Iklim Matahari

Posted on

Iklim Matahari – Nah sobat masih berada di halaman artikel kami di rumus.co.id seiring berjalannya waktu kami masih akan membahas ilmu tentang seputaran Goegrafi, di mana materi yang akan kami bahas adalah pengertian iklim matahari serta Unsur-unsur nya antara lain adalah radiasi matahari, suhu, kelembaban, jenis, frekuensi, dan jumlah tekanan pada atmosfer, dan angin kecepatan dan arah.

Iklim matahari tidak jarang orang yang mengucapkannya karena kurang nya ilmu pengetahuan kita mengenai iklim yang yang berdasarkan bentuk dan kegunaannya matahari yang terletak pada bagian lintang rendah lebih banyak menerima sinar matahari.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Iklim Matahari

Iklim-Matahari

Iklim Matahari adalah Iklim yang memiliki unsur besar yang dikatakan memiliki identik dengan penggolongan ikli sehingga dikenal sebagai iklim matahari. Hal ini merupakan suatu penggolongan yang didasarkan pada garis lintang.

Daerah yang memiliki sinar matahari yang tinggi dan mampu membentuk garis lintang sehingga menerima sinaran yang terpancar ke permukaan bumi dengan klasifikasi dari segi fisik maupun garis lintang yang telah ada.

Baca Juga : Iklim Junghuhn

Iklim Matahari dari khatulistiwa

Distribusi daerah yang memiliki iklim matahari atas dasar dan perhitungan yang digunakan untuk diterima oleh permukaan bumi yang berdasarkan teori dan golongan kategori ini maka semakin jauh dari dampakpermukaan bumi yang ada khatulistiwa nya, sehingga sinar matahari dapat diterima oleh permukaan bumi.

Pengertian Iklim Matahari Menurut Para Ahli

Deri pengertian di atas dan terdapat pula pengertian iklim matahari dari beberapa penelitian dan menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Astalog

Telah menyatakan bahwa Iklim matahari ini merupakan salah satu iklim yang didasarkan atas perbedaan panas nya matahari yang diterima oleh bumi.

Maka iklim ini terletak di Daerah yang tinggi dan memperoleh lebih sedikit sinar matahari nya karena daerah ini yang terletak pada lintang yang lebih rendah lmenerima sinar matahari.

Geo Webclass

Telah menyatakan bahwa matahari merupakan salah satu iklim dalam pembagiannya yang telah didasarkan pada intensitas yang panas dari sinaran matahari yang diterima oleh permukaan bumi.

Maka iklim yang terletak di daerah ini adalah di lintang iklim tropis dan mendapatkan penyinaran yang lebih banyak, karena daerah ini terletak mendekati kutub atau lintang yang tinggi atau mendapatkan sinar matahari paling sedikit.

Baca Juga : Batuan Sedimen

Klasifikasi Iklim Matahari

Terdapat beberapa Klasifikasi Iklim matahari dan dapat di bedakan menjadi empat jenis yaitu :

Iklim Sub Tropis

Iklim sub tropis terdapat pada zona geografis dan terletak antara garis lintang dengan suhu mencapai 21.5 ° Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn, Karena iklim ini biasanya mengacu garis khatulistiwa mencapai 34-65.5 °.

Sub tropis ini mempunyai beberapa musim diantaranya musim semi, panas, gugur dang musim dingin. Hal demikian memiliki karakteristik tersendiri sehingga kelembaban nya sering ditandai dengan musim panas atau sejuk.

Contohnya :

  • Subtropis lembab sering terkonsentrasi pada bulan yang terhangat misalnya pada Brisbane dan Florida
  • Iklim musim panas kering atau sering terkonsentrasi pada bulan yang kering misalnya Naples dan California
  • Tidak bisa ditentukan batas daerah yang peralihan nya dari iklim tropis ke iklim sedang.

Iklim Tropis

Istilah iklim tropis adalah daerah yang memiliki suhu rata-rata mencapai 19 derajat Celcius dan 64 derajat Fahrenheit, karena hal ini mencakup curah hujan yang cukup besar di sepanjang tahunnya. Berdasarkan kondisi dan iklim pada khatulistiwa yang terdapat di seluruh dunia. Hal ini membentuk garis lintang.

Iklim tropis terletak pada garis lintang dengan suhu mencapai 21,5 LU – 25,5 LS sehingga bagian bumi ini terletak di atas titik matahari di sepanjang tahun nya.

Istilah tropis sering juga digunakan untuk menyatakan di sebuah tempat yang lembab dalam satu musim sepanjang tahunnya walaupun tempat ini terdapat pada garis lintang yang suhunya tinggi.

Contohnya :

  • Wilayah beriklim tropis terdapat pada hutan dan dunia yaitu : Brasil, Afrika tengah, Indonesia, dan Australia Utara.
  • Cuaca biasanya panas dan lembab.
  • Hujan lebih banyak di sepanjang tahunya tidak teratur hampir setiap hari.
  • Memiliki tekanan udara yang rendah dan perubahannya terjadi secara perlahan.

Baca Juga : Batuan Beku

Iklim Sedang

Iklim sedang terdapat di antara garis lintang mencapai 41 derajat sampai dengan 65 derajat lintang selatan karena hal ini memiliki kondisi yang lembab dan mendung pada musim dingin serta musim kering terdapat pada benua saat musim panas.

Contohnya :

  1. Terdapat amplitudo suhu yang lebih besar dan terdapat pada daerah iklim tropis
  2. Ada banyak gerakan udara dalam siklonal pada tekanan udara terjadi badai secara tiba-tiba.

Dari beberapa contoh di atas maka di sini terdapat juga dua jenis iklim sedang adalah sebagaiberikut :

A. Iklim kontinental

Iklim continental ini adalah salah satu jenis iklim yang meningkat ke daratan dan membentuk lebih hangat di bandingkan dengan musim yang lainnya karena pengaruh tanah yang kehilangan, hal ini terdapat pada daerah Amerika Utara dan Eropa di.

B. Iklim maritim

Iklim maritim ini adalah salah satu jenis iklim yang sangat dipengaruhi oleh lautan dan membentuk pertahankan pada suhu yang stabil di sepanjang musim, hal ini terdapat pada daerah Eropa Barat dan Amerika Utara.

Iklim Dingin

Iklim dingin ini terdapat di wilayah kutub dengan kurangnya musim panas dan memiliki suhu mencapai 10 ° Csampai dengan 50 ° F, karena hal ini mencakup lebih dari 21% dari permukaan bumi.

Iklim kutub dapat di bagi menjadi beberapa jenis di antaranya adalah sebagai berikut :

A. Iklim kutub

Contohnya :

  1. Contoh wilayahnya persebarannya meliputi: kutub utara, yaitu Greenland (tanah hijau) dan Antartika di kutub selatan.
  2. Suhu terus-menerus rendah sekali sehingga terdapat salju abadi.

A. Iklim tundara

Contohnya :

  1. Vegetasinya jenis lumut-lumutan dan semak-semak.
  2. Pada musim panas banyak terbentuk rawa yang luas sebagai akibat mencairnya es di permukaan tanah.
  3. Pada musim dingin tanah ditutupi es dan salju.
  4. Musim dingin berlangsung lama
  5. Musim panas yang sejuk berlangsung hanya sebentar.
  6. Udaranya kering.
  7. Tanahnya selalu membeku sepanjang tahun.

Nah sobat itulah yang dapat kami sampaikan dalam penulisan artikelkami kali ini tentang Iklim Matahari secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini memberikan wawasan kita semua serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca terutama bagi penulissendiri. Trima kasih