Keanekaragaman Hayati

Posted on

Keanekaragaman Hayati – Bumi menjadi satu-satunya planet yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal serta sebagai tempat berlangsungnya kehidupan dari makhluk hidup yang ada di galaksi bima sakti.

Keanekaragaman Hayati

Planet bumi tidak hanya terisi dengan makhluk hidup saja (biotik), akan tetapi juga terisi dengan komponen abiotik atau tumbuhan. Keragaman yang terdapat di bumi kita ini sering disebut sebagai Keanekaragaman Hayati.

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang kaya dengan keanekaragaman hayati di dalamnya, baik yang ada di daratan ataupun yang ada di perairan.

Untuk komunitas global, Indonesia juga dikenal sebagai negara megabiodiversity. Julukan tersebut tentunya didukung dengan kondisi alam yang dimiliki oleh Negara Indonesia dengan iklim tropis yang cocok untuk flora dan fauna.

Keanekaragaman Hayati Adalah?

Keanekaragam hayati merupakan kekayaan atau berbagai macam organisme yang ditunjukkan dalam keseluruhan maupun totalitas variasi di dalam kehidupan yang ada di bumi ini.

Hal tersebut meliputi tumbuhan, mikroorganisme, hewan sampai genetika. Ada juga proses ekologis dan ekosistem yang membentuk suatu lingkungan di dalamnya. Istilah lain yang digunakan untuk julukan keanekaragaman hayati ini yaitu biodiversitas.

Istilah dari biodiversitas ini diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh Raymond F. Dasmann, beliau adalah seorang pakar satwa liar. Kemudian, istilah tersebut banyak dipakai sampai sekarang.

Keanekaragaman hayati ini diklasifikasikan dengan tujuan untuk mengidentifikasi makhluk hidup. Kemudian studi yang mempelajari hal ini disebut sebagai taksonomi.

Tingkatan Dari Biodiversitas

Keanekaragaman Hayati

Secara umum atau garis besar, Biodiversitas ini dikategorikan menjadi tiga jenis tingkatan utama, yaitu diantaranya adalah :

1. Gen

Gen menjadi tingkatan dari keanekaragaman hayati yang sangat rendah dan mempengaruhi spesies dari tanaman dan juga hewan. Sebagai contoh, tanaman padi yang terdiri dari berbagai jenis, misalnya seperti Rojo Lele, IR, IPB, Kapuas dan juga Cianjur.

Jika keanekaragaman hayati ini diklarifikasi lebih jelas lagi pada tingkat genetik, sehingga sangat mudah bagi kita sebagai manusia untuk menemukannya. Kita tergolong sebagai spesies yang sama, yaitu Homo sapiens, meskipun begitu kita mempunyai sifat, bentuk serta wajah yang berbeda.

2. Spesies

Pada tingkatan biodiversitas ini, tentunya lebih memperlihatkan perbedaan yang sangat mencolok pada tingkatan gen seperti perbedaan yang terjadi pada kucing dan jiuga macan.

Dua jenis hewan tersebut jika dilihat dengan sekilas memiliki hubungan keluarga yang sangat dekat, akan tetapi jika dilihat secara morfologi mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baca Juga :
Macam – Macam Simbiosis
Ekosistem Adalah
Keseimbangan Ekosistem

3. Ekosistem

Ekosistem adalah daerah yang meliputi faktor biotik dan juga abiotik, kedua jenis faktor tersebut kemudian menjalin interaksi dalam kehidupan. Faktor biotik yang terdapat di dalam ekosistem meliputi semua makhluk hidup, sedangkan untuk faktor abiotik meliputi udara, batuan, cahaya, air hingga tanah.

Oleh sebab itu, kedua jenis faktor ini sangat berbeda, Secara umum, ekosistem dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya adalah :

  • Paddy ecosystem
  • Marine ecosystems
  • Forest ecosystem
  • Lake Ecosystem
  • Grassland ecosystems, and others.

Manfaat dari Biodiversitas

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari Biodiversitas yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah :

1. Menambah Produktivitas Dari Ekosistem

Salah satu keunggulan dari Biodiversitas ini yaitu dapat menambah produktivitas semua jenis ekosistem yang ada di bumi ini. Tidak peduli seberapa kecil peran dari masing-masing spesies, namun produktivitasnya tetap saja bermanfaat bagi ekosistem.

2. Menjamin Keberlanjutan Alam

Semua spesies yang ada di dalam ekosistem saling membantu satu sama lain guna mewujudkan lingkungan alam yang jauh lebih baik. Misalnya seperti tumbuhan bakau di pesisir pantai yang bisa membersihkan pesisir pantai dari abrasi.

Manfaat yang satu ini bisa digunakan untuk mencegah terjadinya berbagai macam kerusakan lingkungan alam sehingga keberlangsungan alam akan tetap terjaga.

3. Menjaga Keseimbangan Alam

Biodiversitas juga menjadi elemen yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam. Tanpa adanya keragaman ini, maka lingkungan yang kita tempati menjadi tidak seimbang.

Seperti dalam ekosistem hutan hujan tropis, yang merupakan habitat bagi berbagai macam spesies hewan serta tumbuhan. Nah, dari sini Anda dapat membayangkan apabila ekosistem tersebut tidak ada.

4. Meningkatkan Taraf Kehidupan Manusia

Biodiversitas menjadi salah satu faktor penting yang bisa meningkatkan standar kehidupan masyarakat. Karena keberlangsungan hidup manusia tidak pernah bisa dipisahkan dari SDA yang diperoleh dari keanekaragaman di semua tingkatan.

F.A.Q

Apa itu Keragaman Hayati?

Keanekaragam hayati bisa diartikan sebagai kekayaan atau berbagai macam organisme yang ditunjukkan dalam keseluruhan maupun totalitas variasi di dalam kehidupan yang ada di bumi ini.

Tingkatan yang ada pada Keanekaragaman Hayati?

1. Gen
2. Spesies
3. Ekosistem

Nilai-nilai dari Keanekaragaman Hayati bagi manusia adalah?

1. Biologi
2. Estetika
3. Religius
4. Ekonomi
5. Budaya
6. Pendidikan

Demikianlah ulasan singkat dari artikel yang ada diatas, semoga bisa menjadi ilmu baru untuk kalian.