JARING JARING KERUCUT – Pengertian, Cara Membuat, Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus jaring jaring kerucut kita akan membahas secara tersusun dan detail mulai dari pengertian, rumus, gambar, contoh soal, cara membuat jaring jaring kerucut beserta ukurannya lengkap.

Namun untuk pembahasan kali ini saya tidak akan hanya akan membahas soal rumus jaring – jaring saja, melainkan saya akan membahas soal dari kerucut itu sendiri. Jadi silahkan lihat penjelasan nya di bawah ini.

Pengertian Dari Kerucut

Pengertian dari kerucut sendiri ialah sebuah bangun ruang 3 dimensi yang berbentuk limas istimewa yang beralaskan lingkaran lalu kerucut juga memiliki 2 sisi dan 1 rusuk.

Lalu sebuah kerucut dapat di bentuk dari sebuah bangun datar yaitu bangun datar segitiga siku – siku yang di putar satu putaran penuh ( 3600 ), yang di mana sisi siku – siku nya sebagai pusat putaran contoh nya bisa kalian lihat di bawah ini saya telah memberikan contoh gambar nya :

gambar kerucut

Jaring Jaring Kerucut

Sebenarnya jaring – jaring pada bangun ruang yang satu ini tidaklah banyak, karena kerucut merupakan sebuah bangun ruang dengan bentuk nya yang sangat relatif.

Berikut ini ialah salah satu contoh dari jaring – jaring pada kerucut :

jaring jaring kerucut
jaring jaring kerucut

Di dalam kerucut juga terdapat sebuah unsur – unsur yang di antara nya iyalah seperti di bawah ini :

Unsur – Unsur Kerucut:

  • Bidang Alas

Pengertian dari bidang alas sendiri iyalah sebuah sisi yang berada di bawah kerucut yang berbentuk lingkarang dengan pusat nya berada di tengah. Contoh dari titik pusat nya iyalah titik O.

  • Diameter Bidang Alas

Pengertian dari diameter sendiri iyalah sebuah ruas garis yang menghubungkan 2 titik pada lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran nya. Contoh nya seperti pada contoh gambar kerucut di atas dari sudut A ke sudut B.

  • Jari – jari

Pengertian dari jari – jari sendiri iyalah sebuah jarak pusat lingkaran ke titik pada lingkaran atau bisa juga jarak setengah dari titik kanan ke titik tengah. Contoh seperti pada contoh gambar kerucut di atas dari sudut A ke sudut O dan dari sudut B ke sudut O.

  • Tinggi

Pengertian dari tinggi sendiri iyalah sebuah jarak dari sudut pusat bawah ke puncak kerucut atau yang bisa di sebut juga dengan simetri putar kerucut. Contoh nya seperti pada contoh gambar kerucut di atas dari sudut O ke sudut T.

  • Selimut kerucut

Pengertian dari selimut kerucut sendiri iyalah sebuah sisi yang melengkung yang membungkus kerucut dan berada di sisi kiri dan kanan nya atau bisa di sebut juga dengan sisi lengkung kerucut. Contoh nya seperti pada contoh gambar kerucut di atas dari sudut T ke sudut A dan dari sudut T ke sudut B.

Rumus Kerucut

  • Rumus luas alas kerucut = π x r2
  • Rumus selimut kerucut = π x r x s
  • Rumus luas permukaan kerucut = π x r ( s + r )
  • Rumus volume kerucut = 1/3 x π x r x r x t
  • Rumus luas kerucut = luas alas + luas selimut

Lalu jika garis pelukis belum di ketahui, maka kalian bisa menggunakan rumus yang lain , yaitu rumus pythagoras = s = √r2 + √ t2

Keterangan :

r = jari – jari ( cm )
T = tinggi ( cm )
S = garis pelukis ( cm )
π = phi ( 22/7 atau 3,14 )

Contoh Soal Jaring Jaring Kerucut

Buatlah sebuah gambar jaring jaring kerucut dengan tinggi kerucut 20cm dan jari-jarinya 7cm

Jawaban :

gambar jaring jaring kerucut

Itulah penjelasan lengkap tentang jaring-jaring kerucut, semoga bermanfaat…

Artikel Terkait :

Jaring Jaring Kubus
Jaring Jaring Balok