Instrumen PMP

Posted on

Instrumen PMP – Formulir Kuesioner Pemetaan Mutu Sekolah Dasar yaitu berisi kumpulan kuesioner yang ditujukan untuk Kepala Sekolah serta Guru.

Formulir dalam bentuk file PDF ini bisa dicetak serta diperbanyak sesuai dengan kebutuhan kalian, dan selanjutnya dibagikan pada yang bersangkutan agar bisa diisi dengan benar.

Sesudah pengisian formulir itu selesai, maka kalian bisa mengumpulkannya ke tim pendataan atau operator sekolah di sekolah kalian.

Instrumen PMP

Kemudian, hasil pengisian formulir itu nantinya akan diinputkan di PMP EDS 2020 Covid-19 oleh tim pendataan sekolah kalian. Ada juga formulir kuesioner PMP SD 2020 yang dapat kalian unduh.

Seperti Menteri Pendidikan dan juga kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 mengenai Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar serta Menengah di dalam pasal 6 ayat (2).

Yang telah dinyatakan bahwasanya siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan dengan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan yang bertujuan untuk membuat perencanaan serta peningkatan mutu yang sudah dituangkan di dalam Rencana Strategis saat Pembangunan Pendidikan.

Dan menggunakan fasilitas pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan di Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), maka Pendidikan Dasar serta Menengah yang sudah dikembangkan serta sudah dilaksanakan dengan berkelanjutan oleh Pemerintah yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sama kewenangannya.

Pemetaan mutu pendidikan juga dilihat berdasarkan data serta informasi di dalam sistem informasi mutu pendidikan yang sudah dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak dari Usia Dini, Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah juga yang dibantu oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta sekolah.

Instrumen pemetaan mutu pendidikan atau disingkat saja dengan sebutan (PMP) dasar serta menengah yang disusun untuk mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang sudah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan

Instrumen akreditasi juga yang sudah disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan juga peraturan terkait yang lainnya. Perangkat Instrumen dan juga Pemetaan Mutu Tingkat SD yaitu terdiri dari kuesioner pemetaan, penjelasan umum, serta formulir data dengan pokok pendidikan.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh pihak yang bertugas dalam acara ini agar lebih dalam mempelajari serta memahami perangkat dalam instrumen ini.

Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar

Kenyataannya, saat kita mengisi kuesioner PMP tentunya masih banyak sekali masalah antaralain sebagai berikut.

Keliru Menjawab

Pengisian Data PMP adalah tanggung jawab sendiri, bukan Operator Dapodik. Sehingga kalian sendirilah yang perlu menjawabnya. Banyak kasus terjadi sebab di jawab oleh operator, sehingga jawaban yang dikirim berbeda dengan aslinya.

Bukan cuma itu, akan tetapi jawaban kuesioner PMP dibagi menjadi dua, yakni memilih satu atau memilih banyak jawaban. Sebelum menjawab, maka kalian perlu memahami jenis jawaban yang tersedia di dalam kuesioner.

Itu merupakan 2 dari sekian banyak persoalan tentang pengisian Instrumen PMP yang akan berakibat gagalnya proses pengiriman Data. Supaya hal itu tak terjadi di kalian maka alangkah baiknya billa kalian mengikuti Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar berikut ini:

Sebagian Kuesiner Tidak Mucul

Instrumen PMP

Di sebagian kuesioner, ada yang bilang pernyataan tidak muncul. Hal ini juga baru diketahui setelah operator melakukan validasi.

Terlihat terdapat pertanyaan yang masih disilah merah yang artinya belum dijawab. Tetapi sesudah di cek, maka saat ini pertanyaan itu tidak muncul di dalam kuesioner.

Pahami Setiap Kuesioner

Kuesioner

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, kuesioner PMP yang diperuntukkan 5 komponen sekolah yakni Kepala Sekolah, Guru, Pengawas Sekolah, Peserta Didik serta Komite. Masing-masing komponen tentu mempunyai jenis pertanyaan tersendiri.

