophthalmitis adalah gangguan mata dalam bentuk infeksi yang terjadi pada mukosa internal mata, yang menyebabkan kerusakan bola mata. Gejalanya meliputi mata merah, nyeri dan bahkan tidak jarang menimbulkan masalah penglihatan.

Masalah penglihatan biasanya terjadi karena mata anak tertusuk oleh sesuatu yang keras seperti tongkat atau benda runcing lainnya. Infeksi ini cukup serius dan memerlukan perawatan segera karena dapat menyebabkan kebutaan.

6. Glaukoma

Glaukoma adalah kondisi yang ditandai dengan penglihatan yang mulai kabur dan juga pandangan lateral berkurang (lebar penglihatan berkurang). Sebelum retina dan saraf di mata rusak, masih ada peluang untuk memperbaikinya kembali.

Dengan melakukan perawatan yang tidak tepat, maka penyakit mata ini dapat menimbulkan masalah serius seperti kebutaan.

Penyakit ini disebabkan oleh fakta bahwa saluran cairan yang muncul dari bola mata terhalang sehingga bola mata melebar dan bola mata menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata, yang pada akhirnya mencegah saraf mata untuk menerima aliran darah, kemudian saraf mata mati.

7. Gonoblenorrhoe

Kondisi yang satu ini merupakan salah satu gangguan mata yang umumnya terjadi pada bayi karena sang ibu menderita kelainan gonore. Gonore juga dapat menyerang orang dewasa yang disebabkan karena infeksi dari tangan atau handuk.

Gejala pada gangguan gonoblenore ini yaitu ditunjukkan dengan mata bayi bengkak, bernanah serta tidak dapat membuka. Jika tidak diobati dengan segera, maka bola mata akan pecah dalam waktu 3 minggu dan menimbulkan kebutaan yang permanen.

8. Gangguan lensa mata

Penyakit atau gangguan yang menyerang penglihatan lainnya yaitu gangguan yang terjadi pada lensa mata. Kondisi ini dibedakan menjadi berbagai macam jenis, yaitu di antaranya adalah :

  • Miopi yaitu kondisi mata yang tidak bisa melihat objek yang letaknya cukup jauh dengan jelas.
  • Hyperopia yaitu kondisi mata yang tidak bisa melihat objek yang jaraknya cukup dekat dengan jelas.
  • Presbiopi yaitu kelainan secara fisik yang terjadi pada lensa mata yang mengakibatkan mata mengalami kesulitan untuk melihat dengan jarak dekat.
  • Astigmatisma yaitu kondisi yang ditandai dengan penglihatan kabur baik itu dalam jarak yang jauh ataupun dekat.
  • Amblyopia yaitu kondisi yang terjadi pada pusat penglihatan tidak berkembang dengan baik.
  • Strabismus yaitu salah satu kondisi mata yang disebut sebagai mata juling.
  • Silindris yaitu salah satu kondisi yang menyebabkan fokus benda terbelah menjadi dua bayangan.

9. Iridosiklitis

Iridosiklitis merupakan salah satu kondisi kelainan pada mata yang disebabkan oleh gigi berlubang. Gejala umum yang ditunjukkan dari penyakit ini yaitu mata merah, yang dianggap disebabkan oleh kotoran. Namun di dalam mata tidak terdapat kotoran seperti debu.

Oleh sebab itu, banyak sekali yang menyepelekan gejala dan gangguan penglihatan yang satu ini.

Kemudian, timbul rasa nyeri serta penglihatan mulai terganggu karena muncul bintik-bintik berwarna hitam yang melayang. Banyak sekali yang beranggapan bahwa ini merupakan penyakit normal dan dapat diobati dengan obat-obatan yang bebas.

10. Katarak

Katarak adalah kondisi kerusakan mata atau kelainan mata yang menyebabkan lensa reticulated dan rabun jauh, lensa mata keruh serta cahaya tidak bisa menembus. Gangguan ini sangat bervariasi dari sedikit hingga kabur sepenuhnya dan menghalangi jalur cahaya.

Pasien dengan penyakit mata katarak mengalami penglihatan kabur, penurunan ketajaman visual dan hilangnya sensitivitas kontras. Akibatnya, garis besar, warna bayangan dan penglihatan kurang jelas karena cahaya ditransmisikan ke mata melalui katarak.

F.A.Q

Bagaiamana cara menjaga kesehatan Mata?

1. Hindari menggunakan lensa kontak yang lebih dari 19 jam.
2. Hindari penggunaan obat tetes mata yang terlalu sering.
3. Usahakan jangan duduk terlalu lama didepan layar komputer.

Vitamin apa yang baik untuk Mata?

1. Beta-Karoten.
2. Flavonoid.
3. Asam lemak Omega-3.
4. Vitamin A, D, E dan juga Seng.

Buah apa yang baik untuk menjaga kesehatan Mata?

Terdapat berbagai macam buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata yaitu Jeruk, Buah Naga, Manggis, Nangka, Srikaya dan lain sebagainya.

Sekian ulasan singkat dalam pembahasan kali ini. Semoga artikel diatas bisa membantu kalian untuk semakin memperhatikan kesehatan mata.

Related posts: