Jenis – Jenis Kebutuhan

Posted on

Jenis – Jenis Kebutuhan – Pada dasarnya semua individu atau orang pasti memiliki berbagai macam keinginan serta kebutuhan yang tidak terbatas yang mana harus dipenuhi dalam menunjang kehidupan mereka.

Jenis - Jenis Kebutuhan

Kebutuhan tersebut misalnya seperti makanan, minuman, pakaian, rumah dan lain sebagainya. Namun, semakin kita berusaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, tetap saja merasa belum puas.

Untuk memahami serta mengetahui tentang Kebutuhan Manusia secara rinci, mari kita simak penjabaran yang ada di bawah ini beserta dengan hal-hal didalamnya.

Definisi Dari Kebutuhan

Kebutuhan sering diartikan sebagai keinginan seseorang untuk barang atau jasa tertentu yang dapat digunakan untuk memenuhi kepuasan mental dan fisik demi kelangsungan hidup sehari-hari.

Jika kebutuhan ini dapat dipenuhi, maka dapat dikatakan bahwa hidupnya telah mencapai tingkat kemakmuran. Kemakmuran sering diartikan sebagai suatu kondisi yang dialami seseorang, di mana sebagian besar dari kebutuhan mereka sudah dapat dipenuhi.

Perlu kalian ketahui bahwa, antara individu yang satu dengan individu lainnya mempunyai keperluan dan kebutuhan yang cenderung berbeda. Sehingga, sudah tidak heran apabila cara mewujudkannya juga berbeda.

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

Tidak hanya definisi secara umum saja, tetapi terdapat beberapa para ahli yang mengungkapkan definisi dari kebutuhan, yaitu :

1. Abraham Maslow

Menurut Abraham, Kebutuhan merupakan perilaku semua individu sesuai dengan prinsip keinginan dan juga terorganisir di antara mereka sendiri. Pengaruh-pengaruh ini saling melengkapi sehingga ada level yang lebih dominan.

2. Murray

Menurut Murray, Kebutuhan merupakan sebuah konstruksi yang menunjukkan “dorongan di wilayah otak” dengan mengatur berbagai proses seperti berpikir, persepsi dan berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan untuk mengubah ketentuan yang ada.

Baca Juga :
Peralatan Teknologi Informasi
Teori Perilaku Konsumen
Pertumbuhan Ekonomi – Pengertian, Teori dan Faktor Yang Mempengaruhi

Macam – Macam Kebutuhan

Secara umum, kebutuhan manusia dibedakan menjadi beberapa kelompok. Berikut ini penjelasan dari kelompok-kelompok Kebutuhan Manusia, yaitu :

1. Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Jika dilihat berdasarkan dengan Intensitasnya, kebutuhan ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Primary Needs, merupakan salah satu bentuk kebutuhan yang harus segera dipenuhi demi menjaga kelangsungan hidupnya. Primary Needs ini sering dikenal dengan istilah kebutuhan fisiologis. Pada dasarnya, kebutuhan ini terdiri dari tiga unsur, yaitu sandang, pangan dan juga papan.
  2. Secondary Need, adalah semua kebutuhan yang akan terpenuhi ketika semua kebutuhan primer atau dasar sudah terpenuhi dengan baik. Contohnya seperti kursi, meja, lemari, sepatu, dan masih banyak lagi.
  3. Tertiary Needs, adalah kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada dasarnya, kebutuhan tersier ini juga disebut sebagai kebutuhan mewah karena pemenuhan kebutuhannya ditujukan untuk barang-barang mewah yang hanya dapat dipenuhi oleh orang-orang dengan pendapatan yang besar.

2. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Jika dilihat berdasarkan sifatnya, Kebutuhan dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Physical Needs, merupakan salah satu bentuk kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh agar dapat memberikan kepuasan terhadap raganya. Misalnya seperti obat-obatan, suplemen, vitamin, dan masih banyak lagi.
  • Spiritual Needs, merupakan salah satu bentuk kebutuhan yang dibutuhkan oleh jiwa atau batin seseorang untuk mendapatkan kesenangan atau kebahagiaan. Contohnya seperti Kasih sayang dari orang tua atau pasangan hidup dan juga melaksanakan ibadah.

3. Kebutuhan Berdasarkan Subjeknya

Jika dilihat berdasarkan dengan subjeknya, Kebutuhan dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Individual Needs, merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh semua individu, dengan kata lain bahwa kebutuhan dari individu yang satu dengan individu yang lainnya berbeda.
  2. Collective Needs, adalah kebutuhan yang harus dipenuhi demi mewujudkan kebaikan bersama serta dilakukan bersama. Contohnya seperti membangun jalan, jembatan, dan masih banyak lagi.

4. Kebutuhan Berdasarkan Waktunya

Jika dilihat berdasarkan dengan waktunya, Kebutuhan ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Kebutuhan Sekarang, adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi karena urgensi setiap aktivitas kehidupan yang ia jalani. Contohnya seperti pada saat sedang mengalami sakit keras maka harus segera berobat kerumah sakit.
  • Kebutuhan dimasa depan, yaitu kebutuhan yang masih bisa ditunda dalam pemenuhannya. Kebutuhan ini umumnya berkaitan dengan rencana seseorang di masa depan yang kerap dihubungkan dengan “cita-cita”. Misalnya seperti ingin mempunyai rumah sendiri, ataupun ingin kuliah di luar negri.
  • Kebutuhan yang tidak ditentukan, merupakan kebutuhan hidup seseorang yang datang dengan tiba-tiba. Artinya, kebutuhan ini tidak dapat prediksi kapan datangnya keperluan ini. Misalnya ada keluarga yang bersilaturrahmi sehingga kita harus menyiapkan segala sesuatu.
  • Kebutuhan sepanjang masa, merupakan keperluan seseorang yang wajib dipenuhi sepanjang masa hidupnya. Misalnya seperti kebutuhan tentang ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh semua orang.

F.A.Q

Apa itu Kebutuhan?

Kebutuhan sering diartikan sebagai keinginan seseorang untuk barang atau jasa tertentu yang dapat digunakan untuk memenuhi kepuasan mental dan fisik demi kelangsungan hidup sehari-hari.

Cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi Kebutuhan seseorang?

1. Pertama, yaitu dengan cara membuat semua kebutuhan dengan tangannya sendiri.
2. Kedua, yaitu dengan cara membeli semua kebutuhannya dari orang lain.
3. Ketiga, yaitu dengan cara meminta semua kebutuhan yang kita butuhkan kepada orang lain.

Faktor yang mempengaruhi Kebutuhan yaitu?

1. Kondisi dari alam
2. Berdasarkan dengan kepercayaan yang dianut.
3. Faktor adat dan juga istiadat
4. Faktor dari Pekerjaan ataupun Profesi yang digeluti.

Nah, itulah informasi singkat dari ulasan kali ini, semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan untuk kita semua.