HUB Adalah

Posted on

HUB Adalah – Suatu perusahaan atau kantor umumnya menggunakan sebuah alat atau perangkat yang bertugas sebagai media pertukaran data secara internal antara karyawan yang satu ke karyawan lainnya.

HUB Adalah

Perangkat atau alat tersebut terbilang sangat efektif jika digunakan untuk keperluan kantor, misalnya seperti bertukar dokumen, berbagi pemberitahuan dan masih banyak lagi. 

Alat atau perangkat yang digunakan oleh suatu perusahaan disebut sebagai HUB. Pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai HUB secara rinci.

HUB Adalah?

HUB atau dikenal juga dengan sebutan Network HUB merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya, namun masih dalam ruang lingkup network yang sama.

Sehingga dapat diartikan bahwa perangkat atau komputer yang terhubung dengan HUB dapat saling melakukan kegiatan pertukaran data atau informasi satu sama lain.

Pengertian lain dari HUB atau Pusatan Ethernet adalah perangkat jaringan komputer yang tugasnya adalah menyambungkan perangkat komputer dengan kabel atau serat Ethernet sehingga dapat digunakan sebagai segmen jaringan.

Fungsi Dari HUB

Secara umum, Network HUB memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri, diantaranya sebagai berikut :

  1. Sebagai alat untuk menerima sinyal yang berasal dari satu perangkat komputer dan mengirimkannya ke perangkat komputer yang lainnya.
  2. Berfungsi sebagai alat penghubung antar perangkat komputer dalam suatu jaringan.
  3. Menyediakan fasilitas penambahan serta pengurangan dari perangkat komputer yang terkoneksi dalam jaringan.
  4. Sebagai alat yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan sinyal dengan menggunakan kabel UTP.
  5. Berfungsi sebagai sentral manajemen dari jaringan lokal.
  6. Memberikan feature-feature yang bersifat fault tolerance atau Isolasi Kerusakan.
  7. Penyediaan administrasi pusat (pengumpulan informasi, diagnosis).
  8. Berfungsi sebagai alat untuk menambahkan jarak network.

Baca Juga :
Pengertian Osi Layer
Pengertian Komputer
Pengertian Teknologi

Cara Kerja Network HUB

HUB Adalah

Cara Kerja dari Network Hub sebenarnya terbilang cukup sederhana, sebab dalam sebuah jaringan HUB akan mengcopy kiriman data yang datang ke salah satu port dan mengirimkannya ke port-port lain yang berada.

Secara umum, hub menyediakan bandwidth untuk setiap port yang tersedia. Ketika komputer sedang digunakan, ia memiliki akses bandwidth maksimum.

Namun, apabila beberapa komputer sedang digunakan secara bersamaan di dalam jaringan tersebut, maka bandwidth tersebut akan dibagikan kepada semua perangkat komputer yang tersedia.

Hub tidak dapat mengenali tujuan pengiriman data secara otomatis, sehingga hub akan mengirimkan data yang masuk ke semua perangkat yang terhubung pada network hub.

Sehingga, hal ini akan membuat pertukaran sebuah data menggunakan network hub tidak begitu efisien, sebab hub akan mengirimkan data yang datang ke semua port secara bersamaan.

Hal tersebut akan membuat penggunaan bandwidth jaringan semakin meningkat. Apabila kita menggunakan hub,maka koneksi dalam komputer biasanya akan menjadi lambat.

Kelebihan dan Kekurangan HUB

Sama seperti perangkat yang lainnya, sebelum menggunakannya ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Network HUB.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Network HUB, yaitu sebagai berikut :

1. Kelebihan Dari Network HUB

  • HUB milik lapisan 1 dalam model OSI (lapisan fisik).
  • HUB memiliki banyak port sehingga beberapa perangkat dapat dihubungkan secara bersamaan.
  • Pengguna HUB dapat melakukan pertukatan data di jaringan yang sama.

2. Kekurangan Dari Network HUB

  • HUB tidak dapat membaca paket data secara otomatis.
  • Jaringan HUB tidak dapat mengetahui sumber dan tujuan data yang akan datang.
  • Kecepatan komunikasi harus dibagi dengan komputer lain.
  • Pertukaran sebuah data menggunakan network hub tidak begitu efisien.
  • Apabila kita menggunakan sebuah hub, maka koneksi dalam komputer biasanya akan menjadi lambat.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan HUB?

HUB atau dikenal juga dengan sebutan Network HUB merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya, namun masih dalam ruang lingkup network yang sama.

Fungsi dari HUB adalah?

HUB memiliki fungsi utama sebagai perangkat keras (hardware), yang tugasnya adalah menerima sinyal dari komputer serta sebagai titik pusat untuk mengkoneksikan semua komputer ke jaringan yang ada.

Siapa yang menemukan HUB?

HUB pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur serta pengusaha yang berasal dari Amerika Serikat (AS) yang bernama Robert Metcalfe sekitar tahun 1980.

Sekian ulasan yang bisa Rumus.co.id berikan dalam artikal kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.