Jenis – Jenis Protein

Posted on

Jenis – Jenis Protein – Protein merupakan sebuah molekul yang tersusun dari asam amino kompleks yang membantu tubuh manusia menjalankan fungsinya sepenuhnya.

Jenis - Jenis Protein

Protein ini umumnya ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti daging sapi, kacang-kacangan, ayam, telur, udang dan ikan. Ternyata setiap jenis protein dalam tubuh umumnya melakukan fungsi tertentu.

Apakah kalian sudah mengetahui jenis-jenis dari protein apa saja yang ada di dalam tubuh? Nah, jika belum mengetahui, yuk kita simak penjabaran mengenai Jenis-Jenis dari Protein.

Jenis – Jenis Protein Dalam Tubuh

Berikut ini merupakan macam-macam protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, yaitu sebagai berikut :

1. Protein Hormone

Protein hormon adalah salah satu jenis protein yang bertindak sebagai hormon kimia dasar. Hormon ini bertindak sebagai pembawa pesan kimia yang mengirimkan pesan melalui aliran darah.

Masing-masing hormon ini mempengaruhi sel tertentu dalam tubuh yang dikenal sebagai sel target. Misalnya, organ yang disebut pankreas menghasilkan hormon insulin.

Hormon insulin dihasilkan sebagai respons terhadap kadar gula darah (misalnya, setelah makan). Hormone insulin secara khusus dilepaskan oleh pankreas untuk mengikat gula darah ke sel target. Sehingga tidak ada gula yang menumpuk di dalam darah.

2. Protein enzim

Enzyme Protein merupakan salah satu jenis protein yang ada di dalam tubuh berperan untuk proses pembentukan enzim. Enzim umumnya berperan dalam mendukung proses reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Sebagai contoh, semua sumber nutrisi yang ada di dalam tubuh, mulai dari karbohidrat, protein dan juga lemak, perlu diubah untuk menjadi bentuk yang lebih sederhana agar mudah diserap.

Untuk mengubah hal tersebut, beberapa reaksi kimia kompleks diperlukan dalam tubuh. Reaksi kimia bekerja dengan lancar ketika ada enzim dalam tubuh.

Baca Juga :
Fungsi Tulang Jari Tangan
Macam – Macam Vitamin
Jenis – Jenis Kebutuhan

3. Structural Proteins

Salah satu jenis protein yang paling besar dalam tubuh manusia adalah protein struktural. Protein ini bertindak sebagai komponen penting yang membangun struktur tubuh pada tingkat sel.

Contoh dari protein struktural yang sangat umum ditemukan dalam tubuh adalah kolagen dan juga keratin. Protein tipe keratin merupakan protein yang kuat dan juga berserat yang dapat membentuk struktur kuku, kulit, rambut serta gigi.

Sedangkan untuk, protein struktural yang berbentuk kolagen umumnya berfungsi untuk pembentukan tendon, otot, tulang, tulang rawan serta kulit.

4. Protein Antibodi

Protein Antibodi adalah protein yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari keberadaan zat atau organisme asing yang mencoba untuk masuk kedalam tubuh. Umumnya Protein ini bertindak sebagai komponen yang membentuk antibodi di dalam tubuh.

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dalam tubuh, pembentukan antibodi menjadi lebih optimal dan protektif. Sehingga tubuh dapat mempertahankan diri terhadap berbagai sumber penyakit.

5. Protein Transport

Protein dalam tubuh ibarat fungsi untuk memasok molekul dan juga nutrisi dalam tubuh untuk keluar dan masuk sel. Contohnya adalah hemoglobin. Hemoglobin merupakan sebuah protein yang berperan untuk membuat sel darah merah.

Hemoglobin mengikat oksigen dan memasoknya ke jaringan yang membutuhkan oksigen dari paru-paru. Contoh lain dari transportasi protein ini adalah serum albumin, yang bertanggung jawab untuk mengangkut lemak ke dalam aliran darah.

6. Binding Protein

Protein pengikat ini berfungsi untuk mengikat nutrisi dan juga molekul yang akan dipakai nantinya. Misalnya pengikat besi. Tubuh menyimpan zat besi dalam tubuh dengan ferritin.

Feritin merupakan sebuah protein yang memiliki tanggung jawab untuk mengikat besi. Dengan sel darah merah, zat besi yang terkandung dalam feritin akan dilepaskan.

7. Protein penggerak

Protein pengaktif atau penggerak ini umumnya mengatur kekuatan dan juga kecepatan jantung yang bergerak serta otot-otot ketika berkontraksi. Ketika tubuh bergerak, maka kontraksi otot akan terjadi, nah ketika kontraksi inilah peran protein pengaktif diperlukan.

Misalnya, ketika Anda sedang menekuk kaki, hal tersebut akan menarik serabut-serabut otot. Ketika serat otot ini bergerak, reaksi kimia dapat terjadi sangat cepat.

F.A.Q

Protein adalah?

Protein merupakan sebuah molekul yang tersusun dari asam amino kompleks yang membantu tubuh manusia menjalankan fungsinya sepenuhnya.

Makanan yang menjadi sumber Protein adalah?

Jenis makanan seperti daging sapi, kacang-kacangan, ayam, telur, udang dan ikan. Ternyata setiap jenis protein dalam tubuh umumnya melakukan fungsi tertentu.

Protein Hewani dan Nabati adalah?

Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan. Sedangkan, Protein Nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuhan.

Sekianlah ulasan singkat mengenai artikel kali ini, semoga membantu para readers untuk memahaminya…

Related posts: