Kebiasaan Orang Bali

Posted on

Kebiasaan Orang Bali – Salah satu daerah yang menjadi tujuan dari destinasi wisata masyarakat atau orang yang berasal dari mancanegara adalah Pulau Bali.

Kebiasaan Orang Bali

Pulau yang dikenal dengan Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura ini tidak hanya memiliki keindahan alam saja, akan tetapi Pulau Bali juga mempunyai kebudayaan dan adat istiadat yang membuat para turis cinta dengan Pulau Bali.

Sejak puluhan tahun yang lalu sudah menjadi destinasi tujuan wisata internasional, hal ini yang kemudian membuat orang Pulau Dewata Bali menjadi masyarakat yang dapat memberikan kenyamanan bagi para wisatawannya.

Dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan men-jabarkan tentang kebiasaan dan juga adat istiadat yang dimiliki oleh Orang Bali.

Kebiasaan Orang Bali

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh

1. Menjunjung Tinggi Adat & Budaya

Meskipun terus-menerus dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah dan negara dengan budaya dan juga sifat yang berbeda-beda. Namun orang Bali tidak mudah hanyut serta melupakan adat dan juga kebudayaannya.

Karena orang Bali masih mempertahankan adat dan juga budaya yang mereka miliki, seperti budaya pernikahan yang disebut Pawiwahan, upacara Ngaben serta budaya memotong gigi yang dikenal dengan Mapandes.

Kebiasaan dan kebudayaan inilah yang menjadi keunikan tersendiri dan membuat turis asing yang datang ke Pulau Bali ini betah karena hal-hal tersebut tidak akan didapatkan di daerah asalnya.

2. Selalu Berprinsip Bahwa Tamu adalah Raja

Masyarakat Bali selalu memiliki prinsip dan menganggap bahwa tamu atau turis yang datang ke wilayah mereka tersebut sebagai raja yang senantiasa selalu dilayani dan juga dihormati.

Sikap ini sudah terbentuk sejak bertahun-tahun lalu dari awal Bali dijadikan sebagai destinasi wisata hingga saat ini tidak pernah berubah.

3. Selalu Memiliki Kamar Kosong

Nah, bagi Anda yang sudah berencana untuk mengunjungi Pulau Bali, jangan khawatir jika Anda tidak menemukan kamar hotel atau akomodasi yang murah.

Cobalah untuk berani meminta izin dari pemilik salah satu rumah masyarakat di pulau Bali, terutama di daerah wisata. Mereka akan dengan senang hati menyediakan akomodasi untuk satu atau dua hari.

Hal tersebut tentunya sejalan dengan salah satu ciri sifat mereka, yaitu belog polos, yang berarti mengajak orang asing untuk masuk tanpa adanya pertimbangan. Akan tetapi Anda masih harus menjaga tingkah dan perilaku Anda.

Baca Juga :
Kebiasaan Orang Sunda
3 Tipe Budaya Politik
Suku yang Ada Di Indonesia

4. Murah Senyum

Masyarakat Bali sangat terkenal sebagai pribadi yang ramah dan juga murah senyum. Namun, sebenarnya tak hanya di Bali saja, sikap murah senyum ini juga dimiliki oleh masyarakat yang berada di wilayah lain.

Akan tetapi, ketika semakin banyak turis tiba di pulau para dewa, sebagian besar wisatawan asing menganggap bahwa orang Bali dan juga semua orang Indonesia sangat ramah serta murah senyum.

5. Berubah Menjadi Sangat Sepi Ketika Nyepi

Setiap satu tahun sekali masyarakat bali merayakan hari raya Nyepi yang dirayakan oleh umat Hindu. Karena mayoritas dari penduduk yang ada di Pulau Dewata menganut agama Hindu, hal ini lah yang membuat perayaannya semakin terasa.

Ketika perayaan Nyepi datang, maka Pulau Dewata akan benar-benar terasa sepi. Mulai dari rumah, perkantoran, jalanan, pasar hingga tempat-tempat wisata.

Umat Hindu yang ada di Bali tidak akan keluar rumah serta melakukan aktivitas seperti biasanya ketika Nyepi. Bahkan mereka juga memiliki polisi adat yang bertugas untuk memantau agar perayaan ini dapat berlangsung dengan tertib.

6. Memiliki Sikap yang Mudah Bergaul

Situasi ekonomi wilayah Bali di sektor pariwisata memang mengharuskan mereka dapat berinteraksi dengan semua orang, termasuk wisatawan asing.

Hal ini lah yang membuat mereka mudah bergaul dengan semua orang. Meskipun dengan menggunakan bahasa Inggris yang semampunya. Anda akan mudah bergaul dengan turis asing.

7. Melaksanakan Ritual Keagamaan Setiap Hari

Khusus umat hindu yang tinggal di Bali, ritual keagamaan merupakan hal-hal wajib yang mesti dilakukan setiap hari. Sehingga, hampir setiap hari mereka melakukan ritual keagamaan, baik itu di rumah maupun di pura.

Sehingga sudah bukan hal yang asing lagi jika pura selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya. Tidak hanya itu, pemandangan pria dan wanita Hindu membawa nampan sesajen bisa dilihat setiap hari.

F.A.Q

Suku – suku yang ada di Bali adalah?

Di Pulau Dewata Bali terdiri dari dua suku yaitu Bali Aga yang mengaku bahwa mereka adalah penduduk asli Bali dan Bali Majapahit.

Makanan Khas masyarakat Bali yaitu?

1. Bebek Betutu
2. Bubur Mengguh
3. Serombotan
4. Nasi Jinggo
5. Nasi Tepeng
6. Sate Plecing
7. Lawar, dan masih banyak lagi.

Pakaian Adat masyarakat Bali yaitu?

1. Baju Safari, adalah baju adat yang umumnya dipakai oleh para kaum laki-laki.
2. Kebaya Bali, adalah baju adat yang umumnya dipakai oleh para kaum wanita dan diikat dengan tali pinggang.

Demikianlah ulasan dari informasi singkat kali ini tentang Kebiasaan Orang Bali. Semoga membantu yaaa..