Kebiasaan Orang Betawi

Posted on

Kebiasaan Orang Betawi – Sejak Indonesia merdeka, negara kita ini sudah dikenal sebagai negara multikultural yang terdiri dari beribu suku bangsa dengan berbagai macam budaya dan juga adat istiadat yang berbeda-beda namun tetap satu jua.

Kebiasaan Orang Betawi

Salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia dan mempunyai kebiasaan serta adat istiadat yang sangat khas yaitu suku Betawi. Suku Betawi ini umumnya menghuni provinsi DKI Jakarta, dan merupakan keturunan penduduk yang sudah menghuni Batavia sejak abad ke-17.

Suku Betawi merupakan salah satu suku yang dikenal mempunyai budaya dan kebiasaan yang sangat unik dan mungkin masih banyak yang belum diketahui. Berikut ini Rumus.co.id akan menyajikan kebiasaan dari orang betawi yang membuat Anda semakin terpesona.

Kebiasaan Orang Betawi

Berikut ini merupakan kebiasaan dan juga adat istiadat yang sering dilakukan oleh Orang Betawi, meskipun hanya sebagian besar saja yang masih melakukan kebiasaan dan adat istiadat tersebut, yaitu :

1. Gaya Bicaranya yang Ceplas Ceplos

Kebiasaan dari Orang Betawi yang pertama yaitu tentang gaya bicaranya, dimana banyak orang yang mengakui bahwa kebiasaan dari orang Betawi dalam kehidupan sehari-hari yaitu gaya bicaranya yang ceplas ceplos.

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Betawi untuk berbicara apa adanya dan langsung kepada masalah utama yang sedang dibahas, atau tidak berbasa basi seperti kebiasaan orang-orang di daerah lain.

Namun banyak yang menilai bahwa kebiasaan dari orang betawi yang satu ini terkadang terlihat agak kasar, namun ya beginilah kebiasaan dari orang Betawi sejak dahulu kala.

2. Tidak Suka Pergi Merantau

Suku Betawi adalah sekelompok masyarakat yang terkenal tidak suka bekerja di daerah perantauan. Tentunya, terdapat beberapa hal yang memicu terjadinya kebiasaan ini, misalnya seperti kemampuan ekonomi dan juga memiliki rasa persaudaraan yang kuat.

Orang Betawi lebih suka bekerja di dalam kawasannya sendiri yang tidak harus pergi jauh-jauh dari keluarga, terlebih lagi Jakarta adalah ibukota dari negara Indonesia, yang mana sebagai pusat ekonomi dan juga pemerintahan Indonesia.

Baca Juga :
Kebiasaan Orang Jawa
Kebiasaan Orang Sunda
3 Tipe Budaya Politik

3. Mempunyai Jiwa Toleransi Tinggi

Masyarakat suku Betawi terdiri dari orang-orang yang multietnis dengan adat yang berbeda-beda. Sehingga orang betawi dapat hidup bersama secara damai dan tanpa adanya konflik di antara semua keragaman yang telah lama ada ini.

Bagi orang-orang Betawi, sikap toleransi terhadap perbedaan memang harus ditingkatkan guna menciptakan kehidupan sosial yang harmonis dan juga damai.

4. Sangat Lihai dalam Pencak Silat

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri asli bangsa Indonesia yang terkenal ke seluruh negara. Seni bela diri yang satu ini sangat digandrungi oleh orang Betawi karena digunakan sebagai sarana bela diri.

Orang-orang yang pandai Pencak Silat di suku Betawi ini disebut sebagai Jawara. Alunan Betaca Pencak Silat sedikit berbeda dari gerakan tangan berdasarkan pertempuran jarak dekat.

5. Tradisi Nganter

Kata Nganter di dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yang disebut sebagai mengantarkan, bisa berupa mengantar makanan atau yang lainnya. Di dalam kehidupan orang Betawi terdapat tradisi nganter yang umumnya dilakukan pada bulan puasa.

Seseorang yang membuat sebuah masakan tertentu akan nganter masakan tersebut kepada para tetangga atau kerabat terdekat. Namun uniknya, orang yang memperoleh makanan akan membalasnya dengan memberikan makanan yang dibuatnya.

6. Musik Tanjidor 

Tanjidor adalah salah satu tradisi khas dari orang Betawi yang awalnya berasal dari Portugis. Dimana, Tanjidor adalah sebuah alat musik yang memiliki dawai cukup unik serta mungkin saja hanya dapat dijumpai di Jakarta.

Akan tetapi saat ini, tanjidor hanya akan dimainkan ketika sedang mengadakan acara-acara tertentu saja bagi orang betawi seperti acara pernikahan.

7. Tradisi Ondel – Ondel

Selain tradisi musik tanjidor, tradisi orang betawi berikutnya adalah Ondel – Ondel. Tradisi yang satu ini memang masih dapat anda jumpai dengan mudah di wilayah kampung betawi. Boneka besar dari Betawi ini mulanya mempunyai nama barongan.

Namun seiring berjalannya waktu, nama barongan tersebut berubah menjadi Ondel – Ondel. Hal ini dikarenakan ada seorang penyanyi asli betawi yang menyanyikan sebuah lagu berjudul Ondel – Ondel.

Umumnya, tradisi ondel-ondel ini akan dimainkan bersamaan dengan musik tanjidor sebagai pengiringnya.

8. Roti Buaya 

Tradisi yang masih dapat kita jumpai selanjutnya yaitu Roti Buaya. Pastinya kalian sudah tak asing ketika mendengar roti buaya bukan? Ya, roti yang satu ini memang tidak pernah lepas dari tradisi orang betawi ketika sedang mengadakan pernikahan. 

Sebab roti buaya ini memang digunakan untuk melambangkan kesetiaan. Hal ini tentunya karena buaya adalah hewan yang sangat setia. Sebab, mereka hanya melakukan perkawinan sebanyak satu kali dalam seumur hidup.

Di dalam pernikahan, umumnya roti buaya ini mempunyai ukuran yang sangat besar mulai dari 50 cm hingga mencapai 100 cm.

F.A.Q

Suku Betawi adalah?

Suku Betawi merupakan suku bangsa Indonesia yang sebagian besar penduduknya bermukim di Jakarta. Mereka merupakan keturunan dari penduduk yang sudah tinggal di Batavia sejak abad ke-17.

Makanan Khas dari Suku Betawi adalah?

1. Kerak Telor
2. Semur Jengkol
3. Soto Betawi
4. Roti Buaya
5. Asinan Betawi
6. Kue Cucur
7. Putu Mayang, dan lain sebagainya.

Rumah – rumah adat Betawi yaitu?

1. Gadang Betawi
2. Joglo Betawi.
3. Rumah Kebaya

Demikianlah pembahasan dalam artikel kali ini tentang Kebiasaan Orang Betawi. Semoga bermanfaat ya teman-teman.