Jawaban Barakallah Fii Umrik

Posted on

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.. Pada kesempatan kali ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Alloh SWT, yang telah memberikan kesempatan sehingga, kami dapat membagikan ilmu yang sangat bermanfaat ini bagi kita semua.

Baiklah Sobat semua pada artikel kami sebelumnya kami sudah membahas arti dari Barakallah Fii Umrik.

Dalam kesempatan yang mulia ini kami juga akan membahas tentang bagian dari artikel sebelumnya yaitu jawaban dari Barakallah Fii Umrik.

Berikut penjelasan nya di bawah ini :

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Sebaik – baiknya ucapan adalah, ucapan yang mempunyai arti dan makna mendalam terhadap orang lain. Dengan arti dari kalimat Barakallah fii umrik ialah salah satu ungkapan yang baik kepada orang yang sedang Milad atau ulang tahun.

Adapun Jawaban dari “Barakallah fii umrik” sendiri adalah, salah satunya dengan menjawab ucapkan seperti :

“Wa fiika barakallah”.

Yang artinya :

Semoga Allah juga memberkahimu

Kalimat tersebut juga lazim sering digunakan di waktu- waktu lain selain ultah.

Ketika kita menjawab do’a dari seseorang , maka sesungguhnya ada dua kemanfaatan yang kita dapat:

  • Pertama mendapatkan pahala, karena kita saling mendo’a kan
  • Kedua ialah mendapatkan pahala, karena suka mengajarkan jawaban do’a tersebut.

Adab bagi seorang muslim adalah suka mendo’akan seseorang yang sudah mendo’akan kita, hal yang semacam ini sudah menjadi faktor kebiasaan umat islam.

Senantiasa untuk berlomba – lomba dalam mendapatkan kebaikan, sehingga kesatuan umat Islam akan bisa terjaga karena adanya kebaikan antar sesama Muslim.

Adab secara umum dalam kehidupan bermasyarakat untuk mengucap kan salam kepada saudaranya disaat bertemu, maka orang yang mendapatkan salam tersebut wajib untuk memberikan jawaban.

Jadi disamakan dalam hal tersebut, maka tentulah saja kita telah dido’akan untuk selalu mendapatkan keberkahan umur dari Alloh.

Dan kita juga tidak ingin kalah dalam menginginkan kebaikan kepada saudara kita yang lainnya, seperti yang sudah di jelaskan di atas maka ada beberapa jawaban Barakallah fii umrik yang benar yaitu:

Contohnya :

  1. Kepada Laki – laki. Jika Do’a Barakallah fii Umrik di ucapkan oleh seorang laki – laki makan kita bisa menjawab dengan ucapan kalimat ” WaFiiki Barakallah”
  2. Kepada Perempuan . Jika Do’a Barakallah fii umrik di ucapkan oleh seorang perempuan makan kita bisa juga menjawabnya dengan ucapan kalimat ” Wa fiiki Barakallah”
  3. Kepada orang banyak . Jika Do’a Barakallah fii umrik di ucapkan oleh orang banyak makan kita juga bisa menjawabnya dengan ucapan kalimat ” Wafiikum Barakallah “.

Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik Atau Wafiikum Barakallah

Dari Syaikh Muhammad Bin Shalih Al Utsaimin, ialah menerangkan bahwa seorang yang berumur panjang, tidak selalu merubah kebaikan.

Kecuali kalau memang umurnya tersebut digunakan untuk selalu berbuat kebaikan, taa’t, dan menggapai ridho dari Alloh SWT.

Iya pun juga menerangkan bahwa sebaik-baiknya orang, adalah orang yang berumur panjang serta memiliki amalan yang baik.

Dan begitu pun sebaliknya, seburuk-buruknya orang, adalah yang diberikan nikmat umur panjang tetapi buruk amal ibadahnya.

Sebagian Kiya’i atau ulama tidak terlalu senang dengan do’a yang meminta agar diberikan umur yang panjang secara mutlak.

Mereka tidak setuju dengan ungkapan “Semoga Allah memanjangkan umurmu” kecuali dengan diberikan tambahan dalam kebaikan atau keberkahan .

Oleh karena itu, tidak ada yang salah jika kita sama-sama saling mendo’a kan agar mendapat keberkahan di sisa umur yang kita miliki saat ini.

Hal ini bisa dianggap baik selama tidak dibarengi dengan hura-hura dan pesta pora yang mendekati kepada kemaksiatan.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama meluruskan niat agar apa yang kita perbuat bisa tercatat sebagai ibadah. Amin

Kesimpulan

Mengucapkan brakallah fii umrik atau jawabnya Wafiikum Barakallah, yang di artikan adalah ucapan selamat ulang tahun, tidak ada tuntunan nya dalam Agama Islam, dan juga tidak ada larangan nya secara jelas.

Adapun Do’a dalam merayakan ulang tahun, tidak ada juga yang namanya do’a ulang tahun Islami. Di dalam Islam, yang ada hanyalah do’a meminta supaya diberi umur yang panjang dan keberkahan hidunya.

Yang sangat penting adalah , kita tidak boleh membiasakan diri dengan perayaan hari ulang tahun yang bersifat hura- hura, atau mengandung kemunkaran dan pemborosan semata.

Seandainya ada diantara kita ingin memperingati hari lahir, Peringatilah dengan hal yang Ber-muhasabah atau perbanyak lah Do’a dan mengucap rasa syukur serta meminta ampunan Allah SWT.

Semoga dengan mengajarkan dari do’a diatas kita semua selalu mendapatkan pahala jariyah yang berlipat ganda dari Alloh. Amin ya robbal alamin.

Demikian artikel yang berisi penjelasan mengenai jawaban dari Do’a “Barakallah Fii Umrik”, atau bisa juga “Wa fiika barakallah”, semoga dengan adanya artikel ini kita bisa menambah wawasan sekaligus ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.

Semoga, kita semu bisa menjadi panutan pribadi-pribadi yang selalu bersyukur, dan menerima segala sesuatu suratan takdir yang telah Alloh berikan kepada kita. Amin

Baca Juga :