Identitas Nasional

Posted on

Identitas Nasional – Setiap bangsa dalam suatu negara yang ada di dunia ini, pasti mempunyai identitasnya masing-masing, entah itu dari segi bahasa, budaya dan lain-lainnya.

Identitas Nasional

Identitas juga dapat membuat suatu bangsa berbeda dengan bangsa yang lainnya, sebab hal ini sering diibaratkan sebagai sebuah tanda pengenal dari bangsa itu sendiri.

Dalam hal ini, dikenal juga dengan istilah Identitas Nasional. Namun, sebagian besar dari masyarakat yang ada di dalam sebuah bangsa belum mengetahui apa itu Identitas Nasional? apa fungsi National Identity?

Yuk, simak penjabaran dibawah ini…

Definisi National Identity

Identitas nasional adalah seperangkat nilai-nilai sosial dan budaya yang tumbuh dan berkembang serta diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya dalam berbagai makna, seperti suku, ras, agama, yang terkumpul dalam satu persatuan.

Ketika merujuk pada konteks bangsa Indonesia, National Identity sering diartikan sebagai identitas yang bersumber terhadap nilai-nilai luhur Pancasila yang berfungsi sebagai dasar negara.

Kemudian ini diterjemahkan ke dalam implementasi kehidupan masyarakat, bangsa dan juga negara. Identitas nasional dari bangsa Indonesia memanifestasikan dirinya dalam bentuk simbol-simbol nasional, seperti :

  • Penerapan bahasa Indonesia yang berperan sebagai bahasa nasional.
  • Mengibarkan Bendera merah putih sebagai bendera nasional.
  • Lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan.
  • Garuda Pancasila sebagai simbol nasional.
  • Bhineka Tunggal Ika sebagai simbol nasional.

Faktor Pembentuk Identitas Nasional

Pada dasarnya, terdapat beberapa faktor yang menjadi landasan dari pembentukan Identitas Nasional terhadap suatu bangsa, yaitu :

1. Primordialisme

Primordialisme merupakan sebuah sikap yang menunjukkan kecintaannya terhadap identitas suatu bangsa berdasarkan dengan golongan, kesamaan etnis ataupun suku.

Hal ini umumnya juga didasarkan pada sistem kekerabatan dan juga pada kekeluargaan yang identik dengan adanya keterkaitan darah di antara anggotanya.

2. Praktik Keagamaan

Praktek keagamaan adalah ritual yang didasarkan pada kepercayaan masing-masing individu serta dipraktikkan bersama.

Elemen agama ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi untuk berpartisipasi dalam ritual yang dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kepercayaan yang sama.

3. Pemimpin Bangsa

Pemimpin Nasional adalah kepribadian karismatik yang dibanggakan oleh semua rakyatnya. Seorang pemimpin pada dasarnya bertindak sebagai pelayan komunitas.

Dengan cara ini, maka rakyat yang terdapat dalam suatu bangsa akan merasa terlindungi dan juga bangga dengan pemimpin mereka, yang dipandang sebagai diri mereka sendiri.

Baca Juga :
Lambang ASEAN
Suku yang Ada Di Indonesia
Ciri Ciri Patriotisme

4. Sejarah Bangsa

Sejarah bangsa adalah menceritakan masa lalu dari suatu bangsa yang berfungsi sebagai alat untuk membentuk memori bersama dari orang-orang yang hidup di zaman ini.

Asal usul atau leluhur yang sama juga merupakan bagian dari sejarah, yang dapat membentuk solidaritas dan juga identitas bersama.

5. Solidaritas Organik

Solidaritas Organik adalah integrasi sosial berdasarkan dengan kondisi saling ketergantungan yang dihasilkan dari pembagian kerja. Organic solidarity ini muncul dengan timbulnya spesialisasi, yang merupakan produk industrialisasi.

Identitas yang terbentuk melalui sebuah solidaritas organik yaitu seperti identitas modern, profesional, dan juga perkotaan.