Dan saat ingin menjawab kuesioner, maka kalian harus betul-betul faham dengan pertanyaannya. Apabila memang diperlukan, maka kalian bisa bertanya kepada teman atau keluarga. Hal ini juga sangat penting sebab berhubungan dengan validitas serta kebenaran jawaban kuesioner PMP itu.

Pastikan Kalian Sendiri yang Mengisi Data PMP

Instrumen PMP

Dalam Aplikasi PMP ini, ada Menu Tukar Pengguna. Menu itu dibuat bertujuan untuk mengalihkan pengguna PMP yang mulanya otomatis Operator Dapodik dapat diubah menjadi PTK, Peserta Didi, Komite serta Pengawas.

Saat sedang mengisi kuesioner pastikan bahwa kalian sudah melakukan prosedur Tukar Pengguna lewat Operator ke kalian sendiri. Ini merupakan hal yang sangat penting sebab apabila kalian lupa melakukan Tukar Pengguna, maka kuesioner yang kalian isi bukan milik kalian. Tetapi otomatis itu untuk Kepala Sekolah.

Pastikan Persentase Jawaban Sudah 100%

Di setiap pertanyaan yang ada di kuesioner ada persentase jawaban yang sudah kalian isi. Dan itu terletak di di atas kuesioner. Semakin banyak jawaban yang kalian isi, maka warna biru juga akan semakin penuh serta persentase akan menjadi semakin banyak.

Pastikanlah bahwa persentase itu sudah mencapai 100% yang berarti seluruh jawaban kalian sudah diisi, hingga kolom persentase seluruhnya berwarna biru. (Lihatlah Kotak Merah Gambar Di Atas)

Apabila masih berwarna putih, maka itu berarti ada jawaban yang belum diisi. Hingga kalian perlu melakukan pengecekan data kembali. Kolom persentase ini juga nantinya akan muncul dengan otomatis, Apabila kalian sudah mengisi jawabannya maka kalian tinggal klik Tombol Simpan saja. Oleh sebab itu, jika kalian sudah selesai melakukan pengisian instrumen PMP, maka dianjurkan untuk langsung mengklik Tombol Simpan.

Lakukan Konfirmasi

Salah satu perubahan terbaru yang terdapat dalam Aplikasi PMP terbaru ini yaitu adanya Penambahan Menu  Konfirmasi Selesai. Menu ini juga bisa kalian pakai untuk menyatakan bahwasanya instrumen sudah benar-benar telah diisi serta kalian dengan sah sudah menyetujui jawaban yang kalian pilih.

Di dalam Menu ini kalian tentunya akan diperlihatkan Konfirmasi Selesai dalam Mengerjakan Kuesioner Standar, Jumlah Pertanyaan, sudah Dijawab, Sisa, Status.

Standar yang berisi mengenai jenis kuesioner yang sudah diisi. Dan masing-masing Pengguna juga mempunyai Jenis Peranyaan sendiri-sendiri.

Jumlah pertanyaannya juga berisi total pertanyaan yang perlu kalian jawab di setiap Standar Pertanyaan. Sudah dijawab yang artinya pertanyaan yang sudah dijawab. Sisanya yaitu berisi data pertanyaan yang belum diisi. Sedangkan status yang berisi keterangan, itu artinya jawaban tersebut selesai.

Pastikanlah bahwa seluruh jawaban sudah kalian isi. Sisa pertanyaan harus 0 (nol) serta Status bertuliskan Selesai. Apabila masih ada 1 saja pertanyaan yang belum kalian isi maka di dalam kolom status akan ada keterangan belum selesai.

Apabila sudah maka kalian perlu memastikan bahwa seluruh jawaban terisi, langkah selanjutnya yaitu melakukan konfirmasi. Caranya yakni dengan menekan Tombol Konfirmasi, selanjutnya akan muncul pertanyaan apakah kalian akan mengkonfirmasi? lalu tekan OK. Maka jawaban kalian tersebut akan terkonfirmasi.

Demikianlah teman teman semuanya hanya itu yang bisa kami sampaikan semoga ini semua bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :

Related posts: