Hukum Kirchoff 1 dan 2 – Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai hukum newton. Pertemuan kali ini kita akan membahas pembahasan yang menarik yaitu hukum kirchoff mulai dari pengertian, rumusm dan contoh soalnya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Hukum Kirchoff

Hukum kirchoff adalah salah satu hukum dalam ilmu Elektronika yang berfungsi untuk menganalisis arus dan tegangan dalam rangkaian. Pertama kali di perkenalkan hukum kirchoff pada tahun 1824-1887 oleh ahli fisika jerman yang bernama Gustav Robert Kirchhoff.

Setelah mengetahui pengertian hukum kirchoff, di bawah ini kita akan membahas mengenai bunyi hukum kirchoff 1 dan 2. Berikut pembahasannya di bawah ini.

Hukum Kirchoff 1

Berikut ini adalah hukum kirchoff:

Suatu total arus listrik yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik memiliki besar yang sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut.

Berdasarkan gambar diatas didapatkan rumus:

Contoh Hukum Kirchoff 1

Pertanyaan: Berapakah I4?

Jawab:

Dari gambar rangkaian yang diberikan diatas, belum diketahui apakah arus I4 adalah arus masuk atau keluar. Oleh karena itu, kita perlu membuat asumsi awal, misalnya kita mengasumsikan arus pada I4 adalah arus keluar.

Jadi arus yang masuk adalah :

Arus yang keluar adalah :

I1 + I4 = 5 + I4

3 = 5 + I4

I4 = 3 – 5

I4 = -2

Karena nilai yang didapatkan adalah nilai negatif, ini berbeda dengan asumsi kita sebelumnya, berarti arus I4 yang sebenarnya adalah arus masuk.

Hukum Kirchoff 2

Berikut ini adalah hukum kirchoff:

Total Tegangan (beda potensial) pada suatu rangkaian tertutup adalah nol

Focus untuk hukum ini digunakan untuk menganalisis  tegangan (beda potensial) komponen-komponen elektronika pada suatu rangkaian tertutup. Hukum Kirchhoff 2 ini juga dikenal dengan sebutan Hukum Tegangan Kirchhoff atau Kirchhoff’s Voltage Law (KVL).

Berdasarkan gambar diatas didapatkan rumus:

Contoh Hukum Kirchoff 2

Diketahui

Berakah arus yang melewati resistor R3 ?

Penyelesaian:

Terdapat 3 percabangan, 2 titik, dan 2 loop bebas (independent).

Gunakan Hukum Kirchhoff I (Hukum Arus Kirchhoff) untuk persamaan pada titik A dan titik B

Baca Juga:

Hukum Newton 1 2 3 – Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh

Demikian penjelasan mengenai hukum kirchoff mulai dari pengertian, rumus dan contoh soal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.