Kata Pengantar Skripsi

Posted on
Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi – Kata pengantar dapat dikatakan sebagai salah satu bagian yang cukup penting dan harus ada didalam pembuatan suatu makalah ilmiah, seperti Skripsi.

Didalam prinsipnya, tujuan adanya penulisan kata pengantar ini yaitu untuk menginformasikan kepada para pembaca mengenai pihak-pihak yang ikut terlibat didalam proses penyelesaian suatu makalah ilmiah.

Selain itu, para pembaca juga akan diberikan sedikit bocoran mengenai topik yang dibahas dari makalah tersebut untuk mengantarkan pada isi yang lebih spesifik.

Apa itu Kata Pengantar?

Untuk mengingat kembali, Kata Pengantar adalah salah satu bagian terpenting yang terdapat didalam suatu karya tulis, yang berisi ungkapan rasa terimakasih dan permohonan maaf yang ingin disampaikan oleh seorang penulis.

Ucapan rasa terimakasih dan permohonan maaf tersebut ditujukan kepada orang-orang yang telah membantu untuk menyelesaikan Karya Tulis tersebut.

Namun, didalam sebuah kata pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa terimakasih dan permohonan maaf saja, tetapi didalamnya juga terdapat ucapan rasa syukur, tujuan, manfaat penulisan serta keritik dan juga saran yang membangun.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Singkat

Unsur-Unsur Kata Pengantar Skripsi

Apabila Kata pengantar skripsi yang kita buat ingin dikatakan sebagai kata pengantar yang baik, maka harus mengandung beberapa unsur penting, seperti yang ada dibawah ini :

  • Adanya ucapan rasa syukur yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penjelasan dari tujuan dibuatnya tugas penulisan skripsi tersebut.
  • Terdapat penjelasan mengenai pelaksanaan penulisan skripsi tersebut.
  • Harus memiliki penjelasan mengenai adanya bantuan, bimbingan, dan juga arahan yang diberikan oleh pihak-pihak yang dianggap membantu. Misalnya seperti kepada seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga
  • Terdapat sebuah ungkapan rasa terima kasih yang ditujukan kepada seseorang atau lembaga yang membantu.
  • Didalam penulisan kata pengantar skripsi seorang penulis harus mencantumkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penyusun skripsi tanpa ditambahkan tanda tangan.
  • Terdapat harapan yang diucapkan oleh seorang penulis atas karya tulis yang ia buat.
  • Harus memiliki manfaat bagi pembaca serta kesediaan didalam menerima kritik dan juga saran yang diberikan.

Struktur Dari Kata Pengantar Skripsi

Terdapat beberapa struktur yang memudahkan kalian didalam pembuatan Kata Pengantar Skripsi yang baik, yaitu sebagai berikut :

1. Pembukaan

Bagian pembukaan ini terletak pada paragraf pertama hingga kedua, yang berisikan tentang ucapan rasa syukur atas terselesaikannya sebuah karya tulis atau skripsi yang dibuat tepat pada waktu yang sudah ditentukan.

Umumnya ucapan rasa syukur ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang disesuaikan dengan agama dari masing-masing penulis. Misalnya seperti didalam Agama Islam, yaitu rasa syukur yang tentunya ditujukan kepada Allah SWT sang pencipta alam.

Tidak hanya rasa syukur saja, namun terdapat ucapan rasa terimakasih yang ditujukan kepada pihak-pihak yang membantu didalam penyelesaian skripsi tersebut.

2. Isi Dari Skripsi Yang Dibuat

Bagian ini ini biasanya terletak pada paragraf ketiga, dan umumnya berisikan mengenai gambaran dari topik yang sedang dibahas. Biasanya, bagian ini diawali dengan judul yang ada pada skripsi tersebut.

Terdapat hal yang perlu diperhatikan didalam penulisan bagaian ini yaitu jangan ditulis secara detail, sebab hanya akan mmebuat Kata Pengantar yang buat semakin panjang dan tidak menarik lagi untuk dibaca.

3. Bagian Penutup

Pada bagian ini umumnya berisikan sebuah permohonan maaf yang disertai dengan harapan dari seorang penulis. Permohonan ini umumnya ditujukan kepada para pembaca, apabila mereka menemukan kesalahan dari karya tulis yang Anda buat.

Hal ini disebabkan karena seseorang memang tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan dan juga kekurangan. Sedangkan untuk harapannya, para pembaca dapat menuliskan tentang beberapa pandangan lebih lanjut dari tema yang dibahas dalam skripsi tersebut.

Baca Juga : Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Untuk lebih memahaminya lagi, dibawah ini terdapat beberapa contoh dari Kata Pengantar Skripsi yang dapat membantu kalian untuk lebih memahaminya, yaitu diantaranya adalah :

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan juga Karunia-Nya lah, sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas skripsinya yang berjudul : Menambah Kemampuan Motorik Halus Yang Dimiliki Seorang Anak Melalui Sebuah Kegiatan Melipat Kertas Di TK Harapan Jaya.

Skripsi ini ditujukan agar memenuhi syarat untuk menyelesaikan studi serta dalam rangka mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Strata Satu didalam Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan juga Ilmu Pendidikan UIN Raden Intan Lampung.

Penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ayahanda tercinta Sudarmin dan Ibunda yang kusayangi Nawati yang sudah mau memberikan segenap cinta dan juga kasih sayang serta perhatian baik itu dari segi moril maupun materil.

Rasa terima kasih juga penulis ucapkan kepada Bapak Drs. H. Muh. Natsir, M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Hadriani, S.Sos, M.Pd selaku Pembimbing II yang sudah membantu menyelesaikan skripsi ini. Serta ucapan terima kasih yang ditujukan kepada :

  1. Bapak Dr. Risdiana Nur, M. Han sebagai Rektor UIN Raden Intan Lampung.
  2. Bapak Drs. H. Muhtar. Natsir, M.Si sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan juga Ilmu Pendidikan UIN Raden Intan Lampung.
  3. Bapak Ridwan Said, S.Si sebagai Ketua Program Studi PGAUD, UIN Raden Intan Lampung.
  4. Terima Kasih Kepada semua murid yang ada di TK Harapan Jaya.
  5. Sahabat-sahabatku (Bagas, Ida Liana, Dahlia Poland, Tiara, Risa, Jumarso) dan kawan-kawan mahasiswa khususnya program studi S1 PGAUD.
  6. Seluruh teman-teman yang ada di Asrama Putri, buat orang-orang terdekat saya yang selalu berusaha untuk membantu di dalam penyusunan skripsi ini dan juga ucapan terimakasih atas perhatiannya selama ini terhadap penulis.

Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan skripsi ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis memohon saran dan juga kritik yang sifatnya membangun demi menyempurnakan dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin

Bandar Lampung, Oktober 2015

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar

Apa yang dimaksud dengan Kata Pengantar?

Kata Pengantar adalah salah satu bagian terpenting yang terdapat didalam suatu karya tulis, yang berisi ungkapan rasa terimakasih dan juga permohonan maaf yang hendak disampaikan oleh seorang penulis.

Apa fungsi dari Kata Pengantar?

Kata pengantar ini berfungsi untuk mengantarkan para pembaca kepada isi atau uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah.

Apa saja struktur yang terdapat didalam Kata Pengantar?

Struktur yang terdapat didalam Kata Pengantar adalah :
1. Bagian Pembukaan.
2. Bagian Isi.
3. Bagian Penutup.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.