Hidrosfer

Posted on

Artikel materi Hidrosfer Siklus – Pengertian, siklus, jenis, unsur, contoh beserta gambar nya agar mudah dimengerti. Nah sobat kali kami akan menjelaskan tentang Hidrosfer yang terkandung dalam ilmu Geografi sebelum kita terlalu jauh belajar tentang hidrosfer ini mari terlebih dahulu kita kenali definisi hidrosfer di bawah ini :

Pengertian Hidrosfer Adalah

Hidrosfer

Hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti kerak bumi karena hal demikian berbentuk cair, hidrosfer berasal dari kata hidro yang yang artinya air dan shaire yang yang artinya lapisan.

Permukaan bumi yang di tutupi oleh air, Lapisan yang menutupi permukaan bumi disebut hidrosfer. Dengan demikian dapat dikatakan pula bahwa hidrosfer ini lapisan air sumber kehidupan utama bagi manusia.

Adapun lapisan tersebut selalu menutupi permukaan bumi dan membentuk sebagai sungai, danau, rawa, awan, dan uap air sehingga jumlah nya di bumi relatif tetap ada.

Hidrosfer memiliki beberapa cabang dari ilmuan adalah sebagai berikut :

  • Potamologi, merupakan ilmuan yang mempelajari air yang mengalir di permukaan bumi dan sungai
  • Limnologi, merupakan ilmuan yang mempelajari tentang air yang menggenang di permukaan bumi dan danau.
  • Geohidrologi, merupakan ilmuan yang mempelajari tentang air yang terdapat di bawah bumi dan tanah.
  • Kriologi, merupakan ilmuan yang mempelajari tentang salju dan es.
  • Hidrometeorologi, merupakan ilmuan yang mempelajari faktor-faktor meteorologi.

Baca Juga : Proses Terjadinya Hujan

Siklus Hidrosfer

Siklus Hidrofer terdapat beberapa kategori adalah Pendek, Sedang dan Panjang maka dibawah ini akan kami jabarakan dari masing-masing siklus.

A. Siklus Panjang

Siklus panjang merupakan salah satu kondisi dari uap air yang berasal dari lautan yang ditiup oleh angin ke arah daratan sehingga kondensasi nya mencapai sebuah titik yang beku pada tempat ketinggian yang tertentu.

Hal ini mengandung kristal dan membentuk awan yang menurunkan hujan di pegunungan karena bumi mengalir dalam bentuk gletser dan akan kembali ke lautan.

B. Siklus Pendek

Siklus pendek merupakan salah satu kondisi air laut yang terkena beberapa paparan sinar matahari sehingga menguap menjadi gas dan mengalami kondensasi pada daratan untuk membentuk awan dari permukaan laut.

C. Siklus Sedang

Siklus sedang merupakan salah satu kondisi uap air yang berasal dari tekanan air lautan yang ditiup oleh angin pada daratan sehingga membentuk seperti awan sebagai hujan yang mengalir melalui sungai-sungai hingga kembali ke laut.

Baca Juga : Lapisan Matahari

Jenis Hidrosfer

Dari beberapa penjelasan di ata maka Hidrosfer juga terdapat beberapa jenis dan dibedakan menjadi tiga bagian adalah :

A. Perairan Sungai

Perairan sungai merupakan air tawar yang selalu mengalir pada titik yang sumbernya menuju pada muara di laut sehingga air sungai lebih besar yang bersumber dari limpasan dari mata air tanah.

Pada umumnya air sungai dapat mencapai lebih banyak terdapat karena hal ini disebut creek dan wadi, Pada saat hujan karena banyak meresap ke dalam tanah dari permukaan air laut kembali ke atmosfer.

B. Perairan Laut

Perairan air laut merupakan air asin yang bersumber dari permukaan bumi yang berada di perairan yang asin hal ini meliputi semua air yang berada pada laut.

C. Perairan Darat

Hidrosfer Perairan Darat merupakan air tawar yang bersumber dari tanah yang dangkal dari permukaan bumi serta berbagai air yang ada di sungai atau danau.

Unsur unsur Hidrosfer

Unsur-unsur yang terdapat pad hidrosfer berdasarkan dari suber siklus hidrologi terbagi dari beberapa macam adalah sebagai berikut :

  • Unsur Angin: merupakan sesuatu sumber yang menentukan sebuah kekuatan temperatur dari udara atau pada kondisi uap air di suatu tempat.
  • Unsur Awan : merupakan kumpulan dari beberapa sumber titik air atau es denngan jumlah yang sangat banyak ataupun merupakan bagian dari inti kondensasi tanah.
  • Unsur Air dan tanah : merupakan sesuatu pergerakan air yang didalam tanah sehinmgga memiliki beberapa lapisan sumber batu pasir dengan lapisan akifer.
  • Unsur Evaporasi : merupakan sebuah unsur yang bersumber dari peristiwa terjadi nya perubahan air menjadi uap permukaan tanah
  • Unsur Evapotranspirasi : merupakan gabungan dari beberapa sumber penguapan air dan tanaman ke permukaan bumi kemudian meresap ke kedalam tanah.
  • Unsur Kondensasi : merupakan sebuah proses perubahan pada uap air menjadi untuk menjadikan pendingnan atmosfer.
  • Unsur Presipitasi : merupakan sesuatu bentuk cairan yang bersumber dari atmosfer kepermukaan bumi.
  • Unsur Run Off : merupakan sebuah pergerakan air yang meresap kedalam tanah pada tempat-tempat tertentu
  • Unsur Tubuh air : merupakan bagian air yang dapat beberapa macam sumber, seperti sungai, danau, waduk, rawa dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pencemaran Tanah

Contoh Hidrosfer

Contoh Hidrosfer

Secara umum hidrosfer terdapat beberapa lapisan yang diartikan sebagai lapisan air terhadap permukaan bumi :

Dari gambar di atas dapat di simpulkan bahwa perairan tersebut memiliki contoh adalah sebagai berikut :

  • Lautan : adalah salah satu unsur yang terbesar pada perairan di planet Bumi sebagai air asin pada lautan.
  • Air tawar : Air tawar jumlahnya jauh lebih sedikit daripada air asin karena memiliki tempat yang berbeda.
  • Air permukaan : Sumber air dari permukaan termasuk danau, sungai, dan aliran permukaan pada tanah.
  • Air tanah : Air tawar membentuk sebagian kecil air tawar yang ada di pada bumi.
  • Air gletser : Air yang meleleh dari gletser pada mermukaan bumi.

Baca Juga : Iklim Matahari

Demikianlah materi yang dapat kami sampai kan dalam artikel ini tentang penjelasan Hidrosfer Siklus. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan tantang ilmu Geografi serta menambah wawasan kita semua terutana untuk penulis sendiri. Trima Kasih

refrensi : https://rumusrumus.com/