Integritas adalah

Posted on

Integritas adalah kualitas kejujuran dan juga prinsip moral pada diri seseorang yang dilakukan dengan konsisten pada kehidupannya secara menyeluruh.. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail meliputi pengertian, arti, aspek beserta contohnya, Untuk lebih jelasnya sima pembahasan di bawah ini

integritas adalah
integritas adalah

Pengertian Integritas

Integritas merupakan salah satu dari banyaknya atribut yang harus dimiliki seorang pemimpin. Karna integritas adalah suatu kepribadian pada seseorang yang bertindak konsisten dan utuh, di dalam perkataan dan perbuatan, sesuai dengan nilai dan kode etik.

Orang berintegritas berarti mempunyai pribadi yang jujur dan karakter kuat. Integritas berasal dari kata Latin yaitu “integer”, yang memiliki arti:

  1. Sikap yang teguh dalam mempertahankan prinsip , tidak korupsi, dan menjadi dasar melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral.
  2. Mutu, sifat, dan keadaan yang menunjukkan pada kesatuan utuh sehingga mempunyai potensi serta kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Jack Welch, di dalam bukunya yaitu “Winning” mengatakan bahwa

“integritas merupakan sepatah kata yang kabur (tidak jelas). Orang-orang yang mempunyai integritas akan mengatakan kebenaran, dan orang-orang itu memegang kata mereka.

Mereka bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan pada masa lalu, mengakui kesalahan dan mengoreksinya. Mengetahui hukum yang berlaku di dalam negara, industri dan perusahaan mereka baik yang tersurat danyang tersirat dan mentaatinya.

Bermain untuk menang namun secara benar dan bersih, mengikuti peraturan yang berlaku. ”Berbagai survei juga studi kasus sudah mengidentifikasikan integritas atau kejujuran menjadi suatu karakteristik pribadi yang amat dihasrati dalam diri seorang pemimpin.

Seseorang dapat dianggap berintegritas saat mempunyai kepribadian dan juga karakter sebaga berikut;

  • Jujur dan bisa dipercaya
  • Mempunyai komitmen
  • Bertanggung jawab
  • Menepati ucapannya
  • Setia
  • Menghargai waktu
  • Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup

Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa integritas adalah jati diri seseorang dan lawan kata dari kemunafikan.

Contoh Integritas

Selain dikaitkan dengan kepemimpinan, istilah integritas pun sering dikaitkan dengan kata nasional.

Apa sih arti integritas nasional?

Jika diartikan dengan sederhana integritas nasional adalah integritas yang dijalankan untuk menjalankan negara.

Sedangkan apabila diartikan lebih luas, maka integritas nasional adalah hasrad atau kesadaran yang timbul berkelanjutan dari setiap orang yang mengelola, tinggal, dan juga menetap di suatu negara untuk bisa mengembangkan dan juga menarik negara yang ditinggalinya menjadi lebih baik dan lebih maju atau dengan kata lain yaitu menjadika negara berkembang

Di Indonesia, integritas nasional sudah terjadi secara serempak pada Tanggal 28 Oktober 1928, yaitu hari Sumpah Pemuda. Pada saat itu, seluruh pemuda di Indonesia serempak bekerja sama melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian integritas yang sudah kami rangkum dari berbagai ahli pada bidangnya masing masing terhadap pendapatnya mengenai integritas

Henry Cloud

Menurut Henry Cloud, berbicara tentang integritas, tidak bisa terlepas dari sebuah upaya menjadi mausia yang manusiawi dan terpadu pada setiap bagian diri yang berlainan, yang bekerja baik dan menjalankan fungsinya sesuai apa yang sudah dirancang sebelumnya. Integritas amat terkait dengan keutuhan dan juga keefektifan spada eseorang sebagai insan manusia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI , pengertian integritas yaitu mutu, sifat, serta keadaan yang menggambarkan pada satu kesatuan yang utuh, hingga mempunyai potensi dan kemampuan untuk memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Ippho Santoso

Menurut Ippho Santoso, integiras diartikan sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan guna melahirkan reputasi dan juga kepercayaan. Jika merujuk dari asal katanya, kata integritas mempunyai makna berbicara secara utuh dan lengkap

Andreas Harefa

Menurut Andreas Harefa, integritas yaitu tiga kunci yang bisa diamati, yakni menunjukkan kejujuran, komitmen, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.

Baca juga :

 

Fungsi Integritas

Setelah memahami arti integritas, mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya fungsi integritas itu? Secara garis besar, ada 2 fungsi utama integritas, yaitu:

1. Fungsi Kognitif

Dalam hal ini fungsi kognitif integritas adalah mencakup kecerdasan moral dan juga wawasan diri (self insight). Dan wawasan diri itu meliputi ilmu pengetahuan diri dan refleksi diri.

