Kebiasaan Orang Maluku

Posted on

Kebiasaan Orang Maluku – Sebagai salah satu wilayah Indonesia yang memiliki bentang alam berupa kepulauan yang sangat luas, Maluku adalah salah satu wilayah yang terletak dibagian timur Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri.

Kebiasaan Orang Maluku

Mulai dari adat istiadat, kebiasaan, budaya hingga karakter yang dimiliki oleh masyarakatnya yang begitu khas. Suatu karakter dan juga budaya akan terbentuk berdasarkan dengan kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, kondisi dari bentang alam pun sangat mempengaruhi sebuah kebudayaan yang ada di suatu daerah. Begitu juga yang dimiliki oleh orang-orang Maluku. 

Dalam ulasan kali ini, Rumus.co.id akan menjabarkan mengenai Kebiasaan yang dilakukan oleh orang Maluku. Yuk simak penjabarannya…

Kebiasaan Orang Maluku

Dibawah ini terdapat penjabaran mengenai kebiasaan dan juga adat istiadat yang dilakukan oleh masyarakat Maluku dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. Memiliki Senyum yang Sangat Khas

Maluku sangat terkenal dengan senyum khasnya, mereka juga sangat akrab dengan karakternya yang murah senyum. Meski sering dianggap memiliki wajah yang menakutkan, akan tetapi senyum yang mereka miliki benar-benar tulus dan juga terlihat sangat manis.

Karakter itu memang dimiliki oleh sebagian besar orang Maluku, sehingga menjadi salah satu ciri khas dari mereka.

2. Mempunyai Tubuh yang Atletis

Masyarakat Maluku umumnya memiliki ciri-ciri tubuh yang berkulit hitam gelap, berambut ikal, hingga memiliki kerangka tulang yang sangat kuat dan juga besar.

Dengan ciri khas yang sudah disebutkan di atas, maka jika dilihat secara fisik mereka memiliki bentuk tubuh yang lebih tegap serta atletis daripada dengan suku lain yang ada di Indonesia.

Hal ini mungkin juga disebabkan oleh kondisi alam dari Pulau Maluku yang terdiri dari kepulauan. Oleh sebab itu, mereka terbiasa melakukan kegiatan fisik seperti berenang dan juga berlayar yang dapat mendukung untuk membentuk tubuh mereka.

Baca Juga :
Kebiasaan Orang Bali
Kebiasaan Orang Jawa
Suku yang Ada Di Indonesia

3. Memiliki Suara yang Sangat Nyaring

Dari segi suaranya, Maluku terkenal dengan ciri khas suaranya yang sangat nyaring. Apalagi ketika mereka sedang mengobrol, maka hal tersebut terlihat seperti sedang berteriak. Sebaliknya, suaranya yang nyaring merupakan hal yang wajar yang sering dipakai mereka untuk komunikasi.

Mereka memang memiliki volume suara yang sangat tinggi, sehingga ketika mereka sedang bercengkrama terlihat seperti orang sedang marah. Namun, sebenarnya mereka tidak sedang marah sama sekali.

4. Tidak Memiliki Rasa Takut

Banyak yang bilang bahwa masyarakat Maluku terkenal dengan karakternya yang sangat pemberani. Kami tentu sangat mengetahui bahwa betapa beraninya Thomas Matulessy atau Pattimura ketika berperang melawan penjajah.

Orang Maluku dikenal berani baik itu sendirian maupun bersama. Terlebih lagi jika kebenaran yang mereka perjuangkan, maka mereka akan menunjukkan keberanian yang mereka miliki secara keseluruhan.

5. Mudah Sayang dengan Orang Lain

Masyarakat Maluku memiliki tingkat idealisme yang cukup tinggi, terutama dalam hal cinta dan juga keluarga.

Meskipun di daerah yang berbeda, mereka biasanya akan terlalu mencintai orang lain yang dianggapnya sangat dekat, baik itu persahabatan, persaudaraan atau dalam hubungan romantis.

6. Mempunyai Kontrol Emosi yang Sangat Baik

Masyarakat Maluku memang terkenal tidak langsung emosi pada saat sedang menghadapi suatu permasalahan. Karena, sebelumnya mereka akan mengeluarkan ultimatum sebanyak dua kali sebelum melepaskan kemarahan mereka.

Kebiasaan ini berlaku untuk orang tua terhadap orang yang lebih muda atau sesama kalangan yang muda.

Jika ada yang melakukan kesalahan terhadap masyarakat Maluku, maka sebagian besar orang Maluku akan segera memberikan maaf. Tetapi jika itu sudah diulang untuk ketiga kalinya, mereka kemudian akan marah.

7. Sangat Suka Memasak

Baik itu remaja, dewasa hingga ke orang tua, mereka semuanya gemar dan sangat lihai memasak. Kenyataannya, tidak banyak orang tahu bahwa sebagian besar Maluku memiliki hobi dan mereka juga tahu cara memasak dengan sangat baik.

Memasak bukanlah tradisi bagi mereka, tetapi hal tersebut merupakan keterampilan khusus yang memang harus dimiliki. Jika terdapat masyarakat Maluku yang tidak tahu cara memasak dengan baik, mereka akan “dipuji” oleh orang Maluku lainnya. Ya, terutama perempuan lokal Maluku.

8. Makan Pisang Goreng Dengan Minum Teh

Masyarakat Maluku sangat suka memakan pisang goreng yang ditemani dengan teh hangat manis. Menurut mereka, kebiasaan ini tentunya sudah tertanam sejak jaman dahulu. Kebiasaan ini umumnya akan dilakukan setiap kali ada kesempatan.

Misalnya seperti sedang Bersantai, menjamu tamu dan lain sebagainya. Biasanya, pisang goreng dengan teh manis akan dikonsumsi di pagi hari dan juga sore hari.

F.A.Q

Kebudayaan apa saja yang ada di Maluku?

1. Budaya Kalwedo
2. Budaya Hawear
3. Pukul Sapu
4. Makan Patita
5. Malam Badendang
6. Upacara Fangnea Kidabela
7. Budaya Arumbae

Makanan khas orang Maluku adalah?

1. Papeda.
2. Ikan Kuah Pala Banda.
3. Nasi Lapola.
4. Kohu kohu dengan kasbi rebus.
5. Talam Sagu Bakar.
6. Sambal Colo Colo. Dan masih banyak lagi.

Pakaian Adat Maluku yaitu?

1. Baju Cele adalah kain tebal namun tetap nyaman digunakan. Umumnya kain ini berwarna merah cerah dengan garis-garis berwarna perak atau emas.
2. Kebaya Putih Lengan Panjang adalah sebuah pakaian wanita yang terbuat dari bahan brokat yang digunakan oleh kalangan tertentu seperti guru, perempuan bangsawan dan juga kerajaan.
3. Baju Nona Rok adalah pakaian adat yang terbuat dari bahan brokat dengan tekstur yang sangat halus dan dilengkapi dengan rok yang memiliki motif bunga.

Nah, itu dia sekilas informasi mengenai Kebiasaan Orang Maluku. Semoga ulasan ini menjadi wawasan baru ya untuk kita semua.