Fungsi dari National Identity

Terdapat beberapa fungsi dan juga tujuan dari adanya National Identity, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai Media Pemersatu Bangsa

Fungsi dan juga tujuan utama dari identitas nasional ini yaitu sebagai media yang digunakan untuk mempersatukan sebuah bangsa. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama dan juga kebudayaan.

Nah, Identitas nasional ini kemudian digunakan sebagai alat yang bertujuan untuk mempersatukan keberagaman tersebut. Disamping itu, hal tersebut berfungsi untuk memperkenalkan bangsa Indonesia kepada bangsa lain.

2. Pembeda Dengan Bangsa Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa National Identity merupakan karakteristik, tanda dan juga khas dari suatu bangsa dari negara tersebut.

Hal inilah yang kemudian membedakan negara satu dengan negara lain. Karena dengan identitas nasional ini akan lebih spesifik untuk membedakan suatu bangsa.

3. Sebagai Landasan Dari Suatu Negara

Fungsi dan tujuan National Identity selanjutnya adalah sebagai landasan dari suatu negara. Ini berarti bahwa National Identity berfungsi untuk mewujudkan cita-cita dan juga tujuan negara.

Identitas nasional juga digunakan sebagai contoh potensi serta kemampuan yang dimiliki oleh suatu negara. Karena setiap negara pasti memiliki perbedaan satu sama lain.

4. Sebagai Tanda Pengenal Dari Negara Tersebut

Fungsi dan tujuan utama dari National Identity yaitu sebagai tanda pengenal atau jati diri dari suatu bangsa. Dimana dengan identitas nasional ini dapat membuat suatu negara lebih menonjol daripada negara lain. Ini pasti akan menjadi ciri khas suatu negara dengan keberadaan identitas nasional itu.

Komponen Dari Identitas Nasional

Terdapat beberapa komponen atau unsur yang menjadi dasar pembentukan National Identity, yaitu sebagai berikut :

1. Agama

Pada sila pertama yang terdapat di dalam Pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Hal tersebut berarti bahwa negara Indonesia merupakan sebuah negara yang memelihara nilai-nilai agama dan juga ketuhanan.

2. Suku Bangsa

Kelompok etnis juga merupakan bagian dari pembentukan identitas nasional suatu bangsa. Karena etnisitas adalah kelompok sosial yang deskriptif, yang artinya dibawa sejak lahir.

Dimana kelompok etnis ini memiliki kesamaan dengan jenis kelamin dan usia. Di Indonesia sendiri ada ratusan kelompok etnis atau suku bangsa dengan bahasa masing-masing.

3. Budaya

Budaya adalah keterampilan yang dimiliki manusia sebagai makhluk sosial dan yang mengandung model atau sarana pengetahuan yang bersama-sama mendukung kehidupan manusia itu sendiri.

Dengan kata lain, budaya sering dipandang sebagai panduan atau indikasi bagaimana individu dapat menghadapi kondisi di lingkungannya untuk bertahan hidup.

4. Bahasa

Elemen berikutnya dalam membangun identitas nasional adalah bahasa. Bahasa sering ditafsirkan secara sewenang-wenang atau secara verbal sebagai lambang atau simbol.

Pembentukan dari suatu bahasa didasarkan pada unsur-unsur bunyi dan juga bahasa manusia. Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi antar manusia.

F.A.Q

Apa itu Identitas Nasional?

Identitas nasional adalah seperangkat nilai-nilai sosial dan budaya yang tumbuh dan berkembang serta diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Peran dari Identitas Nasional yaitu?

1. Sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa persatuan dan juga kesatuan terhadap bangsa Indonesia.
2. Perekat untuk memajukan persatuan dan juga kesatuan dari bangsa Indonesia.
3. Sebagai bentuk apresiasi atas karya monumental para pendiri bangsa.

Karakteristik dari Identitas Nasional?

1. Persatuan Indonesia
2. Persamaan takdir
3. Keinginan untuk kemerdekaan

Sekian pembahasan singkat dari artikel kali ini, semoga menambah wawasan baru para pembaca.