Kalimat Definisi

Posted on

Didalam sebuah tulisan teks formal atau Ilmiah, yang merupakan maksud dan tujuan kalimat definisi adalah untuk merupakan suatu kalimat atau memberikan penjelasan umum tentang suatu benda dalam aktivitas dan lain-lain.

Kalimat definisi Ini sering digunakan dalam teks laporan atau rujukan pada sebuah istilah teknis atau ilmiah yang tertentu, kalimat definisi membantu pembaca nya untuk mengetahui dan memahami Istilah – Istilah yang sering muncul dalam sebuah tulisan, Berikut Penjelasannya.

Pengertian Kalimat Definisi

kalimat-definisi

Kalimat definisi merupakan kalimat yang sering kali digunakan untuk mengungkapkan penjelasan umum seperti, kalimat pengertian, kalimat keterangan, atau merupakan dari sebuah objek. Objek disini bisa berupa orang, benda, ativitas, Proses, dan lain-lain.

Kalimat definisi Juga bertujuan untuk membantu si pembaca agar bisa mengetahui atau memahami Istilah – istilah yang sering Kali muncul dalam sebuah tulisan. Biasanya kalimat definisi menggunakan verba definitif seperti adalah, yaitu, atau merupakan.

Fungsi Kalimat Definisi

Salah satu fungsi dari kalimat definisi adalah supaya para jurnalis lebih mudah memahami dan mengerti secara jelas, apa fungsi utama dari kalimat definisi yang sedang dibahas dalam suatu tulisan Ini.

Fungsi kalimat definisi merupakan kalimat yang biasa digunakan untuk penjelasan secara umum, hal ini akan berbeda sekali bila penjelasannya dilakukan dalam bahasa yang lebih spesifik.

Maka kalimat definisi tidak akan berfungsi lagi dalam suatu penjelasan khusus tersebut, maka perlu adanya penjelasan secara deskripsi yang tepat dan akurat.

Contoh Kalimat Definisi

  1. Ikan bernafas Melalui Insang sebagai penyaring Oksigen yang ada di Dalam air.
  2. Seluruh Murid SMA di Kota Bandar Jakarta Menggunakan seragam dengan lambang Tugu Monas.
  3. Semua jenis burung pemangsa memiliki cakar yang kuat dan paruh yang tajam.
  4. Buaya memiliki rahang yang sangat kuat sehingga menjadi pemangsa nomor satu di sungai.
  5. Daun memiliki klorofil yang dapat menangkap sinar matahari untuk membantu dalam proses fotosintesis.
  6. Manusia memiliki volume otak yang lebih besar dibandingkan dengan saudara jauhnya, primata.
  7. Seluruh planet Yang terletak di tata surya berputar mengelilingi matahari sebagai porosnya.
  8. Makanan cepat saji mengandung beberapa zat yang tidak baik bagi tubuh
  9. Tempurung kura – kura sangatlah keras sehingga dapat melindungi dirinya sendiri.
  10. Kereta dapat menjadi alat transportasi yang sangat efektif di jaman saat ini.

Jenis Jenis Kalimat Definisi

  1. Definisi Formal
  2. Definisi Operasional

Adapun dua jenis kalimat definisi di atas akan kami jelaskan satu persatu berikut penjelasannya :

Depinisi Formal

Berbagai macam tentang kalimat definisi formal sering kali dikatakan juga sebagai definisi terminologis, yang mempunyai arti penyusunan dari logika formal.

Adapun kata yang dapat masuk menjadi definisi formal maka harus mempunyai 3 hal yaitu :

  1. Kelas, genius atau suatu perbedaan unsur harus bisa menjadi satu, dan di awali dengan klarifikasi dan di lanjutkan dengan frasa yang kemudian dijadikan definiendium tidak lupa genius juga harus dimasukkan dan yang terakhir yaitu perbedaan.

Dengan memasukkan perbedaan yang lengkap dan menunjukkan bahwa penjelasan yang di ungkapkan menjadi khusus dan menjadi berbeda dengan kelas pengertian lainnya,

contohnya :

Kata Manusia adalah ciptaan Tuhan yang maha Essa yang sangat sempurna

2. Definiens yang bukan kiasan ataupun perumpamaan seperti kalimat (manusia bagaikan hewan yang tak mempunyai rasa puas) penjelasan bagaikan disini tidak di benarkan menurut definisi formal.

Contohnya :

Yang benar menurut definisi formal yaitu ( Manusia Diciptakan oleh Tuhan yang maha Essa hanya untuk beribadah kepadaNYA )

3. Yang ketiga yaitu menggabungkan kedua makna dari definiendium dengan memperalel kan yang tidak di awali dengan kata yang dimana, misalkan, atau kata tidak dan bukan,

contohnya :

Yang salah yaitu Pendidikan kewarganegaraan (tidak lain) adalah pelajaran yang di dapatkan di sekolahan agar anak didik menjadi warga yang baik dan cerdas.

Sedangkan contoh yang benar adalah Pendidikan Kewarganegaraan iyalah pelajaran yang mengutamakan warga agar menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Definisi Operasional

Definisi Operasional adalah pengertian yang untuk sebuah pedoman dalam melaksanakan pekerjaan seperti melakukan penelitian,

Definisi ini juga sering disebut sebagai definisi kerja karena dijadikan sebagai pedoman seorang untuk melakuakn peneliatian tertentu atau pekerjaan.

Dengan kata lain definisi operasional juga di sebut definisi subjektif yang di dasari oleh target.

Untuk melakukan pekerjaan dan mencapai sesuatu yang telah di harapkan, Definisi operasional di bagi menjadi dua bagian adalah :

Definisi Paradigmatis

Paradigmatis juga di sebut definisi personal yang mempunyai tujuan untuk mengubah cara berfikir, dan sikap maupun tindakan orang lain agar sesuai dengan apa yang didefinisikan.

Yang berhubung dengan beberapa nilai yang telah ditentukan seperti Budaya, Adat Istiadat, Bisnis dan yang lainnya.

Fungsi dari paradignatis ini yaitu Mempengaruhi pola dan cara berfikir otang lain, agar dapat mempengaruhi sikap oarang yang mendengarkan atau membaca.

Dan bisa juga Mendukung argumentasi yang di sampaikan, memberikan pembuktian yang efektif atau persuasif.

Definisi Luas

Pengertian definisi luas yang satu ini bertujuan untuk menjelaskan sesuatu yang lebih, dalam satu paragraf karena mendefinisikan hal yang satu ini dapat memakan banyak kata dan tidak bisa dijelaskan dengan kata yang lebih pendek.

Adapun jenis yang lain di atas biasanya memiliki juga jenis sebagai berikut :

  1. Biasanya bisa kita temukan pada laporan ilmiah
  2. Menggunakan verba definitif seperti adalah, yaitu, dan merupakan
  3. Penjelasannya bersifat umum dan tidak mengarah pada ciri khusus objek
  4. Merupakan penjelasan dari sebuah objek
  5. Makna dari kalimat tersebut tetap tidak akan berubah, meskipun susunan kalimatnya dibolak – balik.

Semoga apa yang jelaskan mengenai apa yang dimaksud tentang kalimat definisi ini dapat dipahami dan menjadi sumber ilmu pengertian bagi semua dan semoga bermanfaat Amin.

Baca Juga :