Kebugaran Jasmani

Posted on

Kebugaran Jasmani – Kebugaran jasmani merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia agar dapat melaksanakan segala aktifitas didalam kehidupan sehari-hari dengan efektif dan juga seefisien mungkin.

Sehingga nantinya akan mampu menciptakan kehidupan yang sangat berkualitas sebagai seorang manusia. Semakin baik kebugaran jasmani yang dimiliki seseorang, maka akan semakin kuat pula fisik atau daya tahan tubuh yang dimiliki seseorang.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Kebugaran Jasmani beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Kebugaran Jasmani

Definisi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan yang dimiliki oleh tubuh seseorang untuk melakukan berbagai macam aktivitas tanpa mengalami rasa lelah yang sangat berlebihan dan tetap memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lainbya.

Secara umum, tubuh seseorang dapat dikatakan mempunyai kebugaran jasmani apabila memiliki dua klasifikasi dibawah ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Sehat, yaitu salah satu kondisi atau keadaan dimana fisik dan juga psikis seseorang terbebas dari segala macam penyakit.
  • Bugar, yaitu salah satu kondisi atau keadaan dimana tubuh seseorang mampu melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari secara maksimal tanpa kelelahan yang berlebihan, dan masih memiliki cadangan tenaga.

Baca Juga : Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat

Konsep Dari Physical Fitness

Kebugaran Jasmani yang dimiliki oleh tubuh seseorang tidak hanya menggambarkan unsur kesehatan saja. Melainkan, dapat dilihat dari cara seseorang melakukan kegiatannya didalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat 3 hal penting yang ada didalam kebugaran jasmani, yaitu sebagai berikut :

  1. Fisik, adalah salah satu hal yang berhubungan erat dengan otot, tulang, dan juga bagian lemak yang ada didalam tubuh seseorang.
  2. Fungsi Organ, yaitu hal-hal yang berkaitan erat dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, dan juga paru-paru manusia.
  3. Respon Otot, yaitu suatu hal yang berkaitan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan, dan kekuatan dari tubuh seseorang.

Kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh setiap orang pasti sangat berbeda-beda, tergantung dari sifat dan tantangan fisik yang dihadapinya.

Unsur – Unsur Physical Fitness

Terdapat beberapa unsur yang digunakan untuk mengukur seseorang memiliki kebugaran jasmani yang baik atau tidak, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah waktu yang diperlukan oleh seseorang untuk melakukan gerakan yang berbeda-beda secara terus-menerus. Semakin kecil waktu yang diperlukan maka dapat dikatakan bahwa seseorang tersebut, mempunyai tingkat kecepatan yang sangat baik.

Secara umum, Kecepatan terbagi menjadi 3 macam, yaitu kecepatan sprint, kecepatan reaksi, dan juga kecepatan dalam bergerak. Terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kecepatan, diantaranya adalah :Waktu reaksi.

  • Kemampuan seseorang untuk menahan tahanan luar.
  • Teknik
  • Keelastisitasan otot seseorang.
  • Konsentrasi dan kemauan
  • Keturunan.
  • Waktu reaksi.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melatih kecepatan seseorang, diantaranya adalah :

  • Berlari cepat dengan jarak 40-60 meter.
  • Berlari untuk naik turun tangga atau bukit.
  • Lari multistage.

2. Kekuatan (Strength)

Kekuatan merupakan kondisi dimana tubuh seseorang dapat menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaganya ketika melakukan berbagai macam aktifitas fisik. Daya tahan atau kekuatan menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam setiap aktifitas olahraga, sebab dapat mencegah resiko cedera.

Kemampuan otot yang baik bisa didapatkan dengan cara rutin melaksanakan latihan secara konsisten. Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan tubuh kita, yaitu antara lain :

  • Angkat beban, salah satu latihan yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot lengan.
  • Push up, berfungsi untuk melatih kekuatan otot lengan.
  • Sit up, adalah salah satu kegiatan yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot perut.
  • Back up, adalah salah satu kegiatan yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot perut.
  • Squat jump, adalah salah satu kegiatan yang berfungsi untuk melatih kekuatan tungkai kaki dan juga otot perut.

3. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan adalah kondisi dimana tubuh seseorang memiliki kemampuan untuk menggerakkan seluruh tubuhnya dalam jangka waktu yang cukup lama dan tempo yang berbeda-beda secara efektif dan juga efisien serta tidak merasakan sakit dan lelah yang berlebihan.

Untuk melatih daya tahan tubuh, kita hanya butuh melakukan olahraga ringan saja seperti lari dan juga jogging secara teratur dan minimal selama 30 menit setiap harinya.

4. Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot adalah kemampuan tubuh seseorang didalam menggunakan kekuatan secara maksimum yang dilaksanakan dalam jangka waktu yang se-singkat-singkatnya.

Ada beberapa macam latihan yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut :

  • Vertical jump, adalah salah satu latihan yang berfungsi untuk melatih daya ledak otot tungkai.
  • Front jump, adalah salah satu latihan yang berfungsi untuk melatih kemampuan otot betis dan juga otot tungkai.
  • Side jump, adalah salah satu latihan yang berfungsi untuk melatih daya ledak otot tungkai dan juga paha.

5. Daya Lentur (Flexibility)

Daya lentur adalah salah satu kondisi yang dapat dilihat pada keefektivitasan tubuh manusia didalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau aktivitas yang hanya mengandalkan kelenturan tubuh manusia.

Jika kalian ingin melatih kelenturan atau kefleksibilitasan tubuh, kita dapat melakukan senam, yoga dan juga renang secara teratur.

Baca Juga : Lompat Jangkit – Makalah, Teknik, Gaya, Lapangan, Sejarah, Peraturan

6. Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah salah satu kondisi dimana tubuh seseorang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan posisi tubuh yang bergantian seperti dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan.

Cabang olahraga yang membutuhkan kelincahan tubuh yaitu diantaranya adalah sepak bola dan juga bulu tangkis. Bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk melatih kelincahan ini dengan cara lari zig-zag dan juga naik-turun anak tangga.

7. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah salah satu kondisi dimana tubuh seseorang memiliki kemampuan untuk mengendalikan organ dan juga syaraf otot, sehingga dapat mengontrol gerakan tubuh dengan baik.

Cabang olahraga yang sangat mengandalkan keseimbangan adalah Senam dan juga loncat. Untuk melatih keseimbangan dapat dilakukan dengan beberapa macam latihan seperti sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan juga berdiri dengan tangan sebagai tumpuannya.

8. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi adalah salah satu kondisi dimana tubuh seseorang memiliki kemampuan dalam menyatukan gerakan tubuh yang berbeda ke dalam satu gerakan yang sangat efektif.

Bentuk latihan yangdapat dilakukan untuk melatih koordinasi yaitu dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan menggunakan tangan kanan dan menangkapnya menggunakan tangan kiri.

Latihan ini sangat membutuhkan kemampuan gerak insting yang sangat kuat dan juga membutuhkan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi.

9. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan adalah kemampuan tubuh seseorang dalam mengontrol berbagai macam gerakan terhadap sasaran yang hendak dituju. Cabang olahraga yang mengandalkan ketepatan adalah memanah, bowling, billiard dan juga latihan menembak. 

Bentuk latihan yang dapat dilaksanakan untuk melatih ketepatan adalah memasukkan bola dalam keranjang, melempar salah satu botol yang disusun secara sejajar, memanah bauh apel yang diletakkan diatas botol.

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah kemampuan tubuh seseorang untuk memberikan tanggapan dengan cepat terhadap rangsangan yang diberikan oleh objek atau orang lain. Sebagian besar jenis olah raga yang mengandalkan kemampuan reaksi, adalah reaksi untuk menyerang, menghindar, dan juga bertahan.

Manfaat Dari Kebugaran Jasmani

Terdapat beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh jika kita memiliki tingkat kebugaran jasmansi yang sangat baik, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mampu meningkatkan sirkulasi darah dan juga sistem kerja jantung dalam tubuh.
  2. Bermanfaat untuk menambah stamina dan juga kakuatan tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih energik.
  3. Memiliki kemampuan untuk memulihkan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
  4. Mempunyai kemampaun respon tubuh yang tepat dan cepat.
  5. Mampu mengurangi tingkat risiko obesitas yang tinggi.

Baca Juga : Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan

Bagaimana cara melakukan kegiatan back up yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian tengah?

1. Lakukan dengan posisi tidur telungkup.
2. Posisi badan serta kaki harus lurus dan sejajar, sambil kedua siku ditekuk dan juga ujung tangan memegang pelipis kanan serta kiri.
3. Gerakkan badan keatas dan kebawah, dimana kedua kaki tetap dalam posisi lurus menempel pada lantai.
4. Lakukan kegiatan ini secara berulang-ulang sesuai kemampuan yang anda miliki.

Apa saja Tes yang dapat dilakukan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki oleh seseorang?

1. Pengecekan Denyut Nadi Maksimal (DNM).
2. Pengecekan Harvard Step Test.
3. Tes dengan lari cepat yang berjarak 60 meter.
4. Tes dengan menggunakan latihan pull up.
5. Tes menggunakan latihan sit up.

Kebugaran Jasmani dapat mencegah beberapa resiko penyekit seperti?

Kebugaran jasmani dapat digunakan untuk mencegah beberapa resiko penyekit seperti Mencegah Obesitas, Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes, Penyakit Kanker, dan juga Osteoporosis.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga membantu dan juga bermanfaat untu kita semua.