Jenis – Jenis Karya Sastra

Posted on

Jenis – Jenis Karya Sastra – Karya sastra merupakan sebuah kata yang tentunya sudah tak asing lagi jika terdengar ditelinga kita. Terutama bagi kalian yang sedang menempuh pendidikan di bangku sekolah atau perguruan tinggi.

Jenis - Jenis Karya Sastra

Meskipun sudah tidak asing lagi, akan tetapi masih banyak dari kita yang masih belum mengetahui dan juga memahami arti dari Karya Sastra yang sesungguhnya. Dalam bahasa, kata sastra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulisan”.

Kemudian kata tersebut memperoleh imbuhan Su-sastra yang memiliki arti “tulisan yang baik”. Setelah itu, kata Susastra di tambahkan konfiks ke dan an sehingga menjadi kesusastraan. Konfiks ke-an memiliki arti “hal”, sehingga Kesusastraan bisa diartikan sebagai “mengenai tulisan yang indah atau baik”.

Sastra Menurut Para Ahli

Selain penjelasan yang ada diatas, berikut ini merupakan definisi dari Sastra yang diungkapkan oleh para ahli, yaitu sebagai berikut :

  • Ahmad Badrun, Sastra merupakan suatu aktivitas seni yang didalamnya memanfaatkan bahasa serta garis dan juga simbol-simbol lainnya sebagai alat dan memiliki sifat yang imajinatif.
  • Semi, Sastra merupakan suatu bentuk dan juga hasil karya seni kreatif yang mana objeknya berupa manusia serta menggunakan bahasa sebagai media untuk mengungkapkannya.
  • Mursal Esten, Sastra atau Kesusastraan merupakan sebuah ekspresi fakta artistik dan juga imajinatif sebagai manifestasi dari kehidupan manusia melalui bahasa yang berperan sebagai media serta ditambah dengan efek positif dalam kehidupan manusia.
  • Engleton, Sastra merupakan skrip halus di mana ia mendistorsi bentuk bahasa sehari-hari dengan berbagai cara, bahasa dikompresi, dimasukkan, dikemas, diencerkan dan sebaliknya, dibuat aneh.
  • Panuti Sudjiman, Sastra berperan sebagai karya lisan dan juga tulisan yang menghadirkan kelebihan seperti orisinalitas, keahlian, keindahan di dalam konten dan juga ekspresi.

Jenis – Jenis Karya Sastra

Seperti yang sudah kalian ketahui, karena banyak sekali jenis-jenis karya sastra yang sering dipelajari, yaitu sebagai berikut :

1. Puisi

Puisi merupakan salah satu bentuk dari karya sastra yang sangat terikat dengan aturan tertentu, seperti irama, rima serta penyusun bait dan juga baris yang mana bahasanya nampak indah dan juga penuh dengan makna.

Di dalam pembuatan Puisi, kita harus memperhatikan diksi. Sedangkan dalam pilihan bahasanya karya sastra ini lebih banyak menggunakan kalimat bermajas atau memiliki makna konotatif.

Puisi terbagi menjadi berbagai macam jenis sesuai dengan temanya. Terdapat salah satu jenis puisi yang banyak disukai oleh anak muda, yaitu puisi cinta. Terlebih lagi jika dalam momen untuk mengungkapkan cinta, puisi banyak dicari.

Baca Juga :
Jenis Jenis Majas
Persajakan Dalam Puisi
Contoh Prosa – Pengertian, Manfaat, Ciri, Jenis, Perbedaan

2. Prosa

Prosa adalah salah satu bentuk dari karya sastra yang berbeda dengan puisi. Namun, banyak yang beranggapan bahwa keduanya merupakan karya sastra yang sama. Sedangkan dalam Prose mempunyai ritme yang lebih banyak.

Untuk penggunaan katanya, Prose tidak memiliki majas atau kiasan. Sederhananya, prosa sering diartikan sebagai tulisan yang bebas dimana dalam penulisannya tidak terikat dengan aturan-aturan tertentu.

