Iklan Layanan Masyarakat

Posted on

Iklan Layanan Masyarakat – Secara umum, iklan merupakan segala macam bentuk promosi baik itu dalam bentuk barang, jasa ataupun ide yang disampaikan kepada seluruh masyarakat melalui sebuah media tertentu dengan biaya atau yang biasa kita sebut sebagai sponsor. 

Iklan layanan masyarakat termasuk kedalam salah satu jenis iklan yang dikelompokkan berdasarkan dengan sifatnya. Secara singkat, pengertian dari iklan layanan masyarakat yaitu sebuah iklan non niaga.

Namun, jika ingin mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk kita simak penjabaran dibawah ini.

Iklan Layanan Masyarakat

Definisi Iklan Layanan Masyarakat

Secara umum, iklan layanan masyarakat (ILM) adalah sebuah iklan yang didalamnya memberikan informasi berupa pesan sosial, yang isinya bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap masalah yang sedang dihadapi, baik itu tentang kehidupan sosial, maupun ancaman sosial.

Jika dilihat dari segi tujuannya, tentu iklan ini sangat berbeda dengan iklan niaga yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar tertarik untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga : Iklan Baris

Definisi Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian Iklan Layanan Masyarakat secara umum saja, namun ada beberapa definisi dari Public Service Announcements yang diungkapkan oleh para ahli, seperti dibawah ini :

1. Kasali (1992:121)

Public Service Announcement adalah sebuah permintaan penyebaran yang dikeluarkan oleh lembaga swadata masyarakat dan juga pemerintah secara langsung, sebagai bentuk dari solidaritas terhadap masalah masyarakat yang sedang terjadi.

2. Liliweri (1992:32)

Iklan layanan masyarakat adalah salah satu bentuk iklan yang bersifat non-profit, sehingga iklan tersebut tidak akan mencari keuntungan setelah pemasangan informasi yang ditujukan kepada masyarakat secara global.

3. Susamto (1976:203)

Public Service Announcements merupakan sebuah media informasi yang berkaitan dengan semua hal yang berhubungan dengan layanan masyarakat, penyebaran suatu informasi yang tidak melibatkan pembelian ruang dan waktu yang disiarkan tentang pelayanan masyarakat serta dilaksanakannya berdasarkan dengan kegiatan non-profit.

Karakteristik Public Service Announcements

Terdapat beberapa ciri-ciri dari iklan layanan masyarakat yang dapat membedakannya dengan jenis iklan lainnya, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Umumnya, tidak bersifat politis
  • Memiliki dampak yang sangat tinggi, sehingga banyak mendapat dukungan dari media nasional maupun lokal.
  • Iklan jenis ini umumnya hanya diajukan oleh organisasi yang sudah diakui saja.
  • Umumnya iklan ini ditujukan kepada semua lapisan masyarakat.
  • Iklan ini umumnya memiliki sifat yang tidak komersial, contohnya seperti iklan betapa pentingnya KB (keluarga berencana) dan iklan wajib menggunakan helm saat menaiki kendaraan bermotor.
  • Umumnya iklan ini tidak bersifat keagamaan, namun lebih mengarah ke hubungan sosial.

Baca Juga : Contoh Kalimat Ajakan

Fungsi Dari Public Service Announcements

  1. Informing, adalah salah satu fungsi yang memberikan informasi kepada masyarakat tentang program atau layanan, serta aktivitas pemerintah yang berhubungan dengan sosial.
  2. Persuading, adalah salah satu iklan yang bisa menimbulkan persuading atau membujuk masyarakat agar mau ikut serta dengan program yang diadakan pemerintah seperti BPJS, KTP, KB dan juga program pemerintah lainnya.
  3. Reminding, adalah salah satu fungsi iklan yang akan terus membuat masyarakat selalu ingat dengan program yang diadakan oleh pemerintah.
  4. Adding Value, adalah salah satu fungsi dari iklan yang bisa memberikan nilai tambah terhadap program tertentu melalui persepsi dari masyarakat.

Contoh Dari Iklan Layanan Masyarakat

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari Public Service Announcements yang bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi kalian yang mau membuat iklan jenis ini, yaitu diantaranya adalah :

1. Iklan Bahaya Merokok

  • “Manis sih, tapi sayang pembunuh”
  • “1 batang rokok, mengandung 4000 racun yang menyebabkan penyakit kanker dan penyebab kematian”
  • “Hei! Merokok Membunuhmu Sekaligus Keturunanmu”
  • “Hidup sehat tanpa adanya bahaya rokok”

2. Iklan Bahayanya Narkoba

  1. “Narkoba memang Mengasyikkan namun, diam-diam membunuhmu!”
  2. “Bertempurlah sekarang, karena Indonesia sedang gawat narkoba”
  3. “Hidup aman dan bahagia tanpa adanya narkoba”

3. Iklan Tentang Pergaulan Bebas

  • “Masih kecil tidak boleh pacaran”
  • “Cewek dan cowok berduaan? Malu dong………!
  • “Mau pegang tangan dia? Ups…., emang sudah sah?”
  • “Jaga mata, jaga hati, jaga pikiran. Awas, setan mengintai, jangan sampai lengah.”

4. Iklan Tentang Pendidikan

  1. “Laksanakan gerakan wajib belajar 12 tahun”
  2. “Banyak membaca, menjadi banyak tahu”
  3. “Ingin pintar? Belajar dong yang rajin”

Baca Juga : Majas Personifikasi

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Iklan Layanan Masyarakat?

Iklan layanan masyarakat (ILM) adalah sebuah iklan yang didalamnya memberikan informasi berupa pesan sosial, yang isinya bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap masalah yang sedang dihadapi, baik itu tentang kehidupan sosial, maupun ancaman sosial.

Apa saja permasalahan yang berkaitan dengan Iklan Layanan Masyarakat di Indonesia?

1. Iklan tersebut tidak dilakukan secara rutin.
2. Tidak memiliki Lembaga Tertentu yang Menangani tentang ILM.
3. Adanya pemungutan pajak iklan.

Bagaimana cara membuat Iklan Layanan Masyarakat?

1. Pertama, buatlah hal-hal yang menarik dan kreatif bagi masyarakat.
2. Lakukan riset terhadap pasar.
3. Bijak dalam memilih sebuah platfrom yang akan digunakan.
4. Hubungkan metrik media sosial dengan ROI.
5. Berikan sebuah penawaran yang sangat menarik.
6. Bicarakan mengenai manfaat yang akan Didapatkan.
7. Berikan testimonial yang sangat meyakinkan.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.