Kalimat Efektif

Posted on

Kalimat Efektif – Pada pembahasan materi kali ini adalah tentang pengertian, contoh, syarat dan ciri-ciri kalimat efektif, silahkan kalian simak penjelasan singkat dibawah ini!

Kalimat Efektif
Kalimat Efektif

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang cukup positif dan banyak sekali manfaatnya. Selain meningkatkan kecerdasan pada otak kita, menulis juga merupakan cara untuk menuangkan pikiran, gagasan, dan sebuah karya yang dimiliki.

Dalam hal ini seorang penulis yang mempunyai pengetahuan tentang kaidah penulisan yang benar. Salah satunya pasti mengetahui tentang kalimat efektif.

Jika kalian sudah mengetahui secara jelas bagaimana penulisan kalimat efektif, maka tulisan yang kalian hasilkan tidak akan berbelit-belit atau membingungkan para pembacanya. Oleh karena itu, untuk lebih jelas bagaimana kaidah penulisan kalimat efektif berikut ini penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah sebuah kalimat yang tersusun berdasarkan oleh kaidah-kaidah yang berlaku, seperti unsur-unsur penting yang harus dimiliki pada setiap kalimat (subjek dan predikat); melihat ejaan yang disempurnakan; dan cara memilih kata (diksi) yang tepat pada kalimat tersebut. Kalimat yang memenuhi kaidah-kaidah tersebut pasti akan lebih mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar.

Menurut Jusuf Sjarif badudu atau yang lebih dikenal sebagai JS.Badudu,

Pengertian kalimat efektif adalah kalimat yang baik karena apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh si pembaca (si penulis pada bahasa tulis) bisa diterima dan dipahami oleh si pendengar (pembaca padabahasa tulis) sama benar dengan apa yang telah dipikirkan atau dirasakan oleh si penulis.

Berikutnya ada juga beberapa pengertian lainnya,

Jenis kalimat yang bisa memberikan efek tertentu pada sebuah komunikasi. Efek yang dimaksud yaitu kejelasan informasi. Kalimat efektif tidak memakai kata-kata berlebihan, namun tidak juga kekurangan kata.

Syarat Kalimat Efektif

Pada dasarnya terdapat empat syarat utama pada kalimat efektif atau tidak efektif, sebagai berikut :

1. Sesuai EYD
Pada kalimat ini harus memakai ejaan atau tanda baca yang tepat. Kata baku juga harus menjadi perhatian agar tidak sampai kata yang kalian tuliskan ternyata tidak tepat ejaannya.

2. Sistematis
Kalimat yang paling sederhana adalah yang mempunyai susunan subjek dan predikat, lalu ditambahkan dengan objek, pelengkap dan keterangan. kemudian mengefektifkan sebuah kalimat, maka coba buat kalimat yang urutannya tidak memusingkan. Jika memang tidak ada penegasan pada kalimat, subjek dan predikat diharuskan selalu berada pada awal kalimat.

3. Tidak Boros dan Bertele-tele
Jangan sampai kalimat yang di tulis terlalu banyak menggunakan kata-kata kata atau bisa terlihat bertele-tele. Lihatlah susunan kalimat yang kalian tulis itu pasti dan ringkas agar si pembaca lebih mudah memahami gagasan yang kalian tuangkan.

4. Tidak Ambigu
Syarat terakhir pada kalimat efektif, yang menjadi sangat penting sekali untuk menghindari pembaca dari multiftafsir. Dengan menggunakan susunan kata yang ringkas, sistemastis, dan sesuai kaidah-kaidah kebahasaan; pembaca tidak kesulitan menanggap kalimat yang kalian tulis sehingga tidak ada kesan ambigu.

Ciri Ciri Kalimat Efektif

Didalam kalimat efektif terdapat beberapa ciri – ciri khusus yang harus kalian ketahui, perhatikan ciri-cirinya dibawah ini :

1. Kalimat yang memakai diksi dan pemilihan kata yang tepat.
2. Memiliki unsur pokok yang harus di muat pada kalimat, minimal harus mengandung subjek dan predikat.
3. Harus taat dengan kaidah penulisan kalimat yang tercantum didalam EYD yang berlaku.
4. Menekankan ide pokok pada kalimat.
5. Kalimat yang mengacu kepada penghematan penggunaan kata.
6. Menggunakan kesejajaran bentuk bahasa pada kalimat yang dipakai.
7. Kalimat ini juga mempunyai variasi struktur kalimat.
8. Mempunyai kesetaraan antara struktur bahasa dan jalan pikiran yang logis dan sistematis.
9. Harus mewujudkan koherensi yang baik dan kompak.
10. Memperhatikan paralisme pada kalimat yang di tulis.
11. Merupakan sebuah komunikasi yang berharkat
12. Diwarnai kehematan kata.
13. Harus berdasarkan pada pilihan kata yang baik.

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

No.Kalimat EfektifKalimat Tidak Efektif
1Novan membeli jeruk untuk kakaknyaNovan membelikan jeruk kakaknya
2Setiap kali mereka jalan, mereka saling berpegang tanganSetiap kali jalan mereka saling berpegang tangan
3Septia sedang membereskan perabotan rumahIa sedang membereskan perabot – perabot rumah
4Para wanita harus  berhati – hati jika pulang malamPara wanita harus hati – hati pulang malam
5Seluruh karyawan dikenakan peraturan yang samaBaik karyawan lama atau karyawan baru dikenakan peraturan yang sama
6Karena harga BBM terus naik, rakyat menjadi sengsaraKarena BBM terus naik maka rakyat menjadi sengsara
7Pekerjaan ini akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakatDengan pekerjaan ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat
8Tugas penelitian adalah menganalisis dan menyajikan hasil analisisAdalah merupakan tugas peneliti untuk menganalisis dan menyajikan hasil analisis
9Doni harus menyelesaikan berbagai kendala penelitianBerbagai kendala penelitian harus dapat diselesaikan oleh doni
10Setiap hari sabtu anak – anak latihan upacaraSetiap hari sabtu selalu latihan upacara

Demikian penjelasan mengenai pengertian, contoh, syarat dan ciri ciri kalimat efektif, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :

Kalimat Efektif Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung