Jenis – Jenis Narkoba

Posted on

Jenis – Jenis Narkoba – Banyak yang sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Sebab, di Indonesia kasus ini sudah sering terjadi, bahkan Indonesia mendapatkan gelar sebagai penyandang kasus Narkoba terbesar didunia.

Jenis - Jenis Narkoba

Dari tahun ke tahun, data dari kasus penyalahgunaan Narkoba di Indonesia semakin meningkat. Tidak hanya rakyat biasa, tetapi Artis bahkan para Pejabat pun terjerat dengan kasus yang satu ini.

Namun, masih banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu Narkoba yang sebenarnya? Apa saja jenis-jenisnya? Untuk itu, mari kita simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Daftar Isi :

Definisi Narkoba

Narkotika atau Narkoba merupakan sebuah obat atau zat yang berasal dari tanaman dan ditambahkan oleh bahan kimia sintetik dan semi-sintetik lainnya yang menyebabkan perubahan atau penurunan kesadaran.

Drugs atau yang dikenal juga dengan istilah narkotika biasanya digunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri, serta untuk meningkatkan daya rangsang lawan jenis (ada yang menimbulkan efek tinggi dan rendah).

Tidak hanya itu saja, jika dikonsumsi tidak sesuai dengan resep dokter maka hal ini dapat menimbulkan ketergantungan bagi orang yang mengkonsumsinya.

Sementara menurut UU Narkotika Pasal 1 ayat 1 mengatakan bahwa Narkotika merupakan sebuah zat buatan atau zat alami yang dapat menimbulkan efek halusinasi, penurunan kesadaran, serta dapat menimbulkan kecanduan.

Baca Juga :
Pengertian Limbah
Perkembangbiakan Tumbuhan
Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Gambar, Habitat, Dan Fungsinya

Jenis – Jenis Narkoba

Jenis - Jenis Narkoba

Kandungan yang terdapat di dalam Narkotika, memang dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan manusia jika disalahgunakan atau tidak sesuai dengan resep dokter.

Dalam UU yang membahas tentang Narkotika, Narkoba dibedakan menjadi 3 kelompok sesuai dengan risiko ketergantungannya. Dibawah ini merupakan Jenis – Jenis Narkoba sesuai dengan golongannya, yaitu :

1. Narkotika

Narkoba jenis ini merupakan salah satu zat yang dapat memberikan pengaruh tertentu terhadap tubuh manusia, di mana penggunaannya dengan cara memasukkannya ke tubuh. 

Pengaruh yang dapat timbulkan berbagai macam, salah satunya adalah dalam hal pembiusan, yaitu dengan hilangnya rasa sakit, memberikan rasa semangat, serta halusinasi.

Sehingga, tak heran apabila orang yang mengkonsumsi narkotika ini akan merasakan sebuah efek seperti muncul khayalan-khayalan yang tidak seperti biasanya. Secara umum, Narkotika ini dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu :

  • Narcotics Group I, adalah salah satu jenis narkotika yang sangat berbahaya, sebab didalamnya mempunyai daya adiktif yang tinggi, Narkotika yang termasuk kedalam golongan ini yaitu Ganja, Kokain, Heroin, Opium dan morfin.
  • Narkotika Group II, merupakan salah satu jenis narkotika yang didalamnya mempunyai daya adiktif yang cukup kuat, namun sangat berguna dalam bidang pengobatan serta penelitian. Narkotika yang termasuk kedalam golongan ini yaitu Petidin, Beametadol dan Benzitidin.
  • Narcotics Group III, merupakan salah satu jenis Narkotika yang didalamnya mempunyai daya adiktif yang terbilang cukup ringan sehingga sering digunakan dalam hal pengobatan serta penelitian dalam ilmu pengetahuan. Narkotika yang termasuk kedalam golongan ini yaitu Kodein dan seterusnya.

2. Psikotropika

Psikotropika adalah zat atau obat yang termasuk dalam jenis anestesi alami dan sintetik. Zat ini mempunyai manfaat psikoaktif melalui pengaruh yang bersifat selektif terhadap sistem saraf pusat yang menimbulkan perubahan yang khas pada setiap aktivitas serta perilaku normal seseorang.

Secara umum, Narkotika ini dikelompokkan menjadi empat golongan, yaitu :

  • Group I Psychotropics, merupakan salah satu zat yang mempunyai daya adiktif yang terbilang sangat kuat. Namun, masih belum diketahui kegunaannya dalam bidang pengobatan, sehingga sampai saat ini masih terus diteliti apa saja manfaatnya. Misalnya seperti MDMA, Ekstasi, LSD dan juga STP.
  • Group II Psychotropic, merupakan salah satu jenis psikotropika yang mempunyai daya adiktif yang cukup kuat. Namun, sering digunakan dalam bidang pengobatan serta penelitian. Misalnya seperti Amfetamin, Metakwalon dan Metamfetamin.
  • Psikotropika Golongan III, merupakan salah satu jenis zat yang memiliki daya adiktif sedang. Sehingga, dapat digunakan dalam dunia pengobatan serta kepentingan dalam bidang penelitian. Misalnya seperti Lumibal, Buprenorsina dan juga Fleenitrazepam.
  • Group IV Psychotropic, adalah salah satu jenis psikotropika yang memiliki daya adiktif yang sangat rendah. Zat ini berfungsi di dalam bidang pengobatan serta penelitian. Misalnya seperti Nitrazepam, BK, Dumolid, Diazepam dan juga Mogadon.

3. Zat Adiktif

Zat adiktif lainnya merupakan sebuah zat-zat yang tidak tergolong ke dalam jenis Narkotika ataupun Psikotropika, yang bisa memberikan ketergantungan terhadap setiap orang yang mengkonsumsinya. Misalnya seperti :

  • Rokok
  • Alkohol atau jenis minuman yang sama yang dapat memabukkan dan berbahaya bagi pengguna.
  • Zat yang lebih tipis dan serupa seperti lem kayu, penghilang cairan dan aseton, cat dan bensin, yang bila dihirup dapat memabukkan bagi siapa saja yang melakukannya.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Narkoba?

Narkotika atau Narkoba merupakan sebuah obat atau zat yang berasal dari tanaman dan ditambahkan oleh bahan kimia sintetik dan semi-sintetik lainnya yang menyebabkan perubahan atau penurunan kesadaran.

Apa itu Opium?

Opium atau Opiat merupakan salah satu jenis Narkotika yang terbuat dari tumbuhan yang berjenis Papaver Somniferum yang belum matang atau masih mentah.

Dampak yang dirasakan oleh para pengguna Narkotika umumnya adalah?

1. Dehidrasi
2. Halusinasi
3. Menurunnya Tingkat Kesadaran
4. Kematian
5. Gangguan Kualitas Hidup

Nah itu dia, sedikit dari penjelasan tentang Jenis-Jenis Narkoba yang perlu kalian ketahui. Semoga menambah wawasan baru untuk kita semua.