Kegiatan Ekonomi

Posted on
Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak pernah luput dari yang namanya kegiatan ekonomi. Karena kegiatan ini harus dilakukan demi memnuhi kebutuhan hidup manusia didalam kehidupan sehari-hari.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara rinci mengenai Kegiatan Ekonomi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya, yaitu sebagai berikut.

Definisi Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi dapat dikatakan sebagai segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia didalam upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Dengan kata lain, Economic Activity adalah sebagai usaha yang dilakukan oleh seseorang didalam upaya untuk mencapai suatu tingkatan dari kesejahteraan atau kemakmuran didalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, beberapa contoh dari kegiatan ekonomi yang paling sering dilakukan oleh manusia terdiri dari kegiatan konsumsi, produksi dan juga distribusi.

Baca Juga : Pasar Monopolistik – Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri

Tujuan Dari Economic Activity

Tujuan utama dari kegiatan ekonomi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia didalam kehidupannya terutama didalam memenuhi kebutuhan primer.

Didalam upaya untuk mewujudkan tujuan dari kegiatan tersebut yang perlu dilakukan oleh seseorang atau perusahaan adalah memproduksi barang dan jasa, melakukan proses distribusi produk ataupun mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Macam Macam Economic Activity

Didalam Economic Activity tersebut, terdapat beberapa macam bentuk dari kegiatan tersebut, yaitu antara lain :

1. Kegiatan Produksi Barang Atau Jasa

Production activities adalah salah satu bentuk dari aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan tujuan agar dapat menghasilkan suatu produk, baik itu berupa barang atau jasa.

Dengan adanya kegiatan ini, sangat diharapkan bahwa barang dan jasa yang dihasilkan dapat digunakan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat atau konsumennya.

Seseorang yang menghasilkan barang dan juga jasa dapat disebut sebagai Produsen. Tidak hanya berusaha untuk terus memenuhi kebutuhan dari para Konsumennya, seorang Produsen juga memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut.

Selain hal tersebut, terdapat beberapa barang yang dihasilkan oleh Production Activities ini, yaitu sebagai berikut :

  • Raw goods (Barang mentah).
  • Half-cooked (Barang setengah jadi).
  • Finished goods (Barang jadi).

2. Distribution Activities

Kegiatan Distribusi adalah sebuah aktivitas yang digunakan untuk menyalurkan barang dan jasa yang sudah diproduksi oleh Produsen yang nantinya akan dipasarkan agar dapat digunakan oleh para Konsumen.

Tujuan utama dari adanya kegiatan ini adalah untuk memastikan apakah kegiatan produksi tersebut berjalan dengan baik atau tidak serta digunakan untuk memastikan produk tersebut diterima dengan baik oleh para konsumen.

Berikut ini terdapat beberapa aktivitas yang dilakukan oleh Kegiatan Distribusi ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Pembelian barang yang dihasilkan oleh Produsen.
  • Pengepakan Barang atau Pengemasan produk.
  • Pengangkutan barang yang sudah dikemas.
  • Penjualan ke para pedagang besar seperti toko grosir.
  • Penyimpanan barang di gudang.
  • Standarisasi mutu dari barang baru.
  • Klasifikasi produk-produk baru.
  • Promosi barang-barang baru.
  • Penyaluran produk-produk baru.

Baca Juga : Pasar Modal – Pengertian, Fungsi, Manfaat, Peran dan Instrumen

3. Kegiatan Konsumsi Barang Atau Jasa

Kegiatan Konsumsi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh para konsumen didalam menggunakan produk barang atau jasa yang sudah dihasilkan oleh seorang produsen.

Tujuan dari para konsumen dari kegiatan ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani serta pemakaian dari kegunaan produk sekaligus. Contoh dari kegiatan ini, yaitu seperti :

  • Pada saat makan diwarung nasi atau warteg.
  • Membeli cemilan di warung atau mini market.
  • Membeli pakaian model terbaru di toko atau mall.
  • Memesan gadget terbaru di konter atau mall.
  • Menggunakan atau membayar jasa pangkas rambut.
  • Menggunakan jasa puskesmas untuk berobat.
  • Memakai jasa sedot wc jika bermasalah.
  • Memakai jasa tukang kebun.
  • Menggunakan jasa servis barang-barang elektronik dan masih banyak lagi.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Terdapat beberapa aktivitas dari Economic Activity yang dikerjakan oleh sebagian besar masyarakat yang ada Indonesia, untuk mengetahui hal tersebut, maka simak uraian yang ada di bawah ini yaitu :

1. Trading (Perdagangan)

Dijaman yang sudah semakin maju ini kegiatan perdagangan sudah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menjanjikan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Bahkan, dari berbagai jenis perdagangan yang ada di Indonesia justru kita dapat membuat berbagai macam inovasi baru yang berasal dari beberapa produk didalam negeri melalui proses perdagangan yang sangat menguntungkan bagi setiap masyarakat yang melakukan sebuah transaksi.

2. Industry (Perindustrian)

Perindustrian ini memiliki ruang lingkup yang terbilang cukup luas didalam upaya untuk mengolah suatu produk yang berbahan mentah yang kemudian dijadikan sebagai produk yang siap pakai.

Di Indonesia sendiri memang sudah banyak sekali jenis dari Perusahaan Perindustrian yang akan memenuhi segala Kebutuhan Ekonomi bagi masyarakat yang ada di Indonesia ataupun luar negeri.

3. Pertanian dan Peternakan

Bidang pertanian dan juga peternakan menjadi salah satu bentuk dari Economic Activity yang sangat terkenal di Indonesia. Sebab Indonesia adalah negara agraris, dimana sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan mengurus hewan ternak.

Kedua bidang tersebut sangat memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat yang menggeluti bidang ini. Sebab bidang ini akan menghasilkan beberapa kebutuhan hidup manusia seperti, menghasilkan hewan ternak, beras, gandum dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perbedaan Ekonomi Makro Dan Mikro

Apa yang dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

Kegiatan Ekonomi dapat dikatakan sebagai segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia didalam upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Apa yang dimaksud dengan Perinsip Kegiatan Ekonomi?

Prinsip Kegiatan Ekonomi adalah panduan atau pedoman yang dipakai didalam melaksanakan berbagai macam Economic Activity dimana terdapat beberapa asas pengorbanan dalam memperoleh hasil yang sempurna.

Apa saja yang termasuk kedalam Prinsip Kegiatan Ekonomi?

1. Rasional.
2. Ekonomis.
3. Hemat.
4. Memiliki skala prioritas.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Kegiatan Ekonomi. Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan baru bagi kita semua.