Dari penjelasan itu maka dapat dijelaskan bahwa fungsi kognitif integritas merupakan pemeliharaan moral seseorang yang mendorong orang untuk mempunyai pengetahuan yang lebih luas.

2. Fungsi Afektif

Fungsi afektif adalah mencakup hati nurani dan juga harga diri. Sehingga fungsi afektif integritas yaitu menjaga nurani manusia agar tetap mempunyai “hati” dan “perasaan” sebagai manusia.

Tanpa integritas, motivasi amat berbahaya. Tanpa motivasi, kapasitas tidak mampu berdaya. Tanpa kapasitas, pemahaman akan terbatas. Tanpa pemahaman, pengetahuan tidak berarti. Tanpa pengetahuan, pengalaman adalah buta. Pengalaman mudah diberi dan digunakan cepat oleh orang-orang pada semua kualitas lainnya.”

Manfaat Integritas

Integritas sangat bermanfaat untuk fisik, intelektual, emosional, dan juga spiritual. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang manfaat integritas

  • Manfaat secara fisik
    Individu yang mempunyai integritas cenderung dapat merasakan manfaat fisiknya. Misalnya merasa lebih sehat serta bugar di dalam melakukan kegiatan tanpa beban fikiran yang berlarut
  • Manfaat secara intelektual
    Individu yang berintegritas akan lebih mampu mengoptimalkan kemampuannya daripada individu munafik.
  • Manfaat secara emosional
    Umumnya seseorang yang mempunyai integritas juga mempunyai motivasi, sadar diri, empati, solidaritas tinggi, simpati, serta emosi yang stabil.
  • Manfaat secara spiritual
    Integritas menjadikan manusia lebih bijaksana di dalam memaknai pengalaman hidupnya.
  • Manfaat secara sosial
    Integritas di dalam diri seseorang akan membuatnya lebih mudah menjalin hubungan baik dengan orang lain dan di dalam melakukan kerja di masyarakat.

Integritas dan Kredbilitas

Kedua istilah ini mempunyai kesamaan yaitu keduanya menjadi sumber pada terbentuknya “trust” (kepercayaan) bagi pemimpin.

Bedanya jika kredibilitas menyangkut “head” (otak) yaitu kemampuan pada olah pikir yang mencakup intelegensia, keterampilan, dan kompetensi (hard skill). Sedangkan integritas menyangkut “heart” (hati) yaitu kemampuan nurani yang mencakup kejujuran, ketulusan, komitmen dan sebagainya.

  • Kredibilitas terbangun melalui 2 unsur yang sangat penting yaitu kapabilitas (kompetensi) dan juga pengalaman. Akan sulit jika seorang pemimpin tidak mempunyai kompetensi dan pengalaman padabidang yang ia pimpin.
  • Integritas dibangun pada 3 unsur penting yaitu nilai-nilai yang dianut pada Si Pemimpin (values), konsistensi, dan komitmen.

Nilai-nilai yaitu pegangan dari pemimpin untuk bertindak. Intergritas ini semakin kokoh jika pemimpin mempunyai konsistensi antara yang diucapkan dengan yang dilakukan (walk the talk) dan mempunyai komitmen terhadapnya.

Bila tidak mempunyai integritas, tentu akan kehilangan kredibilitas seba orang lain akan menjauhi untuk menghindari kekecewaan.

Dari kutipan di atas dijelaskan bahwasanya integritas merupakan hal terpenting dalam kehidupan secara menyeluruh. Ketika mencari karakteristik tentang bagaimana cara untuk membangun kehidupan pribadi, maka dimulai dari;

  • Integritas
  • Motivasi
  • Kapasitas
  • Pengetahuan
  • Pengalaman

Berikut ini penjelasag mengapa integritas amat penting padakehidupan setiap orang:

  • Integritas merupakan salah satu kunci kesuksesan setiap orang sebab individu yang berintegritas adalah pribadi yang konsisten di dalam menjalankan nilai dan norma yang berlaku.
  • Integritas dapat menentukan dirinya bisa dipimpin bahkan bisa menjadi pemimpin karena hanya individu berintegritas yang mempunyai kepribadian berkualitas serta mampu belajar dari orang lain.
  • Integritas akan menentukan seberapa besar untukb layak dipercaya oleh orang lain sebab tindakannya yang konsisten.
  • Integritas menghasilkan reputasi dan prestasi bagi seseorang sebab berpikir, berkata, dan bertindak secara konsisten.

Demikialah pembahasan mengenai ba ini, Semoga bermanfaat