Kebiasaan Orang Jawa

Posted on

Kebiasaan Orang Jawa – Indonesia adalah negara yang terdiri lebih dari 1.300 suku dari Sabang hingga ke Merauke dengan 300 kelompok etnis. Dari ribuan suku tersebut, Jawa adalah kelompok etnis terbesar yang menghuni Indonesia serta mewakili 41% dari total populasi yang ada.

Kebiasaan Orang Jawa

Mereka tidak hanya tersebar di satu pulau saja, tetapi etnis ini tersebar di banyak pulau yang ada di Indonesia. Sehingga tak heran, jika dimanapun kalian berkunjung, maka kita sangat mudah untuk menemui orang Jawa.

Sama seperti Orang Sunda, bahwa Orang jawa juga memiliki kebiasaan dan juga adat istiadat yang berbeda dengan suku lainnya. Mereka sangat terkenal dengan menjunjung tinggi kesopanan, kelembutan dan juga tatakrama.

Berikut ini merupakan kebiasaan dan adat istiadat yang dimiliki oleh Suku Jawa, yuk kita simak penjelasannya.

Kebiasaan Orang Jawa

Dibawah ini terdapat beberapa sifat serta kebiasaan yang dimiliki oleh orang yang berasal dari suku Jawa, ya meskipun tidak semuanya memiliki sifat dan kebiasaan berikut ini, yaitu :

1. Pemalu, Sungkan Dan Suka Menyapa

Tentunya kalian pernah bertemu dengan orang yang berasal dari Suku Jawa, nah pada saat berpapasan mereka hanya akan senyum-senyum dan juga ngangguk saja.

Sebab,pada dasarnya orang Jawa merupakan orang yang sangat pemalu serta sungkan, terlebih lagi jika mereka berada di dalam lingkungan yang baru.

Tidak hanya itu saja, meskipun mereka sangat pemalu, namun mereka senang sekali menyapa orang-orang yang berpapasan dengan mereka, akan tetapi jarang berani untuk memulai percakapan.

2. Tidak Suka Mencari Masalah

Di dalam kehidupan sosial, mayoritas dari orang Jawa mempunyai sifat yang suka mengalah, hal ini mereka lakukan untuk menghindari permasalahan.

Mereka lebih suka mengalah bukan karena mereka takut, akan tetapi mereka tidak suka adanya pertikaian. Tentunya sifat yang satu ini mempunyai nilai tambah tersendiri, terlebih lagi di dalam kehidupan berpasang-pasangan.

Baca Juga :
Kebiasaan Orang Sunda
Contoh Budaya Politik
Integrasi Sosial

3. Sangat Menjunjung Tinggi Etika dan Kesopanan

Mayoritas orang Jawa itu sangat menjunjung tinggi sopan santun, baik itu terhadap orang-orang yang umurnya lebih tua atau terhadap sesama. Tidak hanya itu saja, mereka juga sangat pintar menjaga etika saat sedang berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Mereka juga sering merundukan badan saat hendak berjalan melewati orang yang jauh lebih tua, dan hal ini sudah dijadikan kebiasaan bagi semua masyarakat Jawa sebagai bentuk dari penghormatan, tata krama, serta sopan santun. 

4. Pekerja Keras dan Juga Penurut

Jika dilihat di dalam ruang lingkup perusahaan, orang Jawa merupakan para pekerja yang sangat terbaik. Sebab, mereka selalu mengerjakan apa yang sudah menjadi pekerjaan mereka tanpa mengeluh serta selalu berdedikasi tinggi dengan apa yang sudah menjadi beban mereka.

Sebagian besar dari orang Jawa sangat disiplin dalam waktu dan juga mereka tidak pernah melakukan hal-hal yang neko-neko di dalam kehidupannya.

Misalnya, saat mendapatkan gaji dari hasil keringat mereka, mereka jarang menggunakan uang tersebut untuk membeli segala sesuatu yang dirasa tidak penting.

5. Memiliki Filosofi Hidup Yang Mengalir Seperti Air

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bawah orang Jawa tidak pernah neko-neko dan mereka mempunyai prinsip yang mengalir layaknya seperti air, hal ini tentunya sudah menjadi karakter tersendiri bagi orang Jawa.

Kebanyakan dari mereka tidak terlalu memikirkan beban hidup yang sedang mereka hadapi. Asalkan usaha mereka sudah berjalan, bisa mengurus keluarga mereka dan tidak punya hutang, mereka sudah sangat bersyukur.

Mereka selalu berprinsip bahwa hidup itu tidak perlu dipusingkan, hidup itu yang untuk dijalani. Itulah filosofi dari kebanyakan yang dipegang teguh oleh orang Jawa.

6. Selalu Berusaha Menerima Apa Adanya

Hal lain yang banyak disukai oleh orang-orang dari Suku Jawa ini yaitu sikapnya yang suka menerima apa adanya, khususnya di dalam hal asmara. Mereka selalu berusaha menerima semua keadaan dari pasangan mereka.

Asalkan mereka sudah saling suka dan juga merasa sangat cocok. Ya, langkah selanjutnya adalah langsung menikah dan membangun rumah tangga yang Sakinah, Mawadah, Warahmah.

7. Gaya dan juga Nada Bicaranya Sangat Sopan 

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Bahasa Jawa merupakan bahasa yang mempunyai logat sangat halus, sedang dan juga kasar. Orang Jawa, khususnya yang berasal dari wilayah Yogyakarta dan juga Solo sangat terkenal dengan kehalusan serta kelembutan saat berbicara.

Hal ini sangat berbeda dengan orang Jawa yang berada di bagian Timur dan juga pesisir, yang bahasa dalam berbicaranya agak sedikit kasar dan juga keras.

F.A.Q

Suku Jawa adalah?

Suku Jawa adalah kelompok etnis terbesar yang ada di Indonesia dan tersebar di beberapa Provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten atau Kota Serang-Cilegon. Tahun 2010, setidaknya sudah ada 40,22% dari populasi yang ada di Indonesia adalah orang Jawa.

Makanan Khas Orang Jawa adalah?

1. Gudeg.
2. Gethuk
3. Oseng Mercon
4. Lumpia Semarang
5. Mie Lethek
6. Tempe Bacem, dan masih banyak lagi.

Pakaian Adat Jawa adalah?

1. Kebaya.
2. Jawi Jangkep.
3. Beskap.
4. Surjan.
5. Kanigaran.
6. Basahan.
7. Batik.

Demikianlah ulasan ringkas dari informasi kali ini tentang Kebiasaan Orang Jawa. Semoga membantu yaaa.. 🙂

Related posts: