Jenis – Jenis Produksi

Posted on

Jenis – Jenis Produksi – Di suatu perusahaan yang bergerak di bidang penghasil produk seperti Makanan, Barang dan juga Jasa, pasti terdapat sebuah kegiatan yang disebut sebagai Produksi.

Jenis - Jenis Produksi

Istilah ini sering diartikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengubah bahan baku menjadi barang siap pakai atau untuk meningkatkan nilai dari suatu produk agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Secara umum, kegiatan Produksi ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Nah, untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis dari Produksi yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Tujuan Kegiatan Produksi

Adanya kegiatan produksi ini tentunya memiliki tujuan yang hendak dicapai oleh para produsen. Berikut ini tujuan dari adanya kegiatan Produksi dalam suatu perusahaan, diantaranya adalah :

1. Untuk Memenuhi Keperluan Masyarakat

Setiap unsur masyarakat, baik itu individu ataupun kelompok, tentunya mempunyai berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidupnya.

Nah, hal inilah yang menyebabkan Produsen melakukan suatu kegiatan produksi dalam rangka menghasilkan suatu produk ataupun menambah nilai guna dari produk tersebut agar keperluan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik.

2. Untuk Mendapatkan Keuntungan

Setiap produsen dalam suatu perusahaan tentunya mengharapkan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan atau proses produksi yang mereka jalankan. Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk melakukan suatu aktivitas produksi tentu memerlukan modal di awal kegiatan tersebut.

Pada saat produk yang diciptakan baik itu berupa sebuah barang atau jasa disalurkan ke lingkungan masyarakat melalui sebuah proses jual-beli, maka dari kegiatan tersebut produsen sangat mengharapkan untuk memperoleh margin keuntungan.

Baca Juga :
Perusahaan Multinasional Di Indonesia
Produksi Adalah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Faktornya
Bioteknologi Konvensional Dan Modern

Faktor – Faktor Kegiatan Produksi

Mengacu pada penjelasan yang ada diatas, terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi jalannya kegiatan produksi ini, yaitu sebagai berikut :

1. Sumber Daya Alam (SDA)

SDA merupakan segala sesuatu yang terdapat di alam serta dapat digunakan oleh human dalam upayanya untuk mencapai suatu kehidupan yang makmur.

Terdapat beberapa hal yang termasuk ke dalam golongan SDA ini yaitu segala sesuatu yang terkandung atau yang bersumber dari alam baik itu air, tumbuhan, tanah dan masih banyak lagi.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM merupakan sebuah kemampuan (daya) atau usaha yang dilakukan oleh manusia baik itu berupa kemampuan jasmani ataupun rohani yang dipakai untuk menghasilkan atau menambah nilai guna dari suatu barang.

Berdasarkan kualitasnya, SDM ini dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu Tenaga Kerja Terdidik, Terlatih, serta Tidak Terdidik dan juga Tidak Terlatih.

3. Sumber Daya Kapital (SDK)

Sumber daya kapital atau modal merupakan sebuah alat atau media yang dipakai sebagai suatu sarana untuk menciptakan sebuah produk. Tidak selamanya modal berupa sebuah uang, tetapi modal juga dapat berupa sebuah barang seperti mesin, lahan dan masih banyak lagi.

4. Keahlian

Keahlian adalah faktor terpenting dalam melakukan proses produksi. Pada dasarnya, keahlian atau keterampilan yang dimiliki oleh individu digunakan untuk mengkoordinasikan serta mengelola faktor produksi dalam menciptakan suatu barang dan juga jasa.

Jenis – Jenis Produksi

Jenis - Jenis Produksi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa sebenarnya proses produksi merupakan suatu proses mengolah bahan baku menjadi barang siap pakai atau merupakan hasil akhir. Produksi dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Produksi Ekstraktif

Produksi Ekstraktif adalah jenis produksi di mana elemen dari didalamnya terdapat kegiatan menggali, mengumpulkan serta mengambil semua benda yang dapat digunakan, di mana sumbernya berasal dari alam. Misalnya seperti memancing di laut, pertambangan dan sebagainya.

2. Industrial Production

Produksi Industri adalah jenis produksi yang menggunakan dan juga mengolah bahan baku lain yang dapat digunakan sebagai barang siap pakai atau jenis produk setengah jadi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Hal ini dibagi menjadi berbagai jenis seperti industri makanan, pakaian, bahan bangunan dan lainnya.

3. Produksi Perdagangan

Produksi Perdagangan adalah jenis produksi di mana ada kegiatan yang berkaitan dengan pengalihan kepemilikan barang yang diperdagangkan oleh produsen ke konsumen.

Hal ini disebabkan oleh aktivitas jual beli, yang umumnya dilakukan oleh berbagai perantara seperti dealer, pengecer, dealer atau grosir.

4. Produksi Agraris

Agricultural Production adalah jenis produksi yang mana kegiatannya bertujuan untuk menggunakan tanah dan juga memproses SDA untuk menghasilkan barang jadi dan juga barang berguna seperti ternak, pertanian, perikanan dan perkebunan.

5. Production Services

Layanan produksi (Produksi Jasa) merupakan kegiatan produksi yang bertujuan untuk menjual layanan kepada masyarakat dalam bentuk keterampilan tertentu yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh orang lain.

F.A.Q

Apa itu kegiatan Produksi?

Produksi sering diartikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengubah bahan baku menjadi barang siap pakai atau untuk meningkatkan nilai dari suatu produk agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jenis – jenis dari proses Produksi terdiri dari?

1. Continuous production process
2. The production process is disjointed
3. Mixed production process

Contoh dari kegiatan Produksi Ekstraktif yaitu?

1. Coal mining (Pertambanagn Batu Bara)
2. Gold mining (Pertambangan Emas)
3. Petroleum mining (Pertambangan Minyak Bumi)

Semoga pembahasan kali ini tentang Jenis – Jenis Produksi beserta dengan hal-hal di dalamnya dapat menambah pengetahuan kita semua.