Kapasitor – Pengertian, Rumus, Jenis, Simbol, Fungsi

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai medan magnet. Pertemuan kali ini kita akan membahas pembahasan yang menarik yaitu kapasitor mulai dari pangertian, rumus, jenis, simbol dan kegunaan. Simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Kapasitor

Pengertian kapasitor adalah salah satu jenis elektronika yang memiliki kemampuan menyimpan arus listrik selama batas waktu tertentu. Kapasitor juga bisa di sebut dengan kondaktor yang memiliki sifat yang pasif.

Kapasitor di temukan oleh ilmuwan Michael Feraday lahir 1791 dan meninggal tahun 1867. Nama belakang tersebut di gunakan sebagai satuan (F). 1 Farad (F) sama dengan 9 x 101 Cm2. Kata “kondensator” sendiri pertama kali disebut oleh seorang ilmuan berkebangsaan Italia bernama Alessandro Volta pada tahun 1782.

Fungsi utama dari kapasitor adalah menyimpan muatan listrik. Kapasitor akan menyimpan cadangan listrik sehingga jika listrik akan mati secara tiba-tiba kondektor akan menangani hal tersebut.

Contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah batu baterai laptop. Laptop tidak harus di cash karena laptop memiliki batu baterai yang bisa menampung muatan listrik dengan waktu tertentu. Jika batu baterai laptop rusak maka laptop akan terus terhubung dengan listrik di cash. Ketika listrik mati maka laptop akan mati. Hal ini sangat merugikan bila sedang mengerjakan dokumen penting dan akan hilang.

Rumus Kapasitor

Kapasitor di beri 1 volt dengan muatan electron sebanyak 1 coluimb maka kapasitor tersebut memiliki kapasitansi 1 farad.

C = Q/V

Keterangan:

C = Nilai kapasitansi,dalam F (Fared)

Q = Muatan elektron,dalam C (Coloumb)

V = Besar Tegangan,dalam V (Volt)

Kapasitansi dihitung dengan mengetahui luas daerah pelat metal(A), Jarak antara kedua pelat metal (t), serta konstanta bahan elektrik (K). Secara matematis,dapat dituliskan seperti berikut:

C = (8,85×10-12)(KA/t)

A = luas daerah pelat metal

t = Jarak diantara kedua pelat metal

K = Konstanta bahan elektrik

Jenis Kapasitor

Ada 3 jenis kapasitor yaitu kapasitor elektrostatis, elektrolitik, dan elektrokimia berikut ini adalaj pembahasannya:

1.      Kapasitor Elektrostatis

Kapasitor elektrostatis adalah kapasitor yang terbuat dari bahan keramik, film, dan mika. Tetapi bahan yang paling banyak di gunakan adalah bahan keramik dan mika karena lebih murah dan mudah di dapat. Kapasitor ini adalah kapasitor jenis non polar.

2.      Kapasitor elektrolitik

Kapasitor elektrolitik merupakan kapasitor yang pembuatannya di sebut elektrolisis yang berbentuk kutup positif dan kutup negatif. Kapasitor jenis ini terbuat dari lapisan metal-oksida.

3.      Kapasitor Elektrokimia

Kapasitor elektronia adalah kapasitor yang terbuat dari larutan kimia. Benda ini dapat kita jumpai pada baterai aki. Baterai dan aki memiliki tingkat kebocoran arus yang sangat kecil dan kapaitansi yang besar.

Fungsi Kapasitor

Sudah di singgung di atas beberapa fungsi kapasitor, berikut ini adalah fungsi kapasitor antara lain:

  • Untuk menyimpan muatan dan energi listrik
  • Untuk memilih frekuensi pemancar pada pesawat radio
  • Sebagai perata tegangan dalam catu daya (power supply)
  • Untuk menghilangkan percikan apai pada sistem pengapian mobil
  • Sebagai filter atau penyaring dalam rangkaian power supplay
  • Menghemat daya listrik lampu neon
  • Perata tegangan DC [ada pengubah AC to DC
  • Pembangkit gelombang AC atau oscillator

Simbol Kapasitor

Gambar di bawah ini merupakan simbol kapasitor dengan nama komponen dan bentuknya.

simbol kapasitor

Contoh Kapasitor

Berikut ini adalah gambar contoh kapasitor:

Baca Juga:

Katrol – Pengertian, Rumus, Jenis, Contoh Soal

Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Contoh Soal

Demikian penjelasan mengenai kapasitor mulai dari pengertian, rumus, simbol, fungsi dan contoh kapasitor.Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.