3. Drama

Drama adalah salah satu bentuk dari suatu karya sastra yang mana didalamnya menceritakan kehidupan dari manusia melalui media gerak dan juga suara.

Jadi karya sastra yang satu ini tidak hanya sekedar cerita tertulis saja, tetapi dalam drama watak tokoh, cerita dan juga lain sebagainya dapat di lihat dari permainan sekaligus dialog para tokohnya.

Secara umum, Drama dibedakan berdasarkan genre tema yang terdapat dalam drama, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Komedi, merupakan sebuah cerita atau kisah yang mengandung unsur humor serta lelucon, dimana drama ini berfungsi untuk menghibur para penontonnya.
  • Musikal, merupakan salah satu bentuk dari sebuah drama yang mana pementasannya diiringi dengan alunan musik sebagai pelengkap dari pertunjukan seni tersebut.
  • Tragedi Komedi, merupakan sebuah cerita atau kisah yang didalamnya menceritakan unsur kesulitan, humor dan juga lelucon secara bergantian.
  • Tragedi, merupakan salah satu bentuk dari drama yang mana ceritanya mengandung sebuah kesulitan ataupun kesusahan yang dialami oleh tokoh.

4. Pantun

Karya sastra Indonesia yang berupa sebuah pantun dapat disebut sebagai puisi lama. Namun, sudah sangat jelas bahwa pantun berbeda dengan puisi yang sudah dijelaskan di atas.

Dimana, dalam pemilihan katanya Pantun mesti sangat teliti. Untuk karakteristiknya dalam pantun setiap satu bait terdiri atas 4 baris yang mana setiap barisnya terdapat 8 hingga 12 suku kata. Sedangkan untuk sajaknya, Pantun bersajak a-b-a-b.

5. Dongeng

Dongeng adalah salah satu karya sastra lama yang berisi cerita yang lebih bersifat fiksi atau mengandung imajinasi yang sangat luar biasa. Masyarakat percaya bahwa dongeng ini tidak benar-benar terjadi.

Saat mendiskusikan dari mana dongeng ini berasal, dimana pada dasarnya para leluhur sudah mewariskan dongeng ini dari generasi ke generasi sebagai sebuah cerita rakyat tradisional.

6. Hikayat

Hikayat adalah salah satu karya sastra yang berbentuk berupa sebuah prosa, yang mana di dalamnya dapat berisikan tentang cerita, kisah ataupun dongeng.

Namun, mayoritas hikayat memakai bahasa melayu yang mungkin cukup sulit untuk dipahami terutama bagi orang awam. Biasanya hikayat digunakan sebagai sarana hiburan.

F.A.Q

Apa itu Sastra?

Dalam bahasa, kata sastra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulisan”. Kemudian kata tersebut memperoleh imbuhan Su-sastra yang memiliki arti “tulisan yang baik”. Setelah itu, kata Susastra di tambahkan konfiks ke dan an sehingga menjadi kesusastraan. Konfiks ke-an memiliki arti “hal”, sehingga Kesusastraan bisa diartikan sebagai “mengenai tulisan yang indah atau baik”.

Fungsi dari Karya Sastra adalah?

1. Untuk menyampaikan pesan dan juga nilai moral.
2. Sebagai media untuk mengungkapkan sebuah kritikan kepada seseorang.
3. Membangkitkan rasa nasionalisme.

Ciri – Ciri dari Sebuah Sastra, yaitu?

1. Didalamnya menceritakan kisah tentang manusia dengan berbagai macam bentuk permasalahannya.
2. Umumnya memiliki tatanan dan pemilihan bahasa yang baik dan juga indah.
3. Penyajiannya dapat memberikan kesan yang menarik bagi para pembacanya.

Sekian pembahasan dari ulasan artikel kali ini, semoga membantu dan menjadi wawasan baru untuk kita semua..