Jaringan Palisade

Posted on

Jaringan Palisade – Pada membahas kali ini kami masih membahas ilmu tentang pelajaran Biologi yang mengenai tumbuhan di sekitar kita yaitu Jaringan Palisade atau bisa disebut dengan jaringan tiang pada daun. Pada kesempatan ini akan dibahas secara lengkap mulai dari pengertian, bagian, struktur, bentuk, gambar, dan fungsi jaringan palisade

Mengenai biologi sangatlah luas dalam pembahasan nya karena biologi adalah ilmu pengetahuan tentang alam sekitar kita yang menyangkut pada struktur dan perkembangan pada tumbuhan.

Untuk lebih mudah cara memahaminya langsung saja simak pembahasan secara detail berikut ini :

Pengertian Jaringan Palisade

Jaringan-Palisade

Jaringan Palisade merupakan salah satu jaringan yang termasuk pada bagian jaringan mesofil atau dengan kata lain adalah Jaringan Tiang yang dimiliki berbagai macam daun.

Hal tersebut merupakan sebutan jaringan palisade, jaringan memiliki susunan Sel yang merupakan jaringan mesofil, karena berfungsi sebagai pengisi diantara jaringan lain. Sehingga dapat diketahui bahwa jaringan ini terletak diantara dalam sel-sel yang terdapat di dalam jaringan mesofil tersebut.

Baca juga : Sel Tumbuhan

Ciri Ciri Jaringan Palisade

Setelah di teliti dari beberapa penjelasan di atas maka Palisade terdapat beberapa ciri yang termasuk dalam jaringan atau yang sering dikenal dengan sebutan tiang, di bawah ini ciri ciri palisade ialah sebagai berikut :

  • Memiliki bentuk yang memanjang pada jaringan seperti pada jaringan pagar
  • Memiliki bagian sel yang tersusun rapat sehingga sel tersebut dapat memisahkan ruang antar sel jaringan dan sel spons dibandingkan dengan sel yang ada pada jaringan bunga.
  • Memiliki Susunan satu lapis sel saja
  • Memiliki kandungan sel dalam jumlah yang besar

Fungsi Jaringan Palisade

Terlepas dari letak atau pun ciri cirinya, maka jaringan palisade pada daun memiliki beberapa fungsi jaringan adalah sebagai berikut :

  • Sebagai tempat proses terbentuknya sel yang menyebabkan terjadinya proses fotosintesis, hal ini merupakan jaringan yang terdapat dan mengandung banyak kloroplas untuk dapat menyerap pancaran sinar matahari.
  • Sebagai proses mendapatkan energi dari radiasi matahari atau mendapatkan komponen seperti dioksida (CO2).
  • Sebagai tempat proses untuk membuat (sintesis) sel senyawa dari organik yang berupa karbohidrat sehingga menjadi makanan utama bagi tumbuhan.
  • Sebagai proses terbentuknya jaringan tiang pada daun untuk sebagai jaringan mesofil sehingga sel tersusun sebagai pengisi utama pada lapisan sel dalam daun.
  • Berguna sebagai proses dalam jaringan untuk menguap sel yang keluar dari dinding sel.

Baca Juga : Jaringan Tumbuhan

Struktur Jaringan Palisade

Gambar-Struktur-Palisade
Gambar Struktur Jaringan Palisade

Seperti yang kita ketahui tentang palisade itu, merupakan salah satu jaringan atau tiang, maka terdapat beberapa struktur yang terdapat pada jaringan tiang ini.

Struktur jaringan pada tumbuhan lainnya seperti yang kita ketahui bahwa palisade merupakan bentuk penyusunan nya banyak mengandung kloroplas dan ruang antar sel.

Baca Juga : Jaringan Epidermis

Di bawah ini beberapa Struktur yang terdapat pada palisade adalah sebagai berikut :

Struktur Jaringan Tiang

Struktur Jaringan Tiang, memiliki ruang antar sel yang terdiri dari sejumlah sel yang bersifat memanjang dan tegak lurus terhadap permukaan helai daun. Sehingga saling terpisah antara ruang udara dan dalam ruang antara sel untuk mencapai sel tersebut.

Pada jaringan tiang ini juga merupakan tempat yang paling banyak ditemukan kloroplas sehingga kloroplas ini menempel pada daun lapisan jaringan tiang.

Jaringan tiang mengakibatkan proses lebih efisien sehingga mengakibatkan jumlah kloroplas akan meningkat dan dimensi ke permukaan ruang antar sel nya dan membentuk dalam jaringan tiang sempit.

Struktur Jaringan Spons

Struktur Jaringan Spons, memiliki ruang antar sel yang terdiri dari luas sel sehingga membentuk sebuah jaringan tiang berada disebelah atas, maka jaringan spons ini berada pada bagian bawah.

Jaringan spons ini merupakan sel yang bercabang dan yang tidak teratur bentuknya karena hubungan antara sel tersebut tidak berdampingan atau tidak sejajar sehingga memiliki kesinambungan horisontal yang permukaan daun nya luas dari permukaan yang kecil.

Jika kita perhatikan dengan berdasarkan letaknya dan strukturnya, maka jaringan palisade tersusun atas dua susunan yakni :

  • Susunan pertama Adalah Dorsiventral : merupakan salah satu Jaringan palesade yang terletak pada bawah epidermis atau dibagian adaksial yaitu atas
  • Susunan kedua Isolateral : merupakan salah satu dari Jaringan palisede yang terletak pada kedua sisi dari permukaan daun.

Artikel Lainnya : Jaringan Meristem

Ruang antar sel pada mesofil terkadang dibentuk dari dua sel anak yang baru, sehingga berhubungan dengan dinding primer sel induk dan menyentuh antara dinding sel induk dan sel di sebelah nya. Sehingga terbentuk ruang antar sel dengan terbentuknya sel yang senyawa dari sel yang utuh sehingga terbentuklah batang tumbuhan.

Dari beberapa penjelasan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa jaringan palisade ini mengandung banyak kloroplas dan berfungsi sebagai proses pembuatan atau terbentuknya sebuah Sel silinder sehingga dapat tersusun pada tempatnya.

Demikianlah materi yang bisa kami sampaikan dalam artikel kami ini mengenai pembahasan jaringan pada daun, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih

Baca Juga : Jaringan Epitel

Jaringan Palisade Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung