Jazakallah Khairan Artinya

Posted on

Jazakallah Khairan Artinya – Asslamualaikum, Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama, Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi ilmu mengenai tentang pembahasan jazakallahu khairan. Bagi kita yang menganut Agama islam mungkin sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut.

Namun sangat banyak sekali yang belum mengetahui istilah tersebut, maka pada kesempatan ini kami akan sedikit mengulas mengenai arti jazakallahu khairan.

Pada dasarnya kalimat ini basa digunakan sebagai wujud rasa terima kasih seseorang Muslim kepada sesama Muslim lainnya.

Tujuannya tidak ada lain yaitu karena seseorang tersebut sudah melakukan suatu hal kebaikan yang sangat bermanfaat untuk orang lain.

Dalam Artikel ini kami akan membahas lebih rinci lagi tentang kalimat jazakallahu khairan,

Simak penjelasannya di bawah ini :

Arti Jazakallahu Khairan

Jazakallah-Khairan-Artinya

Jazakallah Khairan Artinya Sebagai Berikut :

Adapun arti jazakallah khairan, Jazakallah khairan  adalah terdiri dari dua kata yakni jazakallah dan khair

  • Jazakallah artinya adalah “semoga Alloh membalasmu
  • Jazakallah khairan artinya adalah “semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan

Inilah salah satu ucapan yang benar dan lengkap, terkadang kita hanya mendengar ucapan jazakallah, sehingga artinya tidak pas karena tidak lengkap.

Ucapan yang semacam ini untuk laki-laki, ada pula untuk perempuan, ucapan yang benar ialah jazakillah khairan. Sedangkan untuk banyak orang atau jamak , ucapan yang benar ialah  jazakumullah khairan.

Terkadang ucapan-ucapan diatas di sunnahkan oleh Rasulullah untuk menyampaikan terima kasih dan mendo’akan orang yang telah berbuat baik kepada kita.

Supaya lebih jelasnya pengucapan kalimat tersebut maka kita simak penjelasan yang kami sajikan dibawah ini :

  • جَزَا ك الله Jazakillahu Khairan“, semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan (Perempuan)
  • جَزَاكَ اللهُJazakallahu Khairan“, semoga Alloh Membalasmu Dengan Kebaikan (Laki-laki )
  • جَزَاكُمُ اللهُ Jazakumullahu Khairan“, semoga Alloh Membalas Kalian dengan Kebaikan (Jamak)

Keutamaan Jazakallahu Khairan

Islam juga tidak hanya mengajarkan kita manusia membangun hubungan baik dengan Alloh yang maha Pencipta.

Tetapi islam juga mengajarkan kita untuk membangun hubungan baik dengan sesama manusia.

Salah satu bentuk hubungan baik kepada sesama manusia ialah, berterima kasih ketika mendapatkan pemberian atau perlakuan yang baik dari orang lain.

Menyampaikan rasa terima kasih juga kesesama manusia atas kebaikannya, merupakan perbuatan seseorang bisa bersyukur terhadap Allah atas nikmat – nikmat nya.

Perhatikan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di bawah ini :

Yang artinya :

Tidaklah dikatakan bersyukur pada Alloh, siapa yang tidak tahu berterima kasih terhadap sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; hadist shahih)

Ada beberapa perbedaan dengan ucapan rasa terima kasih lainnya, yang ucapannya jazakallah khairanjazakillah khairan atau jazakumullah khairan mempunyai beberapa keutamaan ialah sebagai berikut :

Terima Kasih Yang Baik

Daripada mengucapkan “terima kasih”, “syukran”, “thank you” atau yang lainnya, ucapan jazakallah khairan lah yang terbaik. Rasulullah SAW

Yang artinya :

“Barang siapa yang diperlakukan dengan baik oleh orang lain terus iya berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka iya sudah memujinya dengan setinggi-tingginya.” (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “hadist hahih”)

Sunnah Rasulullah

Ucapan rasa terima kasih dengan jazakallah khairan ini merupakan sunnah Rasulullah SAW. Beliau pun telah mengajarkan ucapan ini kepada sahabat, dan sahabat juga mengamalkannya.

Yang artinya :

Jika ada seseorang telah berkata kepada saudaranya “jazaakallah khairan” (semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan), maka iya telah memujinya dengan setinggi-tingginya. (HR. Thabrani, Al Albani berkata: “shahih li ghairihi”)

Ucapan Do’a

Rasulullah telah mengajarkan, ketika kita mendapat kebaikan dan hadiah dari orang lain, hendaklah kita membalasnya dengan kebaikan atau hadiah pula.

Namun jika kita belum bisa, minimal dengan ucapan terima kasih atau mendoakannya.

Ucapan jazakallah khairanjazakillah khairan atau jazakumullah khairan merupakan ucapan rasa terima kasih sekaligus do’a kepada orang yang telah memberikan hadiah dan kebaikan untuk kita.

Yang artinya :

“Dan barang siapa yang berbuat baik kepada kalian maka kalian membalasnya, jika iya tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka do’akan lah iya, sampai kalian bisa melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” (HR. Abu Daud)

Mendapat Do’a

Disaat kita mengucapkan terima kasih dengan cara do’a ini diatas, maka kita juga akan mendapatkan jawaban dengan mendo’akan iya kembali.

Walaupun tidak dijawab oleh seseorang tersebut, maka malaikat yang akan menjawab nya dengan mendo’akan kita kembali. Amin

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan yang dapat memudahkan kita dalam pemahaman, seperti apa kesimpulan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kesimpulan dari beberapa penjelasan singkat tentang Arti Jazallahu Khairan, mari kita simak bersama.

  1. Arti Jazakallah Khairan (bisa dibaca: Jazakallahu Khairan) adalah Semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan.
  2. Arti Jazakumullah Khairan (bisa dibaca: Jazakumullahu Khairan) adalah semoga Alloh selalu membalas kalian dengan kebaikan.
  3. Adapun ucapan ini harus disesuaikan dengan subjek lawan bicara kita, Jazakallahu Khairan ( kepada laki- laki tunggal), Jazakillahu Khairan (kepada Perempuan tunggal) dan Jazakumullahu Khairan (kepada Jamak).
  4. Dalam cara penggunaannya, Lebih baik lagi dicukupkan dengan ucapan “Jazakallahu Khairan” saja, tanpa ada tambahan “katsiran” sesuai yang tertera dalam Hadist.
  5. Kita Sebagai seorang Muslim alangkah baiknya meninggalkan ucapan terima kasih, diganti dengan ucapan “Jazakallahu Khairan” yang mengandung makna ucapan terima kasih sekaligus Do’a.

Jadi jelaslah sudah kalimat Jazakallahu Khairan ini memang tadak jarang kita di dengar di kalangan kehidupan sehari -hari, karena kalimat tersebut sering di ucap kan dari kalangan orang yang mengerti agama. seperti para kiyai, ustad atau para santri.

Demikian lah penjelasan tentang jazakallah khairan artinya serta arti jazakumullah khairan katsiran dan jawabannya, semoga kita semua di berikan ke pahamman dari arti jazakallahu khairan dan semoga memberikan manfaat bagi para pembaca nya. Amin

Baca Juga :