Hukum Hess – Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai hukum korchoff dan hukum newton. Pertemuan kali ini kita akan membahas pengertian yang menarik yaitu hukum hess mulai dari pengertian, bunyi, dan contoh. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Hukum Hess

Pengertian hukum hess adalah sebuah hukum dalam kimia fisik untuk ekspansi Hess dalam siklus Hess. Hukum ini digunakan untuk memprediksi perubahan entalpi dari hukum kekekalan energi (dinyatakan sebagai fungsi keadaan ΔH).

Hukum Hess digunakan untuk menghitung jumlah entalpi keseluruhan proses reaksi kimia walaupun menggunakan rute reaksi yang berbeda. Entalpi adalah fungsi keadaan, perubahan entalpi dari suatu reaksi kimia adalah sama, walaupun langkah-langkah yang digunakan untuk memperoleh produk berbeda. Hukum Hess merupakan suatu hubungan kimia fisika yang diusulkan pada tahun 1840 oleh Germain Hess, kimiawan asal Rusia kelahiran Swiss.

Perubahan entalpi suatu reaksi dapat dihitung walaupun tidak bisa di ukur secara langsung. Cara mengukurnya dengan cara melakukan operasi aritmatika di beberapa persamaan reaksi yang perubahannya dapat di ketahui. Jika pada suatu persamaan reaksi di kalikan atau di bagi dengan suatu angka, pada perubahan entalpi juga harus di kali atau di bagi. Begitu juga dengan jika persamaan di balik maka perubahan entalpi juga di balik.

Bunyi Hukum Hess

Berikut ini adalah bunyi hukum hess:

Jumlah panas yang dibutuhkan atau dilepaskan pada suatu reaksi kimia tidak tergantung pada jalannya reaksi tetapi ditentukan oleh keadaan awal dan akhir.

Kegunaan Hukum Hess

Kegunaan hukum Hess untuk memprediksi perubahan entalpi dari hukum kekekalan energi  yang dinyatakan sebagai fungsi keadaan ΔH. Hukum Hess dapat digunakan untuk menghitung jumlah entalpi keseluruhan proses reaksi kimia walaupun menggunakan rute reaksi yang berbeda.

Rumus Hukum Hes

Perhatikan gambar di atas, mereaksikan A dengan D dapat menempuh jalur B dan C. dengan merubah entalpi yang sama

Jika perubahan kimia terjadi pada beberapajalur yang berbeda, maka perubahan entalpi pada keseluruhan juga sama. Dengan demikian ΔH untuk reaksi tungga dapat di rumuskan:

Contoh Hukum Hess

 

Baca Juga:

Hukum Kirchoff 1 dan 2 – Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Hukum Newton 1 2 3 – Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh

Demikian penjelasan mengenai hukum hess mulai dari pengertian, rumus dan contoh soal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.