Kapak Perimbas

Posted on

Kita semua tahu bahwa Manusia mahluk sosial yang bermacam suku dan budaya, dari berbagai kepercayaan Agama Ras suku bangsa. Maka artikel kami kali ini akan membahas tentang Kapak Perimbas yang dimana kapak adalah suatu alat yang biasa digunakan oleh manusia yang memiliki berbagai fungsi salah satunya adalah untuk menebang pohon, memotong kayu atau pun sebagai perlengkapan perang.

Alat ini yang terbuat dari logam yang memiliki mata dan di ikat pada sebuah kayu, dengan perkembangan zaman membuat kapak memiliki berbagai macam bentuk dan bahan.

Kapak perimbas sendiri memiliki beberapa jenis dan fungsinya dalam kehidupan manusia pada zaman poleolitikum atau zaman batu.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Kapak Perimbas

Sebelum kita mempelajari lebih dalam apa itu kapak perimbas, sebaiknya kita harus mengetahui definisi dari kapak terlebih dahulu.

Kapak perimbas adalah kapak yang membentuk Masif (genggam), alat ini tidak memiliki gagang dan terbuat dari batu tidak seperti kapak pada umumnya, kapak ini memiliki mata yang tajam dan mempunyai satu sisi mata saja.

Pada daerah tertentu alat ini ditemukan di sebuah daerah adalah :

  • Sumatera Selatan
  • Lampung
  • Bali
  • Flores
  • Pacitan

Adapun Kegunaan dari alatk diatas adalah untuk memudahkan berburu, dalam mengumpulkan makanan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Zaman Paleolitikum

Macam – Macam Fungsi Kapak Perimbas

Sebenarnya ada beberapa fungsi dari kapak perimbas yang masih memiliki perdebatan. Namun ada berbagai macam teori mengenai fungsi dari kapak perimbas ini.

Berikut macam – macam fungsi dari kapak perimbas :

Menumbuk Dan Memotong

Dari beberapa para ahli sepakat bahwa fungsi dari kapak perimbas yang satu ini adalah salah satu alat untuk menumbuk dan memotong makanan, namun sebagian manusia menggunakan alat ini untuk menyayat daging, menumbuk kacang-kacangan atau pepohonan dalam mengumpulkan serat kayu untuk dijadikan pakaian.

Alat Berburu Hewan

Kapak perimbas ini juga adalah alat untuk berburu yang memiliki berbagai macam perdebatan diantara para ahli. Namun alatk ini sering digunakan untuk menyerang hewan, pastinya akan membutuhkan tenaga yang cukup besar.

Membantu Kehidupan Masyarakat Nomaden

Pada umumnya manusia yang berpindah-pindah dalam hidupnya sangat menggantungkan kehidupan nya untuk mengais rizki dalam mengumpulkan makanan, maka alat ini merupakan salah satu alat yang sangat mempengaruhi bagi masyarakat nomaden.

Masyarakat ini tidak memiliki tempat yang khusus untuk melakukan cocok tanam atau sejenisnya karena tidak sesuai dengan keinginan dan gaya hidup bagi mereka.

Teori L.Binfors

Binfors adalah sebuah teori, yang dimana pada zaman itu manusia tidak melakukan pemburuan kepada hewan, akan tetapi manusia tetap melakukan pemburuan terhadap hewan karnivora saja.

Makan alat ini bisa digunakan untuk memotong daging hewan buruan mereka dalam mengais makanan yang akan dijadikan sasaran pemburuan meraka,

Teori P.Shipman Dan R.Potss

Teori dari P.Shipman dan R.Potss ini adalah teori yang mendukung dari teori L.Binfors, yang dimana mereka menemukan bermacam bukti jika kapak perimbas digunakan manusia pada zaman batu untuk mendapatkan hewan buruan daging karnivora.

Baca Juga :  Menhir Adalah

Sejarah Budaya Kapak Perimbas

Keberadaan alat ini telah diketahui pada zaman paleolitikum atau bisa juga disebut dengan zaman batu. Namun di zaman itu semua bentuk alat rumah tangga atau berburu berasal dari batu.

Kapak ini digunakan selama periode 3,6 juta tahun yang lalu hingga 2,7 juta tahun yang lalu, yang dimana budaya ini menggunakan peralatan dari batu yang di temukan di wilayah ?

  • Eropa
  • Asia Timur
  • Afrika
  • Timur Tengah

Dalam penggunaan ini juga bisa ditemukan dari seluruh bagian bumi, akan tetapi dari bentuk dan fungsinya sangat lah berbeda tergantung budaya dalam pengguna masing-masing.

Dengan perkembangan budaya paleolitikum jika dilihat dari bentuk dan teknik pembuatan batunya, Asia Tenggara dan Asia Timur memang sangat berbeda dengan Eropa, Afrika, Asia Barat dan sebagian di wilayah India.

Adapun Bahan pembuatan kapak daerah satu dengan lainnya ialah :

Contohnya :

  • Negara Myanmar banyak menggunakan fosil kayu
  • Di negara India menggunakan batuan kuarsa
  • Di negara Cina dan Malaysia menggunakan batuan kuarsa
  • Untuk Indonesia, menggunakan bahan dasar batuan kapur kersikan dan tufa kersikan.

Budaya Manusia Pada Masa Pembuatan Kapak Perimbas

Pada masa penggunaan yang dimana manusia selaluberhadapan dengan sejarah dan tingkat sosial ekonomi nya yang rendah di mana pada masa tersebut adalah masa berburu. Masa yang mengumpulkan makanan sebanyak – banyaknya, karena di masa itu bercocok tanam sangat jarang sekali ditemukan.

Namun kehidupan pada masa itu berburu masih sangat lah Moderen, sehingga siklus kehidupannya bergantung pada hasil buruan.

Sedangkan di Indonesia sendiri pendukung budaya kapak ini adalah Megantrhopus Paleojavanicus, Pithecantropus Erectus, Homo Soloensis, Wajakensis, Homo Erectus, hingga Homo Sapiens.

Pada masa itu manusia sudah mengenal cara berburu, tentunya manusia pada peradapan tersebut menggunakan alat-alat untuk mendukung kegiatannya.

Namun tetapi salah satu alat untuk mempermudah melakukan aktivitas untuk mengumpulkan makanan, berburu seperti ikan atau binatang lainnya.

Pada masa itu, manusia dapat menggunakan untuk berbagai macam hal yang bisa membantu kehidupan khususnya mencari makanan.

Baca Juga : Biodiversitas Adalah

Pembuatan Kapak Perimbas

Kapak perimbas bisa dibuat dengan cara meruncingkan batu di satu sisi, untuk bagian sisi yang lain nya bisa di tajam kan yang memiliki fungsi untuk membantu melancarkan perburuan dan kapak tersebut harus menggunakan dua batu.

Batu yang satu untuk mematikan buruan dan yang satu untuk memotong membelah hewan yang di dapat. Adapun Jenis batuan yang digunakan untuk membuat hal yang seperti ini yaitu batuan kuarsa, kuarsit, basal, atau obsidian dan batu rijiang.

Apa itu Kapak Perimbas


Kapak perimbas adalah kapak yang membentuk Masif (genggam), alat ini tidak memiliki gagang dan terbuat dari batu tidak seperti kapak pada umumnya, kapak ini memiliki mata yang tajam dan mempunyai satu sisi mata saja.

Macam – Macam Fungsi Kapak Perimbas


Menumbuk Dan Memotong
Alat Berburu Hewan
Membantu Kehidupan Masyarakat Nomaden
Teori L.Binfors
Teori P.Shipman Dan R.Potss

Budaya Manusia Pada Masa Pembuatan Kapak Perimbas


Pada masa penggunaan yang dimana manusia selaluberhadapan dengan sejarah dan tingkat sosial ekonomi nya yang rendah di mana pada masa tersebut adalah masa berburu.

Nah sobat dari beberapa uraian diatas semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kita semua. Terima kasih