Kalimat Sumbang

Posted on

Kalimat Sumbang – Pasti kalian pernah mengalami suatu peristiwa, saat sedang berbincang-bincang dengan teman mengenai pelajaran sekolah atau pekerjaan, lalu ada yang tiba-tiba melenceng dari topik pembicaraan sebelumnya, nah itulah yang disebut sebagai Kalimat Sumbang.

Kalimat Sumbang

Dalam pembahasan pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan men-jabarkan tentang Kalimat Sumbang beserta dengan hal-hal yang berkaitan di dalamnya. Yuk simak penjabaran dibawah ini…

Definisi Kalimat Sumbang

Kalimat Sumbang merupakan sebuah kalimat yang terdapat di dalam suatu paragraf yang sama sekali tidak ada hubungan atau kaitannya dengan keseluruhan dari topik yang dibahas dalam paragraf tersebut.

Dengan kata lain, Contribution Sentences sering diartikan sebagai sebuah kalimat yang sangat bertolak belakang dengan topik dari kalimat yang satu dengan kalimat lainnya.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa Kalimat Sumbang adalah kalimat tidak padu, karena diakibatkan dari kesalahan pengarang saat menuangkan ide atau gagasan.

Namun, tidak semua Contribution Sentences yang berasal dari kesalahan penulis, tetapi ada juga Contribution Sentences yang dengan sengaja ditambahkan dalam paragraf, umumnya pada humor dan juga informasi tambahan.

Ciri – Ciri Dari Contribution Sentences

Untuk membedakannya dengan jenis kalimat yang lainnya dalam paragraf, Contribution Sentences memiliki ciri-cirinya tersendiri, yaitu sebagai berikut :

  • Tidak memiliki hubungan atau keterkaitan dengan gagasan utamanya.
  • Sangat bertolak belakang antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya.
  • Diakibatkan dari kesalahan pengarang saat menuangkan ide atau gagasan.
  • Ide atau gagasan pokok yang terdapat dalam kalimat tidak nyambung dengan ide utama yang dituangkan oleh penulis.

Cara Menentukan Contribution Sentences

Secara umum, terdapat beberapa langkah yang digunakan untuk menemukan Contribution Sentences dalam Paragraf. Berikut ini langkah-langkah yang digunakan untuk memudahkan kalian untuk menemukan Contribution Sentences, yaitu diantaranya adalah :

  1. Pertama, bacalah sebuah paragraf secara menyeluruh, sebab dengan membaca secara menyeluruh, maka akan menjadi lebih mudah dalam menemukan Kalimat Sumbang tersebut.
  2. Kemudian, tentukan kalimat utama yang ada di dalam paragraf tersebut, umumnya terletak di bagian awal paragraf maupun pada akhir paragraf.
  3. Setelah menemukan kalimat dan juga gagasan utamanya, lalu baca kembali kalimat-kalimat yang ada dalam paragraf tersebut, apakah saling terhubung satu sama lain atau tidak?
  4. Ketika, terdapat sebuah kalimat di dalam paragraf yang tidak nyambung dengan kalimat utamanya, maka besar kemungkinan bahwa kalimat tersebut adalah Kalimat Sumbang.
  5. Setelah mengetahuinya, namun jangan lupa untuk membaca kembali kalimat tersebut sambil memahami apakah kalimat itu benar-benar Kalimat Sumbang atau bukan.

Baca Juga :
Contoh Kalimat Ambigu
Contoh Kalimat Imperatif
Kalimat Efektif

Contoh Dan Penjelasan Contribution Sentences

Setelah menyimak penjabaran yang ada diatas, maka ada baiknya jika kita simak contoh dari Kalimat Sumbang dibawah ini, yaitu sebagai berikut :

#Contoh 1 :

Melakukan Olahraga dengan teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita (1). Hal tersebut bisa terjadi karena dapat mendukung proses dalam tubuh sehingga semua zat gizi dapat terserap dengan baik (2).

Zat Gizi yang terserap dengan baik dalam tubuh, maka akan menjadi nutrisi bagi organ – organ yang ada di tubuh kita (3). Apabila organ di dalam tubuh kita sehat, maka organ tersebut mampu bekerja dengan baik, sehingga dapat melindungi diri kita dari berbagai penyakit (4). Oleh sebab itu, olahraga sangat menyenangkan (5).

Penjelasan :
Contribution Sentences di dalam paragraf tersebut berada di bagian akhir paragraf tersebut yang mana seharusnya menjadi gagasan utama tidak ada kaitannya dengan apa yang sudah dijabarkan pada kalimat nomor 1, 2, 3, dan 4 yang berperan sebagai kalimat pendukung.

#Contoh 2 :

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan sumber daya alamnya (1). Negara kita mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah (2). Penduduk Indonesia banyak yang mengandalkan SDA tersebut sebagai mata pencahariannya (3).

Indonesia juga terdiri dari keragaman budaya yang membuat Negara kita terlihat unik di mata negara lain (4). Indonesia juga sering disebut sebagai salah satu Negara terluas yang ada di Asia Tenggara (5). Pemanfaatan gawai di Indonesia juga cukup tinggi (6).

Penjelasan :
Contribution Sentences di dalam paragraf tersebut terletak di kalimat nomor (6). Sebab, saat semua kalimat menjabarkan mengenai negara Indonesia, namun muncul kalimat yang menyatakan tentang warganya. Sehingga ada baiknya apabila kalimat itu dibuat menjadi paragraf yang baru.

F.A.Q

Apa itu Kalimat Sumbang?

Contribution Sentences merupakan sebuah kalimat yang terdapat di dalam suatu paragraf yang sama sekali tidak ada hubungan atau kaitannya dengan keseluruhan dari topik yang dibahas dalam paragraf tersebut.

Apa nama lain dari Kalimat Sumbang

Contribution Sentences bisa juga disebut sebagai Kalimat Tidak Padu.

Langkah awal untuk menemukan Kalimat Sumbang adalah?

Bacalah sebuah paragraf secara menyeluruh, sebab dengan membaca secara menyeluruh, maka akan menjadi lebih mudah dalam menemukan Kalimat Sumbang tersebut.

Bagaimana sobat, sangat mudah bukan untuk menemukan Kalimat Sumbang dalam paragraf. Semoga ulasan kali ini membantu para pembaca